Shanti Dewi Dan Lomba-Lomba Blog Itu….

 

SAnti Dewi
Gambar diambil dari Facebook Susanti Dewi

Enggak terasa ini sudah putaran ke 9 dari Arisan Link Blogger Perempuan, dan… baru kali ini saya terlambat menuliskan review pemenang. Tak seperti putaran-putaran sebelumnya, untuk putaran 9 ini rasanya saya seperti kehabisan waktu dan energi. Ada beberapa project, sangat dadakan, namun menantang sehingga harus saya kerjakan.

santi dewi 1.png

Berselancar ke blog Santi Dewi, demikian dia biasa dipanggil, kita akan menemukan tulisan yang beranekaragam. Mulai dari postingan untuk lomba, Buah Hati, Serba-Serbi, Kesehatan, Parenting, Pendidikan, dan berbagai katagori lainnya. Namun, bagi saya, yang paling mencuri perhatian adalah ketika sampai pada bagian label/katagori. Kenapa? Melihat label teratas yaitu LOMBA BLOG. Wuihhhh…. banyak banget lomba blog yang diikutinya. Terakhir saya lihat di blog Mbak Santi Dewi, ada 144 postingan Lomba Blog. Jumlah yang banyak menurut saya, melihat usia blog ini juga belum terlalu lama. Maka kepo, sayapun langsung WA beliau.

Mau tahu obrolan kami berdua? Yukkk…

Me                         : Mba, dirimu kayaknya sering ikut lomba blog, ya? (otakkepo)

Santi Dewi           : Sering, tapi jarang menang. Hi..hi…

Me                         : Tapi pernah menang Kan? Menang lomba apa aja Mba?

Santi Dewi           : pernah juara 1 lomba blog Jamu dari Biofarmaka IPB tahun 2015, Tahun 2014 juga

                                  menang lomba yang sana, namun hanya juara favorit

Ternyata kami ikut dan memenangi lomba yang sama. Hanya di 2015 saya cuma mendapat juara harapan saja. Ini tulisan kami:

Santi Dewi : Melestarikan Jamu Indonesia Lewat Toga

Saya : Agar Jamu Indonesia Tetap Lestari

Me                         : Kenapa tetap semangat nge-lomba Mbak?

Santi Dewi           : Karena dengan mengikuti lomba-lomba melatih saya untuk terus menulis dengan

   baik dan tulisan tajam.

Me                         : Lomba apa yang paling berkesan, Mbak?

Santi Dewi           : Lomba Blog Jamu, Biofarmaka IPB itu. Karena menang, ha..ha…

Me                         : Biasanya Mbak mengikuti lomba pas mepet deadline, atau lebih suka di awal-awal?

Santi Dewi           : Tergantung idenya Mbak, tapi seringnya sih mepet DL

Me                         : Gimana rasanya ikut lomba mepet DL, Mbak?

Santi Dewi           : Deg-degan banget kalau pasa mepet DL. Begitu publish dan terdaftar, rasanya

  plong banget.

Me                         : Selain yang Biofarmaka, pernah menang lomba apalagi Mbak?

Santi Dewi           : Kalau yang Lomba blog, itu aja Mbak. Tapi kalau Giveaway sih lumayan sering.

Keren ya semangatnya. Saya aja kalau pas jarang menang, jadinya males mau ngikut lomba blog lagi. Ha..ha…

Oya, blognya Mbak Santi Dewi Bisa dikunjungi di sini: www.santidewi.com

 

Menikmati Tulisan Bergizi Zia Subhan

Zia Subhan 1

Satu lagi teman blogger yang baru saya kenal saat program Arisan Link Blogger Perempuan ini. Kemane aje Mak?? Ha..ha.. ya… blogger kan sangat buanyaaakkkk…. *alesan

Sebenarnya, Zia memiliki dan mengelola dua blog. Satu blognya bernahasa Indonesia, dan satu blog lagi yang akan saya ulas di sini adalah blog berbahasa inggris. Wow, keren!

Di blog bernuansa musim gugur ini, Zia menulis banyak hal. Ini bisa dilihat di katagorinya yang beraneka ragam, mulai dari Children Development hingga Review. Kekuatan dari blog ini, menurut saya adalah pada kekuatan tulisannya. Zia menulis banyak sekali blogpost yang sangat menginspirasi. Beberapa diantaranya bahkan terasa menggedor-gedor kesadaran dan hati nurani. Inilah beberapa tulisan bergizi dari Zia yang menjadi kesukaan saya.

