Catatan Tentang Food Combining

“Aku kan doyan makan segala, kalo diminta diet, aku enggak sanggup, hehee… FC itu buat aku sih diet sehat dan enak” (Nila-mompreuner-Bandung)

Itu komentar seorang teman saya tentang sesuatu bernama FC, food combining. Bagi saya FC itu pola makan paling gampang dan asyik. Asyiknya, saya bisa makan sampai kenyang dan enggak benar-benar berpantang sesuatu, seperti vegetarian misalnya. FC juga sangat simpel, enggak perlu hitung-hitungan kalori, juga menakar-nakar makanan yang akan disantap. Sederhana!

food combning

Baca Juga:

Menu Food Combining

Menyiasati Anggaran Untuk Food Combining

Food Combining itu diet bukan, sih? Iya, kata sebagian orang. Bukan! kata sebagian lainnya. Kata saya, suka-sukalah mau nyebut FC diet atau bukan, atau apalah. Toh semua memang tergantung definisi diet itu sendiri. Kalau definisi yang dipakai berbeda, ya pandangan tentang FC sebagai diet atau bukan, juga pasti beda.Nah, dalam tulisan ini saya akan menyebut FC sebagai “pola makan”.Oke,setuju ya.Yang enggak setuju ya enggak apa-apa,monggo aja.

Saya mengenal FC sebenarnya sudah cukup lama, sekitar awal tahun 2000-an. Hanya, waktu itu sama sekali tidak tertarik. Apaan sih, makan nasi kok enggak boleh dicampur daging? Begitu pikir saya waktu itu. Lagi pula waktu itu saya tidak bermasalah dengan kesehatan. Eits..tunggu, bener nih, tidak bermasalah. He..he…mungkin lebih tepatnya adalah “tidak merasa bermasalah”. Nah,itu dia! Padahal waktu itu saya sering maag, tensi rendah, sering banget flu dan radang tenggorokan, ditambah lagi saya berjerawat parah nyaris tak pernah sembuh.

Lalu, pada tahun 2011 saya bertemu teman lama. Mirma, teman satu SMP dan SMA. Masa itu saya sedang senang-senangnya main Facebook. Social Media itulah yang mempertemukan kami kembali.Waktu itu sering saya perhatikan status dan gambar ang dishare, kesimpulan saya, Mirma “menganut” pola makan yang khusus, nih! Saya ingat statusnya kira-kira begini, “Sarapan buah dulu, …..”. Atau gambar-gambar yang pernah di-uploadnya, gambar menu maksinya biasanya salad, atau kalau enggak ya sayur-sayuran kukus plus tahu tempe.He..he..kebiasaan khas Indo banget ya, mau makan dipoto dulu makanannya. Piss Mirma πŸ˜€ Nah, sejak sering melihat postingan Mirma, saya mulai tertarik dengan FC, tapi baru beberapa buan kemudian mulai ber-Food Combining dengan konsisten.

Sebenarnya Food Combining itu apa, sih? Kalau saya bilang sih, FC itu pola makan yang sangat alami. Alaminya di mana? Begini, FC mencari tahu apa yang terjadi dalam tubuh, apa yang diperlukan tubuh, nah baru memberikan tubuh asupan makanan yang sesuai dengan itu semua.

Irama Sirkadian Setiap fungsi dalam tubuh kita, termasuk pencernaan, mempunyai irama biologis. Sistem pencernaan terbagi atas 3 fase yaitu fase pencernaan, fase penyerapan dan fase pembuangan.

Pukul 12:00-20:00 : Fase pencernaan makanan Saat ini, tubuh aktif melakukan fungsi cerna.

Pukul 20:00-04:00 : Fase penyerapan sari makanan. Ini adalah saat tubuh mulai menyerap, mengasimilasi dan mengedarkan zat makanan.

Pukul 04:00-12:00 : Fase pembuangan Pada fase ini, tubuh aktif melakukan pembuangan sisa metabolisme. Bukan berarti fungsi mencerna samasekali berhenti saat ini, hanya saja energi dominan akan digunakan untuk pembuangan. Begitu pula saat fase pencernaan dan penyerapan, bukan berarti tidak ada proses pembuangan.

