Tinjauan Analitis Munculnya Sumber Mata Air Baru

Hasil analisa terhadap kualitas air sumber mata air baru Tahun 2007

22Munculnya sumber mata air baru di Desa Sumber Salam menarik perhatian masyarakat sekitar. Fenomena tersebut, meski tidak/belum menunjukkan indikasi negative/berbahaya namun perlu kiranya mendapatkan perhatian sebagai langkah antisipasi.

Karenanya kami memandang perlu melakukan pemantauan khususnya dari sisi kualitas air meliputi aspek fisik dan kimiawi.

Keberadaan Laboratorium Lingkungan (melalui DAK Tahun 2007) sangat membantu upaya pemantauan. Dengan adanya Laboratorium Lingkungan upaya pemantauan dapat dilakukan lebih cepat, mudah dan murah, meski dengan berbagai keterbatasannya (mengingat laboratorium tersebut baru saja berdiri). Beberapa keterbatasan tersebut adalah :

1. Belum lengkapnya peralatan analisa air.
Saat ini peralatan yang ada di laboratorium lingkungan meliputi : 1 set peralatan pengambil contoh uji (vertical dan horizontal water sampler, current meter, GPS, dll) ; pH Meter; Conductivity Meter; Oxygen Meter; Spectrophotometer; neraca analitis, desikator, referigator, dll . Sementara peralatan yang masih dibutuhkan untuk dapat melakukan analisa lengkap adalah : 1 set peralatan gelas lengkap, oven, furnace, Filter set, BOD Incubator, Atomic Absorption Spectrophotometer, Gas Chromatography, dll.

2. Sempitnya waktu persiapan,
Pengadaan peralatan tahap pertama baru selesai akhir tahun 2007 dan belum sempat melakukan pengoperasian untuk semua peralatan yang telah didatangkan.

3. Pelatihan personel masih kurang
Pelatihan personel bari dilaksanakan 1 kali dan personel masih perlu banyak berlatih untuk mengoperasikan peralatan.

Sampai saat ini analisa air yang dapat dilakukan di laboratorium meliputi:

Tabel analisa air:

Pengambilan contoh uji /sampling dilakukan pada tanggal 17 Januari 2008. Pada saat sampling kondisi lapangan ramai oleh masyarakat yang ingin menyaksikan dari dekat kemunculan mata air baru tersebut. Bahkan terdapat puluhan anak dan remaja yang berenang di lokasi. Hal ini cukup menyulitkan petugas untuk dapat mengambil contoh uji yang representatif. Ditambah lagi dengan kondisi mata air yang berada di tengah, dan ditutup dengan kayu oleh penduduk, sementara genangan telah cukup dalam.

Dari berbagai parameter yang kami uji seperti menunjukkan angka dibawah baku mutu, yang berarti kondisi air cukup aman dari sisi lingkungan maupun kesehatan masyarakat. Dua parameter yaitu Nitrit, dan phospat menunjukkan angka diatas baku mutu. Penyebab yang sangat memungkinkan dari tingginya angka kedua parameter tersebut adalah akibat pupuk buatan yang digunakan ( karena lokasi merupakan lahan pertanian/sawah).

Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa kualitas air sumber mata air baru tersebut dalam kondisi aman baik bagi lingkungan maupun kesehatan masyarakat. Namun sekali lagi perlu digarisbawahi, bahwa kesimpulan ini hanyalah berdasar analisa parameter yang sangat terbatas, dimana beberapa parameter penting yang dapat mendeskripsikan kualitas air belum dapat dianalisa karena factor keterbatasan peralatan.

Keterangan :

Untuk informasi lebih detail dari data sample di atas silahkan hubungi Laboratorium Lingkungan Hidup Kabupaten Bondowoso

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s