1. Teaching Our Children About Ramadhan

Zia Subhan 3

Tulisan terbaru nih, dan saya lumayan tersadarkan oleh tulisan ini. Akhir-akhir ini saya memang terhitung jarang berbicara agak serius dengan Asa terutama. Anak bujang ini memang sedang ada di masa memberontak, yang kalau dikasih tahu apa-apa langsung mental. Akhirnya, daripada ribut, saya memilih banyak diam aja. Hiks…Duh..duh… saya rupanya harus kembali cari strategi bagaimana cara berbicara dengan nya. Mumpung Ramadan masih tinggal beberapa hari lagi.

2. Disability And Social Stigma

Zia Subhan 4

Bicara soal disabilitas, bagi saya selalu menjadi soal menarik. Bangsa ini masih punya sederet PR untuk membereskan banyak hal soal disabilitas. Zia mengulasnya dengan bernas di tulisan ini. Semoga saja ada pembuat kebijakan yang kesasar ke blognya Zia dan membaca tulisan ini.

3. Let The Children play
Lagi-lagi soal anak. Vito, putra Zia memang masih sangat kecil dibanding anak-anak saya Raniah yang sudah 9 tahun dan Asa yang dikit lagi 11 tahun. Tapi, bagaimanapun anak-anak tetaplah anak-anak. Saya juga merasa sedang diingatkan. Kebetulan sebelum membaca tulisan ini, saya berada dalam beberapa moment yang seolah membuat saya sadar, Hai… anakmu tetaplah anak-anak.

Zia Subhan 5

Ceritanya, beban kerja akhir-akhir ini, ditambah tanpa ART membuat saya menangani anak-anak dengan sedikit saja toleransi. Saya maunya se..set wettt. Apa apa harus cepat, tepat dan beres. Aih… saya tersadar waktu raniah tidur dan saya melihat mainanya yang belum dibereskan. Di atas meja bermainnya, ada napkin (properti motret saya), diatasnya dijejer-jejer binatang mainan dalam posisi tidur. Di situ saya sadar… eyalahhh… anakku masih kecil  hiks… dan saya tanpa sadar membebankan tanggung jawab yang terlalu berat pada mereka.

4. Breast Cancer Awareness
Tulisan-tulisan soal kanker selalu menarik perhatian saya. Banyak hal yang selalu ingin saya kontribusikan bagi pencegahan dan penyembuhan kanker melauli blog saya satunya. http://www.widyantiyuliandari.com

Kalau disana saya “ngotot” mengedukasi soal pola makan sehat dan pola hidup sehat secara keseluruhan, ini karena saya sudah sangat sering melihat banyak hal yang telah dirampas sesuatu bernama kanker.

Zia menulis untuk kampanye breast cancer awareness yang digagas Mama Bo, yang saya juga mengikutinya. Dalam tulisan ini bisa diikuti bagaimana perjuangan mama Bo sembuh dari kanker. Bagaimana dukungan orang-orang tersayang, telah menjadi energi untuk sembuh. Menyentuh sekali…

5. Taking Kid To The Bookstore
Menarik sekali menyimak tulisan ini. Dalam tulisan ini, Zia mungkin mirip dengan saya. Kami memperkenalkan buku kepada kedua anak kami sejak sangat dini. Dan quote dari Zia sangat cocok dengan kondisi kami.

Zia Subhan 7

“Everyone is a reader
Some just havent found their favorite books yet”

Ha..ha.. ini Kak Asa banget. Meski sama perlakuan dan pengenalannya ttg buku, Kak Asa dan Mbak Raniah memiliki kemajuan yang berbeda. Kalau saat ini Kak Asa baru dalam tahap minta dibelikan buku, lalu senang saat dibelikan buku, lalu mengumpulkan koleksi buku-bukunya dan paling pol menyusun-nyusun buku-bukunya. Ha..ha… kadang geli ngeliatnya.

Sedang adiknya? Justru berkebalikan. Gadis kecil ini, kalau kami ajak ke Gramedia Jember (1 jam dari kota kami) dan hanya kami belikan 2-3 buku, sampai rumah buku tersebut sudah habis dibacanya. Dan lalu dia uring-uringan lagi karena tidak mendapat bahan bacaan baru lagi. Ha..ha…

Itu beberapa tulisan yang saya suka dari blog Zia yang berbahasa inggris. Sebenarnya masih banyak tulisan-tulisan bernas lagi di sana. Jadi yang penasaran, langsung saja cuss … eh jangan salah, ke : http://www.zeelhouette.com/

5 Hal Cantik Yang Bikin Betah Di Blog Roosvansia

Roosvansia

Hai, teman-teman.

