Membuahkan Lengkeng, Si – Mata Naga

Work From No Home
Indonesia saat ini mengalami ancaman serius dalam bidang kerusakan lingkungan seperti banjir,polusi udara-air-darat,kekeringan dan sebagainya hingga berdampak (kerusakan) sosial ekonomi kesehatan yang membuat taraf hidup rakyat merosot tajam.

Perlu upaya dimana penanggulangan kerusakan lingkungan memiliki konvergensi dengan peningkatan kesejahteraan rakyat. Bila pilihan ini dilakukan ternyata dibutuhkan banyak persyaratan dan ternyata banyak menemui kendala,seperti media apa yang cocok dalam penanggulangan kerusakan lingkungan –sebut saja—polusi udara di kota ternyata bisa menaikkan taraf hidup masyarakat. Media yang bisa ditanam secara mudah, dengan lahan yang tidak terlalu luas, mudah dijangkau oleh kebanyakan rakyat, memiliki kala produktifitas yang cukup lama, bernilai gizi dan bernilai ekonomi tinggi. Salah satu dari sedikit pilihan itu adalah lengkeng.

Long yen (baca : lung yen artinya mata naga), demikian orang Cina menyebut tanaman lengkeng, telah lama dikenal orang sebagai buah meja. Buah tanaman yang termasuk anggota famili Sapidanceae ini memiliki citarasa yang khas, manis berair serta aroma harum. Buah lengkeng selain lezat disantap ternyata juga memiliki kandungan gizi yang baik (286 kal, 45 mg kalsium dan 196 mg fosfor).

Disamping itu si mata naga ini juga dipercaya memiliki khasiat obat, misalnya untuk penyakit salesma, radang tenggorokan, luka bakar, memar, insomnia dan untuk memulihkan stamina wanita sehabis melahirkan.

Syarat Hidup Lengkeng

Bibit lengkeng

Bibit lengkeng

Faktor yang berpengaruh terhadap tanaman lengkeng adalah ketinggian tempat tumbuh dari permukaan laut. Selama ini diketahui lengkeng hanya dapat hidup dan berbuah di daerah dataran tinggi. Hal ini berkaitan dengan kondisi suhu ideal bagi pertumbuhannya, yaitu 20-33 o C pada siang hari dan 15 – 22 o C pada malam hari.

Beberapa dasawarsa terakhir, para pemulia tanaman mampu menghasilkan babarapa jenis lengkeng yang dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik di dataran rendah yang bersuhu panas.

Kelembaban udara ideal bagi pertumbuhan lengkeng adalah 65-90 % dan curah hujan 2500-4000 mm/tahun. Tanaman lengkeng dapat hidup di hampir berbagai jenis tanah, namun yang terbaik adalah lempung berpasir dan mengandung kapur, atau pada jenis tanah andosol. Jenis tanah latosol juga cocok bagi tanaman lengkeng. Namun pada dasarnya membutuhkan tanah yang subur dan banyak mangandung zat organik, bersifat porous, keasaman 5,5 – 6,5 serta memiliki aerasi dan drainase yang baik.

Beberapa varietas baru

Jenis lengkeng yang telah banyak dikenal selama ini, umumnya dapat tumbuh dan berbuah dengan baik di daerah dataran tinggi, meski ada sebagian yang adaptif di dataran rendah tetapi umur panennya lama ( di atas 8 tahun). Belakangan ini mulai dikenal beberapa jenis lengkeng yang dapat tumbuh bahkan berbuah dengan lebat di dataran rendah serta bersifat genjah (paling cepat berbuah umur 8 bulan).

