Menjaga Pola Makan Saat Menyusui

Dik Rani
Dik Rani

Saat hamil hingga menyusui saya termasuk cukup menjaga asupan gizi. Rumusnya sederhana saja makan Nasi plus lauk pauk yang bergizi banyak sayur dan buah kadang ditambah susu. Saya juga mengurangi kopi, teh dan sama sekali tidak minum minuman bersoda dan berkarbonasi.

Awal menyusui banyak yang menyarankan perbanyak lalap daun-daunan terutama daun pepaya, juga sayur katuk. Ternyata saran sederhana tersebut saya rasakan manfaatnya. Ada juga yang menyarankan agar banyak makan kacang tanah sangrai, saran ini pun saya coba turuti. Ternyata memang bermanfaat, ASI menjadi lebih banyak dan kental dan terasa lebih manis dan gurih hingga kedua anak saya makin suka menyusu.Banyak orang menyarankan Jamu, meski dengan berat hati saya coba juga. Alhasil bayi saya mencret-mencret, maka sejak saat itu saya tidak mau lagi mengkonsumsi jamu.

Tinggalkan Balasan