Hari pertama Ramadan, bagaimana puasanya nih? Semoga lancar dan kita semua diberikan kesehatan ya.

Kali ini saya mau cerita tentang satu blog lagi milik teman saya. Agak berbeda dari beberapa blog lainnya yang sudah saya tulis, tapi ada juga kesamaan dengan blog Echa. Setidaknya, sama-sama sering menulis tentang beauty. Tentang skincare, make up dan segala printilan perlenongan. Ha..ha..

Datang ke blog Roos pertamakali sebenarnya sudah lumayan lama juga, mungkin udah ada setahun lalu. Dan, meski saya bukan benar-benar pecinta mekap, tetap saja dunia kecantikan menarik hati saya. Iya dong, perempuan! Banyak hal yang saya suka baca di blog Roos, review lipstiknya yang kece-kece, tulisannya tentang pengalaman ikutan kundalini yoga, dsb.

Namun kali ini saya mau bagi 5 hal, yang menurut saya bikin betah dan terpesona para pengunjung blognya Roos (termasuk saya).

  1. Achivement Yang Cantik

Buka deh, bagian ABOUT ME di blg Roosvansia. Profilnya lengkap, rapi dan … menurut saya “berdaya jual tinggi” bo! Dan… jangan lewatkan melihat bagian Achivement! Beuhhh…. kalau yang membaca seorang blogger, pasti udah mupeng. Apalagi blogger yang tidak terlalu sering menang lomba (seperti saya) udah termehek-mehek itu liatnya. Ha..ha… *lebaymodeon

  1. Foto-foto High Quality Yang Cantik

Menurut saya, buat seorang biuti blogger, kualitas foto emang sangat penting. Iya dong, gimana mau kelihat cantik swatch lipensetipnya kalau misalkan fotonya burem. Tapi, tidak semua beauty blogger juga punya foto-foto yang berkualitas.

Roosvansia

Nah… punya Roos, foto-fotonya jelas, jernih, dan dia sering pakai berbagai printilan hingga fotonya makin syantikk maksimal. Udah gitu, masih rajin pulak tempel bunga-bunga cantik di fotonya. Kesannya jadi feminin banget!

  1. Quote Yang Cantik

Yang  menarik nih ya, tulisan-tulisannya Roos, sering menampilkan quote yang menggugah hati, masih terkait dengan topik beauty tentunya. Menurut saya, ini yang bikin tulisan Roos bukan sekadar review, jadi ada nilai keindahan yang lebih, di sana.

Roosvansia

Apalagi, quote tersebut juga dibingkai dan dihias cantik-cantik. Bagussss…. banget deh lihat dan membacanya. Rasanya pengen deh nyomot trus di print lalu dibingkai. Kayaknya bakal seru!

  1. Tulisan Yang Cantik

Cara penulisan tak kalah cantik. Roos memang menggunakan bahasa santai yang di sana-sini ada penggunaan istila-istilah gaul, namun tulisannya rapi dan minim typo. Kalimat-kalimatnyapun tersusun cukup rapi dan enak dibaca.

  1. Nona Blogger Yang Cantik

Yang ke 5, tentulah yang pernah ke blog Roos atau bertemu Roos juga udah tahu. Nona blognya cuantik Bo! Ha..ha.. wajahnya terlihat jelas gurat ke-Batak-annya. Saya suka aja liat dia molesin wajahnya macem apapun. Tetep cantik semua! Yang paling cethar kalau dia udah bikin foto buat review lipstik. Beuhh… bibirnya…. ha..ha…

Roosvansia

Mungkin kalau mau ditelisik, masih banyak hal cantik lain di blog ini. Tapi, saya menulisnya cukup ini aja kali ya. Silakan yang pinisirin pengen tahu blog cantik ini, bisa langsung cuss ke Blognya Roos ya: www.roosvansia.com

 

Interview With Bunda Yati

Interview

Dari sekian nama teman blogger  di kelompok 6, Bunda Yati adalah satu di antara beberapa saja yang kebetulan saya kenal sebelumnya. Kenal Bunda pertamakali adalah di sebuah komunitas blogger bergender perempuan yang pertamakali saya ikuti. Mungkin sekitar tahun 2013 akhir. Pada saat itu, kalau tidak salah, Bunda dinobatkan sebagai: “Srikandi Lifetime Achievement 2013”. Keren ya Bunda!