Konsep Asam Basa Jika kita bicara tentang larutan, ada konsep asam basa disana. Ada istilah yang dikenal dengan pH. Skala 1 sampai dengan 14 mewakilinya. Semakin mendekat ke angka 1 bisa disebut asam, sedang makin bergeser ke arah 14, bisa dikatakan basa.Begitu pula dengan tubuh kita, pH tubuh yang sehat ada di angka 7,35-7,45. Nah, FC berupaya mencapai pH optimal tersebut dengan pengaturan makanan. Salah satunya adalah menganjurkan banyak makan buah dan sayur segar. Keduanya adalah pembentuk basa di dalam tubuh, karena pola hidup manusia kebanyakan menyebabkan pH cenderung asam.

Kombinasi Serasi dan Tidak Serasi Food combining juga mengatur bagaimana makanan dimakan berdasarkan kerja enzim dalam pencernaan. Dalam food combing dikenal kombinasi serasi dan tak serasi.Prinsip padu-padan yang utama adalah:

Karbohidrat dimakan bersama dengan protein nabati dan sayur, adalah kombinasi serasi.Protein Hewani dimakan dengan sayur (tanpa karbohidrat/nasi) juga merupakan kombinasi serasi.Namun jika Protein hewani tersebut dimakan bersama sayur dan ditambah karbohidrat/nasi, maka menjadi kombinasi yang tidak serasi. Mengapa tidak serasi?

Nah ini penjelasan versi Mirma, yang di kalangan komunitas kami dikenal sebagai “suhu” nya FC. Penjelasan ini dimuatnya dalam salah satu dari banyak note-note nya tentang FC, dan saya edit sedikit agar makin enak dibaca :

Ketika kita makan makanan yg dominan karbohidrat bersama protein hewani, maka yang terjadi adalah sistem cerna kita kerepotan untuk mencerna. Enzim amilase (berfungsi memecah karbohidrat) akan berhenti saat enzim pepsin (berfungsi memecah protein),dikeluarkan. Akibatnya, karbohidrat tidak tercerna dengan baik.Ujung-ujungnya hanya menjadi sampah metabolisme. Nah, ini dia sumber beberapa penyakit yang kadang kita alami (tapi pasti enggak nyangka kalau sakitnya gara-gara salah kombinasi dalam makan). Akibat lainnya adalah, pH darah menjadi asam. Timbullah beberapa gangguan kesehatan, yang paling sering terjadi adalah maag, migren dan alergi!

Contoh menu food combining Lalu bagaimana gaya makan seorang food combiner mengikuti konsep-konsep di atas? Pertama, saat bagun pagi, diawali dengan minum segelas air jeruk nipis hangat. Ingat TANPA GULA! Mengapa jeruk nipis peras? Maksudnya adalah untuk menyegarkan kembali liver yang sudah semalaman bekerja mendetoks tubuh. Apa enggak perih minum asam, padahal perut masih kosong? Jawabnya, enggak. Tetapi tetap setiap orang mungkin punya pengalaman berbeda. Ada yang merasa perih saat mencoba minum si jeniper ini. Kalau masih takut, ya sudah, skip saja. (Tentang Jeniper bisa dibaca : Jeng Jeniper, Segar Menggairahkan Namun Kontroversial)

Lanjut sarapan buah! Waktu sarapan hingga sesaat sebelum makan siang, jika kita mengacu pada irama sirkadian tubuh, ada pada fase buang. Karena pada saat ini konsentrasi tubuh adalah pada fungsi buang, bukan cerna, maka diberikan makanan yang mudah dicerna. Pilihan utama jatuh pada buah. Buah adalah menu sarapan yang sempurna. Fruktosa buah memenuhi syarat untuk menjadi sumber energi tanpa menyebabkan tubuh lelah mencerna. Karena fruktosa mudah sekali diserap tubuh. ( Baca juga: Sarapan Praktis Dan Sehat Ala Food Combining)

Makanan yang sangat mudah serap, efeknya tentu, perut mudah lapar lagi. Bagaimana,dong? Ya, makan lagi. Konsumsi buah memang dianjurkan dilakukan secara berulang saat perut kembali lapar, ya makan buah lagi hangga kira-kira pukul 11 siang.

Makan siang dan makan malamnya, terserah! Asal tetap sesuai dengan prinsip padu-padan yang telah dijelaskan di atas.Kalau saya lebih nyaman menu karbohidrat. Bukan karena fanatik nasi, toh saya juga sering makan tanpa nasi. Tetapi semakin lama melakukan pola makan lebih sehat, rasanya tubuh saya lebih nyaman tanpa protein hewani. Murah pula! Maksi dan makmalbisa dengan menu karbo, misalnya Nasi-lalapan-tahu-tempe goreng. Hmmm … jangan lupa tambah sambal, Maknyusss…. Kalau sedang ingin makan daging-dagingan, Anda bisa menikmatinya dengan teman sayur-sayuran, lebih bagus lagi kalau salad atau sayuran mentah lainnya.

