MOBIL HIJAU DI BONDOWOSO

MOBIL HIJAU DI BONDOWOSO
mobilhijau
Sosialisasi siang itu terasa semarak dan bersemangat. Ya, Tim mobil hijau dari Badan Lingkungan Hidup ProvinsiJawa Timur kali ini menggandeng 3 pembicara yang semuanya penggiat LSM di bidang lingkungan dan ketiganya mampu membawa isu-isu lingkungan dalam pembicaraan yang gayeng, ringan dan renyah. kripik kaliii….

Nara sumber pertama, jujur kesan pertama dibuatnya. Seorang Ibu yang saya tebak separuh baya, namun terlihatfashionable, energik dan alamaaaak…senyumnya menawan. Tak heran, menurut penuturan beliau adalah Ning Surabaya era 80-an. Ibu Sri Endah Nurhayati, dari LSM Bangun Pertiwi Surabaya, sebuah lembaga yang konsern pada masalah sampah khususnya. Beliau memaparkan perananperempuan dalam pelestarian lingkungan hidup. Beberapa poinyang saya rekam dalam ingatan saya, tentang hal yang dapat dilakukan perempuan untuk melestarikan lingkungan adalah:
1.Pengelolaan sampah mandiri
2.Kurangi popok sekali pakai
3.Kurangi atau samasekali jangan gunakan tissue
4.Kurangi pembalut wanita disposable

Pembicara kedua, sebetulnya tidak asing bagi saya, karena beliau masuk dalam friendlist di akun FB saya. Pak Koko atau Satrijo. Banyak sekali hal yg disampaikan belau mengenai pelestarian lingkungan, mulai masalah sampah, bagaimana mengelola sampah dengan prinsip 3R dan bahkan di akhir acara, peserta diajak untuk melakukan praktek pengomposan skala rumahtangga dengan menggunakan komposter.

Pembicara ketiga, wahhhh …. ini yang namanya rejeki. Pasalnya sudah lama saya membutuhkan materi yang
disampaikan belau, namun karena keterbatasan anggaran belum dapat direalisasi di unit kami. Beliau Ibu Ndaru Setyo rini, penggiat Ecoton, lembaga yang concern pada masalah pelestarian air sungai. Materi yang disampaikan adalah hal yang menjadi minat saya sejak lama, yaitu Biomonitoring alias Biotilik. Pemaparanpun dilanjutkan dengan praktik biomonitoring. Alhamdulillah,pulang dari sini saya siap mengajak para kru di laboratorium kami untuk kembali turun ke sungai, mengubek-ubek kali dan bercengkrama dg invertebrata di dalamnya.

Salam Hijau!

 

Tinggalkan Balasan