1. Diamond Rever
Verietas ini berdaun hijau cerah, lebar dan tepinya bergelombang. Tajuknya kompak dan sosoknya cenderung melebar ke samping daripada ke atas. Sangat cocok dijadikan tanaman peneduh (di Vietnam telah dimanfaatkan sebagai tanaman penghijauan sejak tahun 1986). Daging buahnya relatif tebal dan berair saat dikupas. Lengkeng jenis ini bisa berbuah pada umur 8-12 bulan untuk lengkeng vegetatif, dan 2 – 3 tahun untuk lengkeng generatif. Diamond rever termasuk jenis yang mudah berbuah, bahkan tanpa perlakuan khusus dan sangat produktif (tanaman berusia 3 tahun dapat berbuah 80-100 kg permusim panen)

2. Pingpong
Lengkeng pingpong dahannya cenderung memanjang, lentur dan menjulur ke segala arah. Daun berwarna hijau tua dan berukuran kecil menggulung ke belakang. Ukurang buah lebih besar daripada Diamond River, beraroma harum, daging buah cukup tebal, biji besar, kulit tipis, dan tidak berair. Lengkeng vegetatif bisa berbuah pada umur 8-12 bulan dan lengkeng generatif berbuah saat berumur 2-3 tahun. Sayangnya jenis ini kurang produktif disbanding Diamond rever, mungkin tipe percabangan yang tidak serimbun diamond rever adalah penyebabnya.

3. Itoh
Sepintas penampilan itoh mirip dengan diamond river dengan daun lebar dan bergelombang. Kualitas buah paling unggul daripada yang lain. Daging tebal, manis, kering dan berbiji tebal. Lengkeng itoh hasil cangkokan berbuah 7-10 bulan tanam dari bibit berumur 6 bulan. Namun di Indonesia belum terbukti berbuah, meski sampai saat ini para pekebun masih terus berusaha membuahkannya.

Cara Tanam dan Perawatan
1.Penyiapan lahan
Dibuat lubang 60 x 60 x 60 cm s/d 80 x 80 x 80 cm
Lubang diangin-anginkan selama 1 minggu (bila drainase baik) bila drainase kurang baik 2-3 minggu
Disiapkan media, tanah gembur : pupuk kandang : pasir = 1: 2 : 1
2.Penanaman
Bibit yang baru di beli jangan langsung ditanam, karena biasanya masih stres akibat pengangkutan. Bibit dibiarkan dulu hingga terlihat segar dan tidak ada daun yang berguguran. Polybag bibit digores dengan silet tajam, kemuarkan bibit dan tanahmya, bila tanah terlalu gembur diberi sedikit tekanan, bila tanah terlalu keras medianya sedikit digaruk / digemburkan. Letakkan pada lubang dan timbun dengan media yang telah disiapkan. Perhatikan agar sambungan bibit tidak tertutup tanah.

3.Pemupukan
Setelah 1,5 bulan tanaman dipupuk dengan pupuk NPK 1 sendok makan NPK/10 L air, siram disekitar tanaman. Pemupukan selanjutnya setiap 2 bulan sekali. Perlu diperhatikan, bahwa jenis Diamond rever sangat sensitive terhadap overdosis pupuk.

4.Pengairan
Tanaman disiram secara teratur 2 hari sekali. Pada tanaman dewasa dapat dilakukan stress air selama kurang lebih 2 minggu untuk merangsang pembungaan, lalu selanjutnya kembali disiram secara teratur.

5.Pemangkasan
Percabangan yang optimal sangat diperlukan untuk meningkatkan produktifitas tanaman. Pemangkasan pertama dapat dilakukan sekitar 2 bulan setelah tanam. Tanda tanaman yang siap dipangkas adalah: daun menua dan batang berwarna kecoklatan. Tanaman dipangkas 5-10 cm dari ujung pucuk, 2 cm dari ruas batang terdekat. Tinggi tanaman sedapatnya dipertahankan 2,5 – 3 m untuk memudahkan perawatan dan pemanenan.. Tunas air juga harus dibuang, karena tunas air menyebabkan tanaman rimbun dan lembab sehingga dapat mengundang hama.