Manfaatnya Apa, Sih? Banyak teman di sekitar saya yang ber-FC. Yang saya tahu, rata-rata mereka sangat mendapat manfaat FC seperti: keluhan maag sembuh, alergi sangat berkurang, berat badan ideal. Bahkan ada seorang teman saya jaman kuliah dulu, yang berhasil menurunkan angka kolesterol darahnya dari 260-an mg/dl kembali ke angka normal, hanya dalam 7-10 hari. Bahkan saya pernah mendapat informasi ada pejuang kanker yang terbantu dengan menerapkan FC ini.

Nah, bagaimana dengan Anda? Berani mencoba?

Baca juga:

Menu Food Combining

Menu Food Combining Selama Ramadan

Cara Hemat Untuk Makan Sehat

Catatan kecil :

Jika tertarik mengetahui lebih dalam tentang Food Combining, bisa membaca buku sayaΒ Β ” FOOD Combining Pola Makan Sehat, Enak dan Mudah ” . Buku dengan tebal 180 halaman ini diterbitkan oleh Penerbit Kawan Pustaka. Full Color.

Buku ditulis dengan bahasa yang ringan dengan disertai testimoni dan resep praktis yang mudah dilakukan. Buku ini dijual dengan harga 75 ribu ( belum termasuk ongkos kirim ). Bisa didapatkan di Toko Buku terdekat atau menghubungi saya.

Jual buku Food Combining

Iklan

128 thoughts on “Catatan Tentang Food Combining

  1. wyuliandari berkata:

    ha..ha..hayuk coba lagi mbak. daging masih bolelah, pan beda ama vegetarian. cuma jangan pakai karbo itu aja. thanks udah mampir yaa:)

    Suka

  2. moocensusan berkata:

    Buahnya apa aja mbak? satu macam atau dicampur? terus kalau yang sedang kerja apa bisa menerapkan FC ini sedangkan di tempat kerja dilarang ngemil diluar jam makan ?

    Suka

  3. wyuliandari berkata:

    Buah apa saja pokoknya yg manis, berair, berserat, matang sempurna dan bukan durian atau cempedak juga nangka. Kalau aku sih, bawa bekal ke kantor mbak. Kalau di kantor dilarang ngemil, wah harus cari akal. Berarti harus makan sebelum jam kantor. Atau di sela-sela jam kantor ijin keluar bentar buat ngudap buah lagi.

    Suka

  4. wyuliandari berkata:

    Oh, iya buahnya boleh beberapa macam. Hanya untuk semangka dan keluarganya sebaiknya jangan dicampur jenis lain. Karena ada yg sensitif biki perutnya gak nyaman. Tapi ini gak berlaku buat semua orang kok.Kalau yang pencernaannnya nggak bermasalah, ya gak papa πŸ™‚

    Suka

  5. wyuliandari berkata:

    Iya Mak Arifa. Saya sih udah juaaarang banget makan roti. Sama, daging juga jarang. Selain ekonomis juga sehat. Secara harga daging lumayan mihill. πŸ˜€

    Suka

  6. Uly Gularso berkata:

    Bu Wyulandari berbakat menulis, sangat informatif sampai saya kepincut komit melakukannya mulai besok pagi. Trmksh bu ilmu nya, amal jariyah nih

    Suka

  7. wyuliandari berkata:

    Mari bu sama-sama nge-FC. Saya juga masih belajar. Bisa gabung di komunitas Food Combining Indonesia di FB. DI sana banyak sekali teman FC-ers jadi bisa diskusi dan saling menyemangati.

    Suka

  8. yanthy berkata:

    Hallo Ibu, bahasannya mudah dimengerti, aku mau coba ah….sebenarnya aku ga hobi sayur & buah, tapi usia sdh kepala 4 takut juga sih nantinya penyakit bnyk yg datang, hehe.. trims infonya

    Suka

  9. wyuliandari berkata:

    Ibu Yanthy,
    Ah kepala 4 mah masih muda…di komunitas Food Combining Indonesia banyak tuh oma-opa di atas 50. Mereka Pada segerr awet muda. mari dicoba, hitung2 investasi sehat πŸ™‚ SAlam hangat.