Lalu tahu tentang profil Bunda Yati lebih dalam lagi, adalah ketika beliau menjadi salah satu featured blogger di Blogger Perempuan. Kebetulan, sayapun mendapat kehormatan menjadi featured blogger di web tersebut. Yeayyy… senang dong! Oya, featured blogger nya Blogger Perempuan, seingat saya adalah media pertama yang menyebut saya sebagai Health Blog.

Baca Juga:

Bunda Yati Rachmat : Tidak Satu Jalan ke Roma!

Widyanti Yuliandari: Konsisten Tentang Kesehatan

Nah, mumpung Bunda Yati menjadi salah satu teman dalam satu kelompok saya, maka saya akan gunakan kesempatan untuk ngobrol langsung dengan Bunda. Karena ada beberapa hal yang tentu ingin saya ketahui dari beliau. Pengen dong, ngeblog sampai tua sama kaya Bunda. Ha..ha.. siapa tahu bisa bikin makin awet muda dan mencegah kepikunan. Bukan begitu, teman-teman? Nah yuk ikuti obrolan saya dengan Bunda Yati ya… Monggo…

Tanya:

Bunda, to the point ya. Pertanyaan yang mendasar yang ingin banget saya tahu jawabannya dari Bunda. Kenapa sih blogging? Apa alasan paling mendasar Bunda hingga saat ini masih konsisten blogging?

Jawab:

Hehe…cuma satu jawabannya yaitu bunda memerintahkan otak bunda untuk aktif agar bunda tidak cepat terserang penyakit pikun. Kemudian setelah itu jadi addicted ngeblog karena adanya kesempatan melalui pelatihan untuk mempertajam kemampuan menulis. Dan yang paling menarik (mungkin bagi semua blogger yaitu kesempatan untuk memonetized blog.)

Tanya:

Saya melihat, isi blog Bunda relatif cukup bervariasi temanya. Nah, bagaimana sih Bunda mendapatkan ide menulis?

Jawab:

Hehe..memang pada awalnya bunda sebagai pendatang baru di dunia blogging tahun 2009, gak tau tuh harus memberi nama apa untuk blog bunda, jadilah namanya MISCELLANEOUS a.k.a. blog gado-gado.

Ide menulis itu datangnya bisa dari pengalaman bunda menghadapi berbagai irama dalam kehidupan, kemudian satu per satu bunda masukkan ke dalam postingan. Bisa juga dari teman yang curhat. Selain itu kalo tentang kuliner memang bunda suka juga sebetulnya masak-memasak. Bunda bahkan malu dan bingung lho, kalau ada yang bilang blogger itu harus bisa menentukan niche untuk blognya. Trus gimana donk, hehe…

Tanya:

Selama perjalanan Bunda blogging, kendala apa yang bagi Bunda dirasa paling dominan dan bagaimana Bunda mencari solusinya?

Jawab:

Pada awal blogging memang ada kendala yang dominan banget bunda belum punya laptop or computer, jadi setiap saat mau buat postingan, harus ke Warnet, dan itu solusinya. Tapi seiring berjalannya waktu, support dari anak-anak bunda dapatkan, maka untuk blogging sama sekali tidak ada kendala yang berarti. Yang penting bunda harus bisa mengukur sampai di mana bunda kuat duduk di depan computer atau berapa lama bunda sanggup memangku laptop. Kalau badan sudah memberi kode yang positip buat kesehatan bunda, maka bunda akan berhenti dan beristirahat dengan sebaik-baiknya.

Tanya:

Bunda, kalau mengamati dunia blogging saat ini, juga social media, tampaknya cukup ingar bingar juga. Nah, saya ingin tahu, bagaimana seorang Bunda Yati memandang kondisi ini?

Jawab:

Bunda hanya memantau saja dan terkadang penuh keprihatinan kenapa harus ada ingar bingar ini, seolah setiap individu ingin show off tentang kebolehannya, baik tentang kepiawaian dalam ilmu blogging atau dalam mengorganize acara. Kenapa sih ya gak bisa berprinsip bahwa kita adalah satu adanya – blogger, lepas dari yang junior or senior bahkan yang sudah pakar sekali pun, kita semua satu. Alangkah indahnya dunia blogger kalau ini bisa diciptakan. Iya, kan?

Tanya:

Sepanjang perjalanan Bunda blogging, pernahkah ada rasa bosan, jenuh, atau bahkan mungkin pernah terpikir hiatus blogging?

