Ada Kartini di dadamu : Mugniar, Kartini dari Timur

Kartini, Sumber : Republika.co.id

Kartini, Sumber : Republika.co.id

Ketika pertamakali membaca pengumuman giveaway Blogchamp ini, terus terang saya sangat antusias. Pasalnya temanya sangat menarik dan menemukan kandidat blog atau tulisan yang akan diulas, saya yakin akan mudah. Karena di komunitas kami yang keren bertebaran emak bersemangat Kartini. Issshh… pede amat yak?

Sosok bersemangat Kartini yang akan saya ulas ini, mungkin sudah tidak asing lagi bagi para blogger khususnya blogger perempuan. Pasalnya, baru-baru ini beliau memenangi predikat sebagai Srikandi Blogger Favorit.

Terbilang sangat produktif dan rajin posting di blognya, dan jika ditelisik postingannya akan bertebaran tulisan-tulisan yang mewakili semangat Kartini. Didalam banyak posting beliau sering mengangkat isu kesetaraan (catat: setara bukan persamaan), hal-hal menyangkut derajat kaum perempuan, semangat untuk selalu belajar, dan sebagainya. Dan, bagi saya akhirnya cukup makan waktu juga untuk memilih salah satu saja dari tulisan beliau yang akan saya review.

Jujur, saya baru mengenal nama Mak Niar ini saat beliau dinominasikan dalam Srikandi Blogger 2014. Itu adalah event super-kerennya para Emak Blogger. Dan sayapun mulai bertandang ke blog beliau.

Kesan yang saya dapatkan, beliau adalah blogger yang sangat produktif (enggak kayak saya, hiksss…). Dan dalam banyak tulisan tercermin kepekaan dan kepedulian terhadap permasalahan masyarakat di sekelilingnya. Sebuah tulisan yang belumlama diposting, menjadi pilihan saya.

Dalam postingan tersebut diceritakan pengalaman Mak Niar mengikuti sebuah event kepenulisan. Kelas Menulis dan Meneliti yang singkat dengan KMM, Bersama Makassar Nol Kilo Meter. Makassar Nol Kilo Meter adalah web yang merupakan sebuah upaya mengungkap denyut kehidupan yang khas dan unik di Kota Makassar ke dalam sebuah wadah online.

Belumlah sampai membaca beberapa paragranya, sudah terasa semangat Kartininya. Semangat belajar Mak Niar ini sungguh membara. Bagaimana tidak, di dunia kepenulisan prestasi beliau sudah dibuktikan dengan terbitnya beberapa buku termasuk buku solo. Sedangkan khusus untuk kiprah ngeblognya juga sudah teruji dengan seringnya beliau memenangkan GA, lomba dan yang prestisius predikat Srikandi Blogger favorit tadi. Namun beliau masih semangat berupaya mengasah kepiawaian dalam dunia menulis dengan mengikuti event tadi.

“Aku mau meneruskan pendidikanku ke Holland, karena Holland akan menyiapkan aku lebih baik untuk tugas besar yang telah kupilih. “

Kalimat tersebut adalah cuplikan Surat Kartini kepada Ny. Ovink Soer, tahun 1900. Dalam kalimat ini saya merasakan semangat Kartini yang menyala untuk dapat terus belajar. Beroleh pendidikan yang lebih baik.

Dalam bingkai yang berbeda, saya menemukan kesamaan semangat antara cuplikan surat Kartini di atas dengan tulisan Mak Niar, sebagai berikut.

“Seperti sebuah anugerah saja mendapatkan informasi KMM ini karena saya menyimpan keinginan belajar dari Jimpe mengenai kaidah-kaidah penulisan ala jurnalisme warga yang sesungguhnya.”

Dan, dibawah ini adalah cuplikan Surat Kartini kepada Nyonya Abendanon, 12 Desember 1902:

“Kami beriktiar supaya kami teguh sungguh, sehingga kami sanggup diri sendiri. Menolong diri sendiri. Menolong diri sendiri itu kerap kali lebih sukar dari pada menolong orang lain. Dan siapa yang dapat menolong dirinya sendiri, akan dapat menolong orang lain dengan lebih sempurna pula.”

Saya menangkap semangat berusaha dan pantang menyerah dari cuplikan tersebut. Point ini pulalah yang saya tangkap dari beberapa tulisan Mugniar Marakarma. Srikandi Blogger Favorit 2014, Ibu dari tiga anak. Sosok Kartini Masa Kini, dari Indonesi Timur. Salah satunya pada kalimat ini:

“Kelas dimulai tanggal 1 Maret. Saya antusias mengikutinya meski … saya peserta paling tua. Kebanyakan pesertanya masih mahasiswa atau baru lulus kuliah! He he tak masalah buat saya.”
Walau bangku kuliah sudah saya tinggalkan 17 tahun yang lalu, ingatan masa-masa mahasiswa masih ada di baris depan memori saya. Jadi saya tak pernah merasa tua, …

Ahhhh…. Petikan tersebut keren! Sungguh keren! Sangat keren dan inspiring. Mak Niar kelihatannya sangat menikmati situasi dimana beliau bisa belajar pada bagaimanapun situasinya. Salut!

Semangat berusaha yang maksimal juga saya dapatkan di bagian ini:

Salah Satu Potret Dalam Reportase Mak Niar

Salah Satu Potret Dalam Reportase Mak Niar, Sumber http://mugniarm,blogspot,com/

“Tulisan ini merupakan salah satu tulisan saya yang punya sejarah unik. Mengerjakannya dalam kurun waktu 3 minggu, mewawancarai orang yang tak saya kenal sebelumnya, dan melalui pergantian judul seanyak 2 kali.

Padahal dalam bagian sebelumnya, Mak Niar mengaku sebagai orang introvert. Tidak mudah pasti berwawancara apalagi dengan orang yang baru dikenalnya. Sekali lagi angkat jempol buat Mak Niar. Dan semoga tulisan ini menginspirasi, terutama buat saya sendiri.

8 thoughts on “Ada Kartini di dadamu : Mugniar, Kartini dari Timur

  1. Mugniar berkata:

    Aaah makasih Mak Widya .. tulisannya keren, jauuuh lebih baik daripada saya sampai membuat saya malu hati .. *terharu*

    Mudah2an saya semakin semangat belajar lagi setelah membaca tulisan mak Widya ini. Moga menang ya mak 🙂

    Suka

  2. wyuliandari berkata:

    Semoga Mak Niar berkenan dg tulisanku. Dan terimakasih atas izinnya untuk menuliskan ini, juga apresiasinya:) Amiin…amiin, terimakasih pula buat doanya ya mak:)

    Suka

  3. Arifah Abdul Majid (@arifah_feibiii) berkata:

    Iya, saya juga salut sama Mak Mugniar, tulisan-tulisannya begitu sarat makna. Mak Widya juga sama, banyak tulisan-tulisan mak yang inspiratif, salah satunya dalam hal lingkungan 🙂

    Suka

  4. wyuliandari berkata:

    Wahhh, Mak Rifa ini…bikin daku tersipu-sipu nih. He..he. Terimakasih ya Mak atas kunjungan dan juga apresiasinya:)

    Suka

Tinggalkan Balasan