    Suka

  10. wyuliandari berkata:

    Terimakasih kembali mbak:) jangan lupa, FC ini fokusnya bukan penurunan BB, jadi mungkin hasilnya tak akan drastis.

    Suka

  11. @_menikdp berkata:

    mbak, kalau makan masi+sayur+tempe/tahu+krupuk gitu boleh tidak?
    atau sayur+tempe/tahu+kerupuk
    Saya penasaran tentang kerupuk di mata orang-orang yang melakukan FC hehehe πŸ™‚

    Disukai oleh 1 orang

  12. wyuliandari berkata:

    Krupuk? sesekali sih boleh. Asal jangan dijadikan kebiasaan ya. sebagai selingan aja biar gak bosen πŸ™‚

    Suka

  13. wyuliandari berkata:

    ha..ha..ada yg penasaran ama krupuk nih:D setauku sih masuk makanan rekreasional aja. dimakan sekali-kali.

    Suka

  14. benny kurniawan berkata:

    Terima kasih utk sharing ttg FC. Saya suka belajar utk kesehatan dan kebaikan kita semua. Semoga saya bisa tergabung dgn diskusi ini utk belajar lebih mendalam.

    Suka

  15. wyuliandari berkata:

    Silahkan Pak Benny Kurniawan. Bisa juga gabung di grup FB Food Combining Indonesia. Disana akan banyak diskusi tentang FC dan pendukung hidup sehat lainnya. Dan ada ahlinya juga yg tergabung di sana seperti Bu ANdang Gunawan (penulis buku bestseller ttg FC), Pak Wied Harry (ahli kuliner sehat) dan Mas Erikar Lebang praktisi yoga dan penulis buku-buku FC. Terimakasih telah berkunjung πŸ™‚

    Suka

  16. wyuliandari berkata:

    Boleh saja, asal tidak dikonsumsi sering atau rutin. sesekali saja dan dalam jumlah kecil. dampingi dengan sejumlah besar sayuran segar sebagai temannya, untuk meminimalkan pengaruh buruknya.

    Suka

  17. prio berkata:

    Pingin nyoba hidup sehat dan terima kasih atas infonya yang sangat bagus.
    Sehat itu memang mahal harganya, karena mulai maret – juli kemarin saya sakit dan berat badan sampai turun 16 kg, tp anehnya kalau periksa ke rumah sakit semua normal.

    Suka

  18. wyuliandari berkata:

    @Prio silahkan mencoba FC Pak, Bisa menggunakan Buku Bu Andang Atau Bang Erikar Lebang sebagai panduan. Baca seksama dahulu agar tak salah penerapannya. Oh ya, agarmakin semangat gabung aja di grup Food Combining Indonesia, jadi merasa hidup sehat itu ternyata banyak temannya, makin semangat!

    Suka

  19. wyuliandari berkata:

    Gapapa Mbak hayu atuh dimulai ajah. FC mah boleh sesekali cheating. Bolelah sesekali makan bakso, pancake, donat, es krim, pizza, de es be. ABis itu bisa ditebus segambreng sayuran. Ha..ha….

    Suka

  20. Elly Astuti berkata:

    Mb klo sayuran yang dimakan harus yang segar atau boleh sudah dimasak? Trus untuk jeruk nipis apa boleh sering2 digunakan tiap makan buah atau hanya pas bangun pagi saja? Saya tertarik dengan fc tapi blom paham cara penerapannya khususnya untuk menu2nya πŸ’¬πŸ˜–

    Disukai oleh 1 orang

  21. wyuliandari berkata:

    Halo Mbak Elly πŸ˜€

    Untuk sayurannya boleh masak boleh mentah. Hanya, karena sayur mentah manfaatnya sangat penting yaitu kandungan enzym (yang sudah rusak jika sayur dimasak) maka disarankan etidaknya setiap makan selalu menyertakan pula sayuran mentah. Jika bisa lebih banyak makan sayuran mentah akan lebih bagus malah. Untuk sayur yg dimasakpun, sedapatnya masaklan sekadar matang saja, karena jika terlalu lama akan merusak komponen penting dalam sayuran tersebut.

    Untuk Jeruk nipis,
    ada beda kegunaan mbak jika dikonsumsi bangun tidur dan saat lain. Jika bangun tidur langsung minum air jeruk nipis, fungsinya sebagai tonik atau penyegar liver.Sedangakn jika diminum di waktu-waktu lainnya fungsinya sebagai penyeimbang pH tubuh. Karena tubuh manusia pH cenderung asam, sedang jeruk nipis dalam tubuh berungsi sebagai pembentuk basa. Namun pastikan, air jeruk baru dibuat sesaat sebelum diminum ya Mbak.Jangan dibuat sekaligus dalam jumlah banyak lantas dimasukkan lemari es. Itu justru sudah tidak bermanfaat karena sudah teroksidasi.

