Weekend Asyik, Weekend Edukatif

Sahabat, tak terasa udah mau menyongsong weekend nih. Ada yang masih bingung mau ngapain buat menikmati akhir pekan? Mungkin sharing sederhana ini bisa memberi ide.

Memanjat pohon di hutan kota, yang penting hepi
Memanjat pohon di hutan kota, yang penting hepi

Setiap akhir pekan, dapat dipastikan semua mall padat oleh manusia. Mengunjungi mall memang menjadi pilihan yang banyak diminati masyarakat akhir-akhir ini. Bukan hanya masyarakat kota besar, bahkan dari desa atau kota kecilpun menyerbu kota besar, demi menghabiskan weekend di mall.

Bagi kami sekaluarga, mengunjungi mall bukan pilihan terbaik menghabiskan weekend. Bukannya anti mall, toh sesekali kami masih mengunjunginya. Hanya saja, bagi kami, waktu akhir pekan terlalu sayang jika hanya digunakan di tempat yang itu-itu saja. Banyak sekali pilihan yang tak hanya lebih asyik buat kami, tetapi juga lebih “bergizi” bagi perkembangan kedua buah hati kami yang sedang haus-hausnya melihat dunia.

Senangnya melihat alam
Senangnya melihat alam

Bukan pula weekend harus diisi dengan traveling ke tempat jauh dan menguras isi dompet. Weekend kami sederhana saja. Pergi ke hutan kota, lengkap dengan membawa segala perlengkapan piknik termasuk makanan, sudah menjadi acara yang membuat bocah-bocah heboh kegirangan.

banyak sekali pilihan aktifitas yang bisa kami lakukan di hutan kota. Mengenalkan pada anak-anak aneka jenis tanaman langka yang tumbuh di sana. mengajak mereka mengamati pohon tersebut, daunnya, bunganya dan buahnya.

Terkadang kami membawa bola. bermain bola di bawah rindang pepohonan, sungguh asyik. Pernah pula si adek tertidur di atas tikar yang kami gelar, dibawah pepohonan rindang. Sungguh pengalaman yang baru.

Meluncur sedikit ke pinggiran kota, mencari tempat yang masih ada sawah, lalu memarkir mobil di tepi sawah dan makan di sana, juga sudah menjadi agenda asyik buat kami. Apalagi kalau sedang beruntung, dan menemukan sedang ada aktifitas di sawah tersebut, entah membajak atau bahkan sedang panen. Wah, bisa teriak-teriak kegirangan duo krucils kami🙂

Mengenalkan sisi kota yang lain, yang hampir tak pernah terjangkau anak, juga menjadi pilihan yang baik. Mengunjungi pasar loak, misalnya. Minggu lalu anak-anak kami begitu keheranan juga antusias mengunjungi lapak buku bekas di pasar loak. “Ini bekas to? kok masih dijual?” tanya mereka polos. Dan betapa kegirangan mereka mendapatkan setumpuk bahan bacaan dengan harga semuanya hanya dua puluh ribu saja!

Oh iya, satu lagi tujuan akhir pekan yang mungkin paling dominan kami lakukan adalah berkunjung ke rumah ibu atau saudara-saudara. Ini kami biasakan sedini mungkin untuk mengasah kepekaan mereka tentang sesuatu bernama silaturrahim. Agar generasi selanjutnya tak menjadi “kepaten obor”.

Tempat yang kami sebut rumah.... Rumah ibu, rumah leluhur, tempat kami pulang untuk menghirup hangat kasih pendahulu kami
Tempat yang kami sebut rumah….
Rumah ibu, rumah leluhur, tempat kami pulang untuk menghirup hangat kasih pendahulu kami

Terlalu lelah untuk keluar rumah, atau sedang tanggal tua dan isi dompet benar-benar tak mau kompromi? Tak masalah, weekend tetap menyenangkan dengan kami isi membuat keterampilan dari bahan apa saja yang ada di rumah. Saya dan anak-anak sangat menikmati membuat origami bersama, menyontek tutorial yang ada di youtube.

Weekend asyik tak harus berbiaya mahal, kan? Weekend sederhana namun edukatif, selain ringan di ongkos, percayalah, itu tetap bisa memberi makanan lebih bergizi bagi batin kita. Nah kemana tujuan akhir pekan Anda?

9 tanggapan untuk “Weekend Asyik, Weekend Edukatif

  1. Asseeekk….betul Mbak Nunu. Tapi kalau aku gak bakalan bisa begitu. Pacaran ama buku kalau krucils udah pada bobo. ha..ha… Terimakasih telah mampir Mbak.

    Suka

  2. Wah senang sekali mbak…anak sy jg suka pohon2an…Klo dl,kdg anak sy ajak ke toko buku, beli buku2 ttg sains, dipraktekin dirmh atau bkin prakarya…nah klo Bapaknya ada wkt baru sy ajak mudik ke desa….wesss mulailah dia membantu nenek kakeknya berkebun, ke sawah, kasih mkn ayam dsb semua aktivitas desa mbak….senengnya minta ampunnnn…hehe

    Suka

  3. Iya Mbak Iro. yang penting anak kita sediakan banyak pilihan. Asal bersama-sama mereka selalu hepi. Enggak harus selalu pergi ke tempat jauh.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s