Jawab:

Alhamdulillah, tidak pernah dan tidak akan pernah selama jemari ini masih mampu menari di atas toets keypad laptop bunda.

Tanya:

Bunda, nampaknya kalau diamati, akhir-akhir ini dan ke depan, peluang yang dapat di create dari sebuah blog akan masih banyak terbuka. Blogger mulai makin disukai untuk melakukan campaign produk maupun jasa. Bahkan program-program pemerintah juga sering mengikutsertakan blogger. Nah, bagi Bunda sendiri bagaimana menyikapi peluang ini

Jawab:

Itulah! Karena itu bunda sampai sekarang masih terus harus belajar mempercantik tampilan blog bunda agar mampu menggaet para pengguna jasa. Walau pun demikian, dalam keadaan tampilan sekarang pun, berkat bunda bergabung dengan SosMed, bunda sudah menikmati peluang yang lumayan besarnya. Kalau untuk Job Review yang diminta tentu bunda masih mampu melakukannya, tapi kalau untuk ke lapangan, bukan bunda tidak bisa, tapi bunda harus mengukur kemampuan fisik bunda tentunya. Tidak bisa dipaksanakan. I know my limit, itu prinsip bunda.

Peluang-peluang yang diberikan pemerintah menandakan bahwa kemampuan dan keberadaan blogger sudah diperhitungkan disamping para Journalists tentunya. Selama masih bisa dijajagi keikutsertaan bunda untuk acara-acara blogger masih mampu bunda lakukan, ada peluang itu tidak akan bunda sia-siiakan, sejauh bukan yang sampai harus ke luar kota dan semacamnya.

Tanya:

Last, but not least Bunda. Sampai kapan sih Bunda akan tetap blogging?

Jawab:

Seperti yang sudah bunda utarakan di atas, maka kegiatan blogging ini akan bunda jalani terus hingga jemari ini tak mampu lagi bergerak di atas toets keypad laptop. Kalau pun bunda sudah tidak mampu lagi wara-wiri ikut aktivitas offline, kegiatan blogging bisa dilakukan sambil duduk nonton televisi seperti yang sedang bunda lakukan sekarang.

Nah… Begitu ngobrol-ngobrol saya dengan Bunda Yati, Mau lebih terinspirasi lagi? Mari sowan ke rumah maya Bunda, dan baca sendiri tulisan-tulisan beliau di sana ya… http://www.bundayati.com/

Mengunjungi Nunu Amir Blog

Mengunjungi

Nunu Amir …
Kok sepertinya saya familiar dengan nama ini ya. Ternyata, setelah diingat-ingat, saya memang sudah beberapa kali berkunjung ke blognya. Lupa tepatnya kapan.

Maka, sudah pasti saya tuntaskan rasa penasaran dengan membuka bagian “about” di blog ini. Dan… jreng…jreng… Nunu demikian panggilan akrabnya, begitu lugas memperkenalkan diri pada pengunjung blognya. Bagian ini ditulis lengkap berikut portofolionya. Nunu ternyata sudah menulis banyak buku antologi dan sedang menulis buku solo juga. Diapun kerap memenangi lomba blog.

Yang penasaran, langsung meluncur ke Nunu Amir Blog yaaa

Lanjut nengok-nengok tulisan per katagori. Nunu rapih ih! Gak kaya saya yang katagorisasi blognya masih rada acakadut. Blog nunu mah rapi jali. Ha..ha… trus saya coba lihat per katagori. Klik di bagian “reportase”, aihh… nemu tulisan-tulisan kece di sana. Misalnya nih :

http://www.nunuamir.com/2016/04/upgrade-ilmu-blog-di-blogholicid-bogor.html

Dan ….
Ya ampun.. kok baru sekarang saya sadar, ternyata Nunu juga satu komunitas di IIDN. Kemana saja saya selama ini? Kemana…? kemana? *lebay

Coba saya buku beberapa katagori yang ada. Ada katagori Berbagi, Traveling, Kuliner hingga Books. Wow…. kulinernya itu bikin ngecess ya. Tolong ya…tolong! Ha..ha… contonhnya ini nih, pas Nunu cerita soal coto. Meski bukan penggemar coto, tapi jadi laper mata ngeliat foto-fotonya.

nunu amir kuliner

Blog ini juga sudah memasang disclosure, rupa-rupanya Nunu udah serius memonetize blognya. (*lalungumpetdikolong ) malu euyy … ahhhh…. kedua blog saya belum saya pasang disclosure. Kayaknya belum mantap-mantap dengan redaksional disclosure yang sudah sejak beberapa waktu lalu coba saya susun. (Mak, sebenernya lu bikin disclosure pa surat cinta?!)