6.Pemasangan Penyangga
Cabang lengkeng sangan getas, buahnya juga sangat banyak sehingga batang mudah patah/belah. Oleh karena itu perlu dibuatkan sugang untuk menyangga tanaman. Sugang dibuat pada saat tanaman berumur setahun sebagai berikut:
- Siapkan 4 tonggak setinggi 2 m, pasang di sekeliling tanaman
- Jarak tonggak ke batang tanaman 80-100 cm
- Pasang galang pada tonggak sebanyak 2 susun
- Setelah tanaman berumur 2 tahun, sugang harus diganti dengan kayu yang lebih kuat, sbb:
- Siapkan tonggak setinggi 4-5 m sebanyak 6-9 tonggak
- Pasang galang sebanyak 3 susun pada tonggak dg ketinggian 60, 90, 120 cm.

7. Pembungaan
Sebenarnya jenis Diamond rever mudah berbuah tanpa perlakuan khusus. Namun biasanya para pekebun merangsang pembungaan diantaranya sbb:
- 2 minggu setelah pemupukan terakhir semprotkan novelgro atau nutrifarm ke seluruh tajuk tanaman (1/4 cc / L air)sebagai perekat gunakan APSA
- Saat buah sebesar pentul korek kembali semprotkan pupuk daun.

Prospek Agrobisnis Lengkeng

Bertanam lengkeng dataran rendah cukup menjanjikan. Pada tahun pertama produksi baru 5 kg namun dari tahun ke tahun mengalami peningkatan pesat hingga mencapai 80 – 100 kg pada tahun ketiga. Dengan harga jual Rp. 7.500 di tingkat pekebun, pada tahun kedua produksi, keuntungan telah dapat dituai.

Selain itu permintaan pasar terhadap buah lengkeng juga cukup besar. Menurut data salah seorang importir di Jakarta, setiap minggunya Jakarta menghabiskan 8-10 ton buah lengkeng sementara Jawa Tengah dan Jawa Timur masing-masing 6-7 ton dan 8 ton perminggu.


Peluang Bisnis Tiket Pesawat

53 gagasan untuk “Membuahkan Lengkeng, Si – Mata Naga

  1. saya sangat tertarik membudidayakan lengkeng (mungkin diamond river) pada kelompok-kelompok tani yang saya bina di daerah danau toba (dataran tinggi >1000 mdpl), dimana ya saya dapat memperoleh bibitnya? Terima kasih

    Like this

  2. Dari penjelasan tsb diatas belum disinggung jarak tanam antara pohon dan ketinggian tanah/lahan yang cocok untuk masing2 jenis lengkeng. Mohon informasi,krn saya berminat membudidayakan dan dimana saya bisa membeli bibitnya, terima kasih.

    Like this

  3. Jarak tanam tidak spesifik untuk tiap jenis. Bahkan ada yang ditanam di dalam pot. Ketinggian tidak dipersyaratkan.Didataran rendahpun juga bisa berbuah, spt di Semarang. Untuk bibit, coba tanya TRUBUS.

    Trims, udah berkunjung ke blog ini.

    Like this

  4. Saya menanam 40 batang 4 jenis. Umur sekarang 6 bulan. Pertumbuhan lambat. Bagaimana supaya pertumbuhan bagus.

    Like this

  5. @Andias
    Maaf, saya sebetulnya tidak betul-betul menguasai hal ini. Sejauh ini, lengkeng termasuk tanaman yang membutuhkan perawatan khusus. Bila bibitnya terlalu muda spt yg pernah ditanam di sini, besar kemungkinan tidak berkembang.Coba, googling mengenai hal ini.

    @herfin
    menarik untuk dicoba,nih

    Like this

  6. di Banjarmasin, Kalimantan Selatan saya berhasil membuahkan jenis diamond river jenis dataran rendah. berbuah setelah ditanam sekitar kurang dari 2 tahun, buah perdana sekitar 30 biji dari 4 tajuk pohon.

