I am a Blogger: I am a Lucky Blogger

Tadinya saya tak pernah bermimpi menggeluti dunia blog. Apalagi saya ini orangnya rada-rada gaptek gitu (ih…jujur amat). Saya seorang ibu dan seorang PNS, rasanya sudah rempong abis, lha kok masih mau nambah satu profesi lagi sebagai blogger? Tapi nyatanya sekarang saya seorang blogger, dan mungkin termasuk salah seorang peternak blog juga, meski masih belajar.

Hadiah Istimewa
Blog ini lahir tanpa dibayangkan sebelumnya. Ini adalah blog pertama saya, yang kemudian hari diikuti pula oleh kelahiran blog-blog saya yang lainnya.

Ceritanya waktu itu, di institusi tempat saya bekerja, saya ditugaskan merintis sebuah unit baru yaitu Unit Pelaksana Teknis Laboratorium Lingkungan. Perjuangan merintis unit baru tersebut ternyata begitu heroik. *tsaaa….

Saya bersama dua teman, bahu membahu merancang ini-itu untuk “membidani” kelahiran unit baru ini. Nah, ternyata keseruan sini menurut suami harus didokumentasikan dengan lebih baik. “semangat” dari sebuah unit kecil di lembaga pemerintah di kota kecil ini dianggap suami sebagai sebuah hal yang sangat positif dan dapat menginspirasi orang lain. Apalagi di tengah pandangan umum terhadap PNS yaitu inefisiensi, kelambanan, korupsi dan hal-hal suram lainnya.

Maka suami tercinta menghadiahkan blog ini buat saya. Jadi blog ini sebenarnya adalah hadiah istimewa beliau buat saya. Awalnya beliau yang mengurusnya. Lama-lama saya diajari s blogging, dan saya jadi hobi blogging.

Untuk blog pertama ini memang niatnya personal blog, ya. Jadi saya pakai nama saya aja, wyuliandari. Sengaja nama depannya disingkat saja, supaya lebih menjual. *halah apasih. Temanya sesuai dengan minat dan pekerjaan yang saya geluti: Lingkungan, Kesehatan dan Keluarga.

Beberapa Blog  Lain Yang Saya Gunakan Mendukung Bisnis
Beberapa Blog Lain Yang Saya Gunakan Mendukung Bisnis

Sedangkan blog-blog selanjutnya, karena tujuannya memang untuk bisnis, maka penamaannya mulai mengikuti keyword yang populer dan menjual. Misalnya, karena bisnis utama saya di bidang produk kesehatan, saya memakai nama-nama terkait : terapi jantung atau terapi kanker.

Mulai Bermimpi Lagi
Menjadi PNS bukan cita-cita saya. Apalagi kemudian berada di kota yang secara geografis kurang menguntungkan. Kota kecil yang dikelilingi perbukitan yang awalnya membuat saya stress. Apalagi saya sudah terbiasa dengan kehidupan Surabaya.
Saya tak lagi punya impian. Dari hari ke hari hanya sekedar rutinitas. Semua hal tentang pekerjaan menjadi menjemukan di sini. Saya bahkan lupa untuk bermimpi.

Blogging membuat saya kembali berani bermimpi lagi. Dan akhirnya satu demi satu impian yang telah saya kubur dalam-dalam, mewujud dengan perantara blog. Ah, saya sungguh beruntung!

Iya, salah satu contoh. Dulu saya pernah bercita-cita menjadi dosen. Rasanya asyik, berdiri di depan kelas dan bisa menginspirasi mahasiswa. Cita-cita ini tak terwujud. Mungkin salah satu faktornya adalah karena IP saya sungguh kurang keren *tumben ngaku.

Lalu melalui blog, orang mengenal saya, membaca aktifitas yang saya lakukan, membaca buah pikir dan apa bidang keahlian saya dan suatu saat tanpa di sangka-sangka saya mendapat kesempatan mengajar sebagai dosen tamu di sebuah Universitas Negeri kota sebelah. Lalu langganan mengisi seminar atau kuliah tamu di tempat yang sama. Terkadang pula on air di RRI, kota sebelah juga. Rejeki kan?

