WORLD WATER DAY 2014 : Menghitung Hari (1)

Menghitung hari menuju World Water Day 2014 (WWD 2014). Tahun-tahun sebelumnya, biasanya saya turut memanfaatkan event Internasional ini untuk “berbicara”. Dengan berbagai cara, melalui tulisan maupun kegiatan nyata di lapangan.

Hari Air Dunia Internasional diadakan setiap tahun pada tanggal 22 Maret sebagai sarana memusatkan perhatian pada pentingnya air bersih dan advokasi untuk pengelolaan sumber daya air bersih . Peringatan Internasional ini pertama kali secara resmi diusulkan dalam Agenda 21 tahun 1992, Konferensi PBB tentang Lingkungan dan Pembangunan ( UNCED ) di Rio de Janeiro , Brasil . Bayangkan, begitu vital dan strategisnya air, sehingga dunia merasa perlu memiliki peringatan khusus tentangnya.


Logo WWD 2014 di ambil dari www. unwater.org
Logo WWD 2014 di ambil dari www. unwater.org

Tahun 2014 ini WWD mengambil tema Water And Energy. Ya, Air dan Energi . Air dan energi memang saling terkait dan saling tergantung . Pembangkit energi dan transmisi membutuhkan pemanfaatan sumber daya air , terutama untuk sumber energi tenaga air , nuklir , dan termal . Sebaliknya, sekitar 8 % dari generasi energi global digunakan untuk memompa , merawat dan mengangkut air ke berbagai konsumen .

Seperti tahun-tahun lalu, tahun ini saya sudah menyiapkan beberapa tulisan untuk WWD, untuk media cetak maupun untuk saya posting di blog nantinya. Namun tidak seperti biasanya, tahun ini saya belum punya agenda untuk bikin acara yang asyik dengan anak-anak sekolah misalnya. Ah, maklum “tangan” seorang PNS kan anggaran. Dan tahun ini kebetulan saya tak memilikinya.

Padahal, kalau boleh jujur. Acara bersama pelajar atau mahasiswa ini favorit saya, lo. Di sela-sela kesibukan PNS ang terkadang membosankan, membersamai mereka dalam satu frame yang positif jelas suatu angin segar. Seperti ini contohnya:
Kegiatan berbau ilmiah, bisa dikemas menjadi sesuatu yang fun dan makin berisi dengan muatan lingkungan yang kental disini. Asyiknya, mereka tidak merasa sedang di “jejali” materi. Bersenang-senang saja. Ceritanya bisa di baca disini dan di sini:

Anak-anak usia a be ge pun bisa diajak have fun namun tetap ilmiah dan bermuatan lingkungan. Nah,kalau ini contoh kegiatan bersama siswa MtS, setara SMP. Baca di sini ceritanya.

Lalu, apa yang saya lakukan untuk WWD tahun ini? Tunggu ceritanya di gelombang yang sama ya….

Selamat menyongsong World Water Day 2014!

6 tanggapan untuk “WORLD WATER DAY 2014 : Menghitung Hari (1)

  1. Saya baru mengetahui bahwa tanggal 22 Maret … di tetapkan oleh sebuah lembaga … untuk dijadikan sebagai Hari Air
    Saya tunggu cerita-ceritanya yaaa

    salam saya

    (18/3 : 16)

    Suka

  2. Memang gaungnya belum begitu terasa di Indonesia.Padahal inimomen bagus untuk meningkatkan kesadaran ttg air. Salam.

    Suka

  3. Belum begitu ngetrend sih om di Indonesia. Saya sendiri baru tahu saat bekerja di institusi pemerintah pengelola lingkungan. Terimakasih kunjungannya Om. SAlam Hangat 🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