    Like this

  7. Saya sedang mencoba berkebun lengkeng di daerah Kadipaten Jawa Barat, baru saya tanam sekitar 2 bulan yang lalu dengan usia tanaman sekitar 6 bulan, sampai saat ini sudah punya 103 pohon dengan jarak tanam 4 meter, saya membeli bibitnya dari pusat pembibitan di daerah Raja Galuh,kalo mau info lebih lanjut “japri” aja ke aan.andriani@yahoo.com. Jenis pohon lengkeng yang saya tanam adalah diamond river, pingpong, crystal dan itoh (cuma 3 pohon), ada beberapa tanaman yang sudah berbunga tapi menurut pemilik pembibitan kalau untuk produksi banyak lebih baik bunganya dipotong dulu agar nutrisi dipakai untuk menguatkan batang pohon, tahun 2 atau ketiga baru bisa dibiarkan berbuah.

    Like this

  8. Daerah saya di daerah danau toba dengan ketinggian -+mdpl 600 dan suhu 29 kalau siang kira2 lengkeng jenis apa yang cocok. Tq

    Like this

  9. saya memelihara tanaman lengkeng yang kira-kira berumur enem tahun. tapi sampai saat ini belum pernah berbuah ataupun memperlihatkan tanda-tanda akan berbuah. kira2 apa penyebab dan bagaimana solusinya?

    Like this

  10. punya saya jenis diamond river umur 2,5 tahun tapi kok belum bebuah , cuma daun saja yang lebat. apa yang perlu diperbaiki dalam perawatannya ? trims

    Like this

  11. saya punya satu pohon lengkeng itoh dan satu pohon lengkeng pingpong udah umur 2 th lebih tapi belum ada tanda2 mau berbuah , saya mau tanya seharusnya pemupukan dg apa? umur berapa? pemotongan cabang pada umur atau ketinggian berapa? terimakasih

    Like this

  12. Sama halnya keluhan sy dgn teman2 yg lain.Lengkeng sy udah 2 th gak berbuah, bgmn perlakuannya agar leogkeng bisa berbuah?

    Like this

  13. BILA ANDA SEMUANYA YG MEMPUNYAI LENGKENG JENIS; ITOH, LOKAL,(DATARAN TINGGI) DIAMOANRIVER BELUM SAMA SEKALI BERBUAH,ADA SOLOSI BARU DENGAN 1 LENGKENG BOOSTER 2. 1/4 LT ASAM AMINO PLUS ATAU PROFESOR AJAIB 3 INSTAN RET FARMPHION TIGA JENIS TERSEBUT UNTUK MEMBUAHKAN KHUSUS LENGKENG DAN BILA UTK MANGGA D24 DURIAN DARBY KURANG JELAS HUB:BAGIYO 0248314631 RMH LAHAN PERTANIAN 024 70073020 HP087880070699

    Like this

  14. sy ingin menanam buah lengkeng di daerah pati jawa tengah pada daerah yg agak panas,bisa berbuah ga’?
    jenis lengkeng apa yang cocok pada daerah tersebut?
    mhon dibantu ya…

    Like this

  15. untuk pak noor imansyah di banjarmasin,
    dimana alamat bapak,saya ingin melihat langsung bagaimana cara memelihara lengkeng

    Like this

  16. tanaman buah lengkeng sy dah berbunga. sy perhatikan knp banyak lalat menghinggapi bunga lengkeng sy
    sy mw tanya apakah lalat itu akan menggagalkan bunga lengkeng sy menjadi buah atau tidak?
    jika menggagalkan apa yg harus sy lakukan.
    mohon sarannya.
    ma kasih.

    Like this

  17. Di tempat saya, yang yg menekuni lengkeng, dan memang membutuhkan ketelatenan pada tanaman ini. Mungkin ada yg bisa memberikan tambahan informasi untuk menjawab pertanyaan2 di atas ? trims sebelumnya…

    Like this

  18. Untk mas Sahala Trisanto
    Sebaiknya lalat2 tersebut jangan di usik/ganggu, krna dgn khadiran mereka (tdak hanya lalat sj, bhkan ada semut & lebah) malah membantu pnyerbukan.. Shngga persentase terbentuk buah jd smkin besar pula. Ini sudah sy buktikan pd tanaman buah sy, sperti mangga, jambu air pink rose, putsa, kdongdong, & lngkeng kristalin..