Lalu, kesempatan demi kesempatan yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya, seperti muncul begitu saja. Ternyata, tanpa direncanakan sebelumnya, blog menjadi semacam sarana promosi bagi saya.

Rejeki Nge-Blog
Manfaat tebesar dari aktiitas blogging menurut saya adalah jaringan, sederhananya silaturrahmi. Melalui blog saya bisa mengenal banyak blogger maupun pembaca blog dari seluruh Indonesia.

Jaringan ini membuat kemampuan saya makin cepat ter-upgrade. Jaringan sesama blogger juga menguatkan semangat untuk terus blogging, sesibuk apapun saya di dunia offline.
Rejeki lain dari ngeblog saya dapatkan dari blog contest. Well, sebenarnya saya baru mencoba mengikuti blog contest sejak medio Februari 2014 ini, setelah bertahun-tahun blogging. *Ya ampuun, kemane aje mpok? Ha..ha…

hadiah ngeblog

Dalam kurun waktu dua bulan mengikuti lomba blog, baru membuahkan tiga kemenangan bagi saya. Not bad lah…. Lumayan, saya mendapat hadiah berbagai benda-benda asyik dan juga uang tunai.
Tapi sebenarnya blog contest memberi manfaat lain yang jauh lebih dahsyat dibandingkan hanya sebatas hadiah. Apa itu? Kesempatan belajar!

Iya, blog contest menjadi semacam cara cepat bagi saya untuk meningkatkan kapasitas sebagai blogger. Misalnya, bagaimana disiplin terhadap deadline. Lewat deadline, udah pasti diskualifikasi kan, buooo!

Lalu juga belajar bagaimana menulis dengan tema dan maksud tertentu yang dikehendaki penyelenggara. Ini terkadang tidak mudah, lho. Blog contest juga mau tak mau “memaksa” saya belajar kreatif, bagaimana membuat postingan yang khas, tidak mainstream namun tetap nyambung dengan tema. Kalau mau menang sih! A..ha…ha…

Pengalaman-pengalaman di atas membuat saya makin hobi nge-blog. Saya sungguh beruntung mengenal dunia blog dan menjadi seorang blogger.

Tips Sederhana Blogging
Hingga saat ini saya masih merasa masih newbie dalam dunia blogging. Namun, boleh dong saya share sedikit tips blogging yang selama ini menjadi andalan saya.

1. Belajar konsisten nge-blog
Saya belum bisa mencanangkan one day one post, seperti beberapa sobat blogger saya. Namun sebisa mungkin, minimal seminggu saya posting dua atau tiga tulisan.

Saya kapok banget angin-anginan ngeblog, karena pengalaman pagerank blog saya anjlog dari 3 menjadi nol karena berbulan-bulan saya cuekin. Hu…hu…hu…

2. Tak Harus Tulisan Serius
Saat si ide dan otak sedang tak mau kompromi, biasanya saya tetap memaksakan posting apapun bahkan hal remeh temeh. Misalnya, pertemuan dengan teman lama bisa saja jadi tulisan.

3. Cerdas Menjaring Ide
Bagaimana kalau ide tak kunjung muncul? Tenaaaang, kalau saya sih punya senjata pamungkas. Saat ide benar-benar ogah nongol, saya membuka file tentang hari-hari peringatan nasonal maupun internasional.

File tersebut sengaja saya buat sebagai senjata saat kehabisan ide. Maka jangan heran, di blog saya bertebaran tulisan menyambut event-event tertentu, seperti posting sebelumini tentang hari buku.atau postingan lampau tentang earth day, forest day, world water day, dll. Sssttt…ini rahasia yak!

4. Rajin Ikut Blogcontest dan GA
Blog contest dan Give away sedapat mungkin saya ikuti. Selain sarana upgrading kapasitas ngeblog, kalau menang juga menjadi semacam promosi gratis bagi blog saya.

Give away juga, memberi manfaat lebih dibanding blog contest. Karena disini juga ada unsur silaturrahmi menurut saya. GA itu bagaikan kita diundang saudara kita yang punya gawe, jadi sedapat mungkin saya berusaha ikut.