    SAlam hangat saya πŸ™‚

    Suka

  22. wyuliandari berkata:

    Hai Dea, boleh…boleh banget. Makanya dikatakan sarapan buah itu repetitif artinya boleh berulang. ASal yg dimakan tetap buah saja sampai jam 11 siang πŸ˜€

    Suka

  23. kurnia sari berkata:

    Met pagi mbak ….
    Mbak,,klo sarapan paginya buah kita ganti dgn kentang rebus gmn?bisa gak?trus aq mw gabung k group fc donk….

    Suka

  24. wyuliandari berkata:

    Halo Mbak Kurnia Sari. Seperti dalam tulisan di atas. FC memperhatikan pula irama sirkadian. Pagi,bertepatan dg sarapan adalah waktunya buang. jadi makanan yg ideal adalah yang mudah cerna. kentang tidak memenuhi syarat untuk itu. Menu sarapan paling ideal adalah buah-buahan segar. kalaupun sedang kehabisan buah, ganti dengan sayuran segar dan telur rebus. Bukan karbohidrat seperti kentang πŸ˜€

    Suka

  25. isma ilinda berkata:

    Terima kasih mbak atas info FC-@ sngat menarik buat saya lakukann,,
    ternyata saya baru ngeh klw kentang rebus itu mngandung karbohidrat,,, terus mbak buah yg d anjurkan untuk fc yg bgaimana,, apakah buah pisang or salak bisa juga,,,?

    Suka

  26. astri berkata:

    wuiiiihhhh…. suka suka suka…
    makasih banyak y Mbak … pengen hidup sehat nih…. yg ternyata dari jaman Rasullullah juga sudah diterapkan…
    baru mulai senin kemaren, belanja minggu lumayan bengkak, tp setelah dilihat di daftar ternyata kebanyakan belanja ayam potong…. hedehhhh

    Suka

  27. wyuliandari berkata:

    Mbak Astri, welcome to the club. Club Embek. ha..ha… duitnya sekarang buat beli buah, sayur dan dihemat buat beli berlian aja yaaa… ha..ha

    Suka

  28. wyuliandari berkata:

    hai delicya, boleh aja sih sore ngemil buah. Asal pastikan perut sudah kosong dari makanan pas maksi. Misal maksinya makan nasi ama prot nabati n sayur, makan buahnya jarak 3 jam an dr maksi. Tp kalo maksi prot hewani, kudu jeda lebih lama, cz waktu cernanya prot hewani kan lebih lama. begitu kira2. Tapi kalau mau amannya sih saranku ya sayuran aja. dalam bentuk salad ataw jus juga boleh, lebih netral itu.

    Suka

  29. wati berkata:

    Bener mbaaaa….FC cara sehat paling enak…dulu saya sering migren,sinusitis,jerawat bertaburan di mana mana dan…..kurusss,setelah menjalankan FC…..migren pergi…sinus hilang ,berat badan berangsur naik mendekati ideal dan asiknya….temen2 tanya….pake krim dokter apa?koq sekarang mukanya bersih……

    Suka

  30. wyuliandari berkata:

    Hai, mba. Intinya FC itu mengembalikan tubuh ke kondisi idealnya. Yg perlu dicatet FC bukan pil sakti. Tapi dg FC secara benar dan disiplin, berat badan juga bisa ideal kok. Dan itu hanya bonus πŸ™‚

    Suka

  31. wyuliandari berkata:

    Dear Mbak Ana, maaf baru mereply. Baru kembali dari berlibur. gak masalah mbak. Ssal tetap perhatikan proporsi ya mbak. Sebaiknya sayur tetap porsi dominan πŸ™‚

    Suka

  32. Ping-balik: Kapok Cheating |
  33. Buta Warna Parsial berkata:

    Mbak Yuli, saya baru akan menerapkan food combaining. Saya mendapatkan resep dari teman bahwa sarapan pagi yang terbaik adalah jus buah dan sedikit sayuran berkuah untuk menambah energi. Apa itu benar?