    Like this

  19. tanaman lengkeng saya, baru setahun saya beli sekarang tingginya sekitar 70 cm..tapi sdh mulai berbunga..seperti diatas..banyak semut, lalat dan sejenis serangga berwarna kuning yg selalu berkerumun..setahu saya itu tdk bagus krn bunga sdh mulai bny yg rontok, mgkn ada solusi untuk itu?..atau perlu di kurung aja ya..hihihi…btw setiap pagi pohonnya saya siram dengan air bekas mencuci ikan, kadang juga air cucian beras..

    Like this

  20. saya juga menenam 1 pohon klengkeng diamond river tapi setelah berbuah buahnya berubah saya tidak tahu buahnya kering manis dan berbiji kecil sekali seperti klengkeng kaisar.
    kami juga mengkoleksi pohon langka lainnya yaitu pohon tin & zaitun.
    semoga indonesia semakin huijau lagi…
    ayo berkebun terus..

    Like this

  21. saya memiliki 7 pohon kelengkeng lokal kbetulan yang satu pernah berbuah lebat sekali, tapi setelah itu sudah setahun ndak berbuah lagi kira2 apa sebabnya?
    daerah saya ada di solo jateng
    mohon petunjuknya sebad semuanya sekarang ndak ada buahnya tp daunnya lebat

    Like this

  22. numpang tny donk, sy pny pohon lengkeng yg sdg brbuah, tp mgkn gara2 hujan atau digigit serangga, jd byk yg jatuh pd saat berbunga. mgkn buahnya sdkt.
    kira2 boleh ga dibungkus pakai kertas koran atau plastik agar buahnya lbh byk yg berhasil?
    mohon bantuannya. trims :)

    Like this

  23. saya sudah 3 tahun menanam lengkeng tapi tidak mau berbuah , bagaimana solusinya , tapi saya juga tidak tahu lengkeng yg saya tanam ini lengkeng jenis apa,
    bagaimana ya kira2 apa yg harus saya lakukan

    Like this

  24. Saya tanam lengkeng (ping pong) tapi sdh lebih dr 3 tahun belum berbuah pdhal pemupukan & penyiraman sdh saya lakukan dg baik.
    Tlg di bantu utk arahannya.
    Trims

    Like this

  25. Tergantung jenis lengkengnya, Pak. Kerena ada varietas lengkeng yg bagus di dataran rendah, dan sebaliknya.

    Like this

  26. saya punya pohon kelengkeng didepan rumah jenis diamond river,-+ 10 thn baru berbuah,betapa senangnya keluarga besar kami,kualitas daging pertajuk tidak sama besar,sehingga waktu panen banyak buah yg masih muda ikut terambil,kira2 ada kemungkinan berbuah lg gk ya,?mungkinkah menunggu selama 10 thn lg?gm,n caranya bs berbuah lg?terima kasih

    Like this

  27. A person essentially help to make critically articles I’d state. This is the first time I frequented your website page and thus far? I amazed with the research you made to create this particular submit incredible. Great task!

    Like this

  28. Terima kasih infonya,saya punya 4 pohon nanpaknya 1 mulai berbuah saya senang.Koleksi Kebun buah makin banyak dan berbuah.Alhamdulillah…

    Like this

  29. Saya punya dua batang pohon lengkeng, keduanya berusia 2 tahun sudah berbuah bahkan tidak bermusim , sayang daging buahnya tipis dan bijinya besar sekali. Apa ada cara untuk membantu menebalkan dagingnya? saya tinggal di Palangka Raya Kalimantan tengah.

    Like this

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s