5. Promosi Blog
Saya enggak pernah malu promosi blog, memanfaatkan kegiatan offline saya. Jadi begini, saat saya ada kesempatan ngisi seminar atau mengajar sebagai dosen tamu, di handout dan slide saya selalu cantumkan blog, email dan fesbuk saya. Idih… inih emak narsis sangat! Biarin deh, yang penting setiap habis seminar blog saya selalu makin rame.

6. Manfaatkan Social Media
Sosial media sayang banget kalau hanya jadi ajang rumpik. Pakai “k” biar kelihatan gahol. Apalagi sosmed buat ajang ngeluh. Widihhh, enggak banget. Sosmed buat yang berguna aja, di antaranya ngeshare link blog. Percuma kan udah cappek posting tapi gak di share.

7. Jalan-jalan, dong!
Jalan-jalannya dari blog ke blog lainnya, alias blogwalking. Saya ingat ada seorang blogger senior yang menyarankan sedikitnya mengunjungi sepuluh blog sehari.

Saya masih sulit melakukan sebanyak ini. namun saya berusaha mengunjungi dan meninggalkan jejak di lima blog dalam sehari.

Akhirnya Bergabung Dengan B Blog
Suatu siang saya membaca postingan salah seorang teman di komunitas blogger perempuan. Beberapa hari ini memang saya sempat melihat tautan tentang Bblog.

Ah, kepo tingkat dewa, saya intip blog teman ini. Lalu saya juga browsing. Ooo….jadi tahu saya. Emang apaan sih B Blog? B Blog itu adalah blog network yang baru di Indonesia. B Blog ini merupakan bagian dari Cyber Buzz yang merupakan blog network nomor wahid di Jepang sono.

Lalu apa saja sih, manfaat jika seorang blogger bergabung di B Blog? Wuah, banyak ternyata. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan join B Blog melalui berbagai bentuk model projectnya.
Misalnya, member berkesempatan mencoba sample produk-produk yang bahkan belum dipasarkan, misalnya saja produk kosmetik. Member juga akan mendapat kesempatan untuk hadir dalam event-event keren, daaaan….dapat uang transport pulak!

Nah, sekarang bagaimana untuk menjadi member? Gampang, sign up nya mudah, kok. Bisa dilakukan disini:

Jangan lupa, teman-teman blogger isikan data selengkapnya ya. Terutama jangan lupakan bagian yang bertanda “penting”. Nah, yang mau bergabung, selamat bergabung ya 🙂

Berpartisipasi dalam B Blog’s, I A.M a Blogger

Acara ini di organisir oleh B Blog Indonesia
dan di sponsori oleh :
@princess_butik
@japansoftlens
@keziashop
@kissindonesia
@lumiere_corner
@galerikuku

Iklan

22 tanggapan untuk “I am a Blogger: I am a Lucky Blogger

  1. Saya sangat setuju dengan pendapat sampean mbak..
    Yang manfaat dari sering ikut kontes.. Manfaatnya itu selain jadi pemenang juga bisa mendapat kesempatan untuk terus belajar..
    Eh, sukses untuk kontesnya mbak..

    Salam…

    Suka

  2. luar biasa….
    saya baru sekali dapat hadiah baju dari blog cm kalo hadiah buku banyak tp dua tahun ini tidak ada hadiah apapun karena gak ikutan kontes lagi….
    hiks… hiks….

    Suka

  3. waaa..keren mak postingannya..jadi tahu nih skrg manfaat dari blog lagi dan lagi..makasih ya mak..mau ke TKP langsung ah… 🙂

    Suka

  4. Setujuuu banget dg pendapat dan tips emak. Blog itu buanyak sekali manfaatnya. Terutama ikut kontes dpt ilmu baru dan dapet hadiah jg klo menang

    Suka

  5. Ha…ha….iya mbak susan. Berkat bantuan njenengan. Duh, matursuwun sanget lo, udah dibantu. Iya nih, asyik kayaknya, penasaran dengan tantangannya B Blog ini.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s