    Suka

  34. wyuliandari berkata:

    Dear Buta Warna Parsial πŸ˜€
    Kalau buah tidak mutlak harus dijus. Asal buah yang masuk kriteria seperti dalam tulisan. Kalau sayur berkuah untuk sarapan justru tidak ada dalam juklak food combining. Sayuran memang bisa jadi menu sarapan second grade,kalau pas tak ada buah. namun yg dimaksud di sini adalah sayur segar/mentah. Bukan yang berkuah atau sudah dimasak.

    Suka

  35. Undangan Pernikahan Elegan berkata:

    Mbak yuli yang baik, saya sih ga tau apa itu fut kombaining. Tapi yang jelas, saya selalu olahraga pagi ringan setiap hari. Makan beras merah dan selalu menghindari gorengan. Apakah ini sudah bisa disebut fut kombaining tersebut?

    Suka

  36. zirfin berkata:

    mbak saya punya masalah dengan maag, suka keringat dingin, kurang gula dalam darah,pusing,mudah mual apakah bisa terbantukan dengan FC ya mbak?

    Disukai oleh 1 orang

  37. wyuliandari berkata:

    dear mba dewi. justru banyak teman di grup food combining indonesia tuh bumil atau busui yg membuktikan, dg FC malah bikin mereka makin bugar. kuantitas dan kualitas ASI malah makin baiklah, lha wong makannya sangat berkualitas kan πŸ˜€

    Suka

  38. wyuliandari berkata:

    Hai Mbak Erna, Buku Food Combining : Pola Makan Sehat, Enak dan Mudah itu tulisan saya sendiri : Widyanti Yuliandari, terbitan Kawan Pustaka. Di Gramedia biasanya ada mbak. Ditanyain aja sama petugasnya ya mbak. Order di saya juga masih ada πŸ™‚
    Thanks sudah mampir

    Suka

  39. wiwik berkata:

    Mbak, kalau teh manis bolehnya kapan ya dikonsumsinya? soalnya saya penggemar teh, jadi hampir setiap hari selalu konsumsi teh πŸ˜€ Terima kasih sebelum dan sesudahnya

    Suka

  40. yuti khusnul berkata:

    Waahh seru sekali membaca tentang food combining,, mba mau tanya utk susu termasuk prothew yaa? itu boleh dikonsumsi kn asal tidak bareng dengan karbohidrat? misal susu makan nya bareng dg buah atau sayur bolah ga yah?

    Suka

  41. isnaini prliyantina berkata:

    Bagaimana klo pagi minum jeniper anget….tp puasa….apa berpengaruh…..mulai makan jam 11 siang….

    Suka

  42. wyuliandari berkata:

    Maksudnya ini puasa apa ya mba isnaini? kalau dalam islam, puasa kan ada sahur. nah minum jeniper pas sahur, lanjut buah. kalau untu puasa agama lainnya saya kurang tahu aturannya.

    Suka

  43. aviva berkata:

    mau dong bukunya …. jadi tertarik ikut food combining… sering gk sarapan bikin kalap makan siang n malam

    Suka

  44. rista berkata:

    mbak ijin share di fb saya ya… saya baru memulai fc hari ini.. mudah2an dapet bonus langsing nya hihi..
    terima kasih ya.. infonya lengkap

    Suka

  45. anisa berkata:

    Mba.. klo pas masak rawon enak tuhh nasinya panas. Tapi gak bole ya? Trus dimakan sama apa rawonnya? Masa iya sama selada dan ttimun. Hehehe.. ada masukan mba? Cz suami suka rawin daging item item pedas aduhai 😁😁😁

    Suka

  46. wyuliandari berkata:

    Dear ANisa
    Gampang saja, tinggal pilih, si rawon mau dijadikan menu karbo atau menu protein (hewani). Kalau mau jadi menu karbo alias dimakan sama nasi, singkirkan daging, buat rawon dari kaldu ala vegan dan isiannya sayur2an. Namun jika belum bisa move on dari protein hewani, makan saja rawonnya dengan didampingi banyak sayuran mentah seperti toge atau ketimun. Bisa juga masukkan sayuran dan ikut dimasak, seperti terung,oyong,buncis.