Oke deh Nunu, keep blogging ya. Tetap semangat, meski sekarang dunia persilatan lagi geger. Eh? Dunia per-blogging-an, maksudnya. Hayuklah kita tetap semangat dan ngeblog dengan hati senang.

Berkenalan Dengan Ratu de Blog

ROADRUNNER

Ratusya….

Tsah…. kece namanya!

Pertama kali tahu blog ini, yang terbayang adalah, … nyonya blognya pasti namanya Ratu. He..he…he… begitu ngepo-in blognya, mulai lihat headernya, header lucu yang didominasi warna pink ini termasuk unik dan nggak pasaran. Saya pikir maksud tulisan di header adalah  Ratunya Blog. Lihat di headernya tertulis Ratu de Blog. Ternyata, “de” disini berasal dari bahasa mandarin, maksudnya penunjuk kepunyaan. Sehingga Ratu de Blog, artinya ya blognya Ratu. Gitchuu… ini dipengaruhi kecintaan beliau belajar bahasa Mandarin. Mbak Ratu pernah kursus bahasa mandari, dan menurut pengakuan beliau sangat tergila-gila dan ingin ke Cina. Terutama pengen mengunjungi Tembok besar, begitu katanya. Aamiin… semoga suatu saat tercapai ya Mbak.

Apa saja yang ada di blog ini? Macam-macam, deh. Kalau menurut nyonya pemilik blog, blog ini isinya curhat. Curhatan tentang apa saja kecuali tentang rumah tangga, begitu katanya. Tapi coba yuk kita oprek, lebih jauh, seperti apa isi blognya.

Ah, enggak ah, bukan sekadar curcol kok. Banyak banget tulisan yang sangat informatif. Misalnya saja tulisan-tulisan tentang traveling yang juga banyak fotonya kece-kece di sana. Bahkan salah satu tulisan tentang pengajuan KPR, yang juga menjadi tulisan paling nge-hits di blog ratu menurut saya juga bukan sekadar curhat lo! Banyak informasi penting yang bisa diambil oleh pembaca di balik tulisan yang kesannya curhat tersebut. Jadi recommended banget lah, blog ini buat dikunjungi sering-sering.

Oh iya, saat memata-matai blog ini, saya baru tahu, bahwa ratusya juga sudah blogging sejak lama lo! Kalau tulisan pertama yang tercatat di sana bertahun 2009. Wow… lama juga. Beda dikit dengan blog saya ini, yang yang saya buat di bulan-bulan terakhir tahun 2008. Bahkan menurut penuturan Mbak Ratu, mulai ngeblog sebenarnya pada tahun 2004.

Yang bikin ngiri, blogpost-blogpost disini banyaaak banget komennya. Salah satu indikasi Mbak Ratu rajin blogwalking. Aduh saya malu deh. Susah untuk konsisten rajin BW, maklumlah bloher paruh waktu alias bloher merangkap PNS. Hi..hi…

Nah, udah dulu ngobrolin blog Ratu de Blog ya. Yang penasaran monggo lanjut saja mampir ke: akuratu.com

Terpesona Tulisan Rani Yulianty

Rustic Mornings

Mencari pengetahuan dan pencerahan itu bisa di mana saja. Berbincang dengan teman atau pasangan, ikut seminar dan semacamnya, baca buku yang bagus dan… kalau buat blogger kaya saya ya blogwalking. Setiap kali BW, ada…. saja hal-hal baru, hal menarik, menghibur atau apapun yang itu menambah makna bagi diri ini. Ciyeeehhh… Lanjutkan membaca “Terpesona Tulisan Rani Yulianty”

5 Hal Tentang Echa

Header Blog Cerita Echa

Ada banyak hal yang bisa diambil dari blogwalking. Dapat teman baru, nambah keakraban dan maaaakin membuat batin kita kaya. Kaya dengan mereguk banyak hal positif yang bisa dipelajari dan diambil hikmahnya dari sesama blogger. Blognya Echa salah satunya. Buat yang belum tahu bisa ke www.echaimutenan.com

Tadinya enggak kenal Echa, lalu secara tidak sengaja menemukan blognya di grup FB komunitas yang sama-sama kami ikuti. Lalu seiring waktu, makin banyak hal tentang Echa yang baru saya tahu.

Lanjutkan membaca “5 Hal Tentang Echa”