Jeng Jeniper: Segar Menggairahkan Namun Kontroversial

Idih, lebay amat judulnya. Uhuk….
Biarin ah…

E penonton… #GayaLenong
Udah kenal belum dengan Jeng Jeniper?
Jeniper yang satu ini, bukan Jeniper Lupis lo, ya!

Jeniper itu sebenarnya nama pendek. Nama lengkapnya, Jeruk Nipis Peras. Nah… udah tahu sekarang. Hampir semua penganut food combining menjadikannya sebagai minuman untuk memulai hari. Coba inspeksi isi lemari es kaum food combiner, sebagian besar pasti menyimpan jeruk nipis.

waterandlemon

Kalau biasanya orang kebanyakan memulai hari dengan secangkir kopi yang katanya secangkir semangat, FC-ers justru menjadikan jeniper sebagai ritual paginya. efeknya bagaimana? semangatnya sih, sama dapetnya. namun efek jangka panjangnya buooo… jauh lebih menjanjikan si Jeng Jeniper ini dong.

Untuk apa sih, jeruk nipis peras ini dikonsumsi di pagi hari? Ceritanya begini, semalaman liver kita bekerja keras lo, untuk mendetoks. Nah,jeruk nipis ini merupakan tonik yang cukup ampuh untuk reward bagi kerja keras si liver.

Memangnya enggak perih tuh, pagi-pagi udah minum jeruk nipis? Kan assyemmnya gak tanggung-tanggung tuh… eehhh jangan salah ya,biar si jeniper ini rasanya asam, namun di dalam tubuh dia bersifat basa. Dan enggak akan sakit perut, dengan catatan cara membuat dan meminumnya tepat.

Tepat, maksudnya begini. Pertama, kapan kita minum jeniper ini? Pagi begitu bangun tidur, bahkan ada yg berkata idealnya ya, ketika mulut masih benar-benar kering. Lalu jangan lupa cara membuatnya harus benar. Begini caranya:

Siapkan segelas air hangat, kira-kira 300 ml atau kira-kira sekuatnya Anda meminumnya lah. Campurkan air hangat tadi dengan air perasan jeruk nipis kira-kira dari setengah buah jeruk nipis, atau kira-kira 3 sendok makan. Aduk rata, siap deh diminum.

Lho? Nggak pake