    Suka

  47. Dwi Sukistyaningsih berkata:

    saya terarik banget… pingn sehat karena maag saya akut bentar bentar mau pingsan gimana ya, kalau pagi air jeniper dan buah aja.. takut. tapi kalo bentar-bentar karbo ga enak dibadan

    Suka

  48. wyuliandari berkata:

    Dear Mbak Ari,
    Salam
    Dear Mba Arimawati
    Bukunya bisa diperoleh di Gramedia
    Bisa juga order langsung ke saya
    Kalau order di saya dikirim dari jawa timur

    Trims

    Suka

  49. wyuliandari berkata:

    Dear Mba Dwi, FC memberikan tubuh sesuai yg diinginkan dengan melihat pula ritme sirkadian. Jadi Tidak perlua kuatir meski hanya sarapan buah. Justru akan nyaman di tubuh.

    Suka

  50. Andin berkata:

    Mba, nanyak dong, kalo jeniper dipadu sama madu boleh? Jeruknya harus lemon aja atau jeruk nipis yg ijo juga nggak papa?

    Trmkasih banyak sebelumnya buat jawabannya ya mba… :*

    Suka

  51. wyuliandari berkata:

    Hai Mba Andin
    Jangan ya Mba. Kalau belum terbiasa, boleh jeruknya dikit dulu. Daripada dikasih madu ntar malah ga tercapai tujuan nge-jenipernya

    boleh jeni boleh lemon mba. yang mana tersedia.

    Suka

  52. Mitri berkata:

    Mba nanya ya
    Saya coba FC sudah sebuan ini, dan 2 minggu pertama saya keluar dahak/sejenis lendir padahal ga lg flu/batuk. Trus keluar banyak jerawat kecil2 di muka (bikin sebal) dan muka agak gatal.
    Yang buat saya ga nahan, jerawatnya pada muncul, padahal sebelumnya jarang banget jerawatan.
    Apa saya tetap melanjutkan FC? Sampai kapan ya…jerawatan nya?
    Terima kasih

    Suka

  53. wyuliandari berkata:

    Dear Mitri,
    Terkadang ada semacam gejala detoksifikasi. Jadi racun2 yang tertimbun saat pola makan masih ugal-ugalan,mulai dikeluarkan. Lanjut aja, ntar juga akan segera reda.

    Suka

  54. Mitri berkata:

    Trims mb wyuliandari, untuk jerawatnya bolehkah saya pakai facial wash dan bedak tabur harian yang biasa saya pakai? Sepertinya detok di kulit wajah lumayan parah…
    Apakah nanti kalau detok nya selesai, jerawat nya bisa hilang denga sendirinya, begitu kah mb?

    Suka

  55. Ratih berkata:

    mba wyuliandari, kalo pagi kita sudah konsumsi buah untuk sarapan bolehkah kita mengkonsumsi makanan ringan seperti bolu atau gorengan sambil menunggu waktu maksi??? Perut terasa lapar terus… πŸ™‚

    Suka

  56. Anggita Puspita Sari berkata:

    halllo.. mba widya..
    curhat donk mbak,,, hehehehe

    begini sejak jerawat saya agresif muncul.. maka pola makan saya jaga..

    yang memicu jerawat jadi agreif apabila makan gorengan terlalu banyak beserta coklat terlalu banyak

    dikarenakan beberapa bln terakhir bb saya naik 2-4kg,,
    saya menyadari bahwa kebiasaan saya ngemil kabohidrat lah menjadi penyebabnya seperti roti keripikik kentang biskuit ehehehehe,,, biasanya saya lakukn di sore hari menjelang magrib biasanya mulai rada laper hehehehe

    jadi sekarang saya sudah membatasi ngemil makan berkabohidrat,,
    takut diabetes jg hehehehe

    skrg ngemil sorenya biasanya buah hehehehe

    ketika mengikuti pameran ibf2016 kebetulan saya membeli buku hiromi shinya yang revolusi makan dan yang awet muda beserta buku food combining gampang by erikar lebang

    secara prinsipal pola ajaran food combining dan hiromi shinya mirip

    untuk belajar mengunyah makanan dan benar aja juga butuh proses,, krn makan lunak seperti misal mie,, bubur, nasi dan sayur berkuah.. itu terkadang di proses di mulutnya rada cepet hohoho karena lunak

    namun beda dengan mengkonsumsi yang rada keras sperti selada air wortel mentah hehehehe,,,
    itu butuh proses mengunyah yang halus

    setiap pagi hari saya jg terbiasa minum air putih dulu,, ya kdg2 aja lupa hehehehe

    nah ini yang jadi masalah bagi saya,,,
    hari selasa pagi,,, saya meminum air biasa yang ditetesin air jeruk nipis(maklum kompor lg rusak)
    dimnium perlahan lahan
    dan teryata stlh itu malah meningkatkan rasa lapar hahahaha
    ok sarbu kan,, buah nya jambu biji kristal dan jambu merah klutuk
    trs selang beberapa menit cek pisangnya sudah mulai kematangan maka makan lah pisang menjelang jam7an

    trs jam9an krn masih laper hiks makan jeruk,,,,
    laper disini dengan ditandai kepala cenat cenut huft

    saya juga riwayat maag

    karena stlh makan jeruk laper lagi,,, jam10an makan lah mie(pop mie) ahahahahaha

    setelah makan mie ok lah jd kenyang,,

    but ini teh malah jd semakin pusing keseluruhan,,,, trs lama lama malah jadi ngantuk
    dan yang lebih ngantuk mata kiri dibanding kanan
    (kebetulan mata saya minus dan minus mata kiri lebih besar dibanding kanan)
    apakah ada hubungannya dengan mnus yak?

    kenapa toh ini?

    saya sudah mencoba join grup fb tp blm di approve

    saya juga sudah membeli buku mbak widya bareng buku bu andang w gunawan,,tp blm selesai dibaca buku terapi enzim juga saya beli buat nambah referensi ilmu hehehehe

    mohon petunjuknya

    saya sarapan biasanya selalu pake nasi,, meski nasinya dikit gk mslh paling jam11 lapernya

    namun berbdeda dengan buah ini

    saya bekerja di ruang ber ac pula

    karena msh laper krn hny makan buah jd gk bs konsentrasi jg jd nya jd nya makan mie heheheh

    mohon masukannya ya
    terima kasih

    Salam Hangat,
    Anggita

    Suka

  57. wyuliandari berkata:

    Halo Mbak Anggi.
    Sebenarnya “kesalahan” nya sudah sangat… sangat jelas ya. Sarapan bukan buah esklusif. Itu! Jadi karena memang buah sifatnya mudah cerna, wajar kalau lapar lagi. saat lapar ya makan buah lagi. Bawa bekal buah yang cukup ke kantor. Makan hingga kenyang, yg ditandai perut terasa nyaman.

    Suka

  58. inaindra berkata:

    trm ksh mba,,saya sudh mulai fcnya,,tp bolehkah mba,,kita makn cemilan sesudah jam mkn siang?? spt gorengan satu buah atau wafer2 gtu mba? saya mkannya hanya sampai jam 5 sore,,mlmnya buah dan air putih saja…trm ksh mba.

    Suka

  59. wyuliandari berkata:

    cemilan biasanya di jam kudapan sore. Jenisnya, tentu dicek dulu komposisinya. Jangan sampai ada yg bertentangan dengan juklak.

    Suka

  60. Sri Warsiniati berkata:

    Terima kasih, bagus banget tulisannya. Saya OBESITAS yang sudah berusaha segala macam diet untuk menurunkan BB tapi tidak berhasil. Akhirnya menjalankan pola makan yang maunya ala FC, tapi kenyataannya hanya jeniper dan sarapan buah saja yang baru bisa dijalankan dengan rutin, setelah siang sampai malam kalau makan keseringan yang tidak sesuai juklak FC. Alhamdulillah BB sekarang bisa turun 10 kg dalam kurun waktu 4 bulan. Semoga kedepannya bisa konsisten menjalankan FC sesuai juklak agar semakin sehat dan BB menjadi ideal. Amin.

    Suka

  61. Ranii berkata:

    Assalamualaikum mbak, saya pengen coba . Boleh kah saya konsultasi dengan mbak selama masa percobaan? Ada nomor WhatsApp yang bisa saya hubungi mbak ?

    Suka

  62. dewi berkata:

    Mba…mo tnya kl fc utk pnderita gerd itu ada bedanya ga..kan buah ada yg mnis ada yg asem.spt nanas, jambu biji, nangka,stroberi,sy biasanya ga brani makan krn bikin perut melilit.
    ptnyaan kedua,sbnrnya apakah konsep fc itu berlaku sama utk smua pakar?krn wkt sy bc punya erikar lebang kok malah cnderung vegetarian.intinya sy pgn tau konsep yg benar apakah prothew akan menghalangi ksembuhan sakit gerd sy ato tdk…
    Ptnyaan ke3, adakah menu lain,jika st sbg penderita gerd hrs mnjauhi prothew, selain tahu dan tempe?biar ga bowsen.protnab apa yg simple,murah, dan dijual di tkg sayur?scraa sy low end budget..alias kaga bnyk duit..hee . .tksh byk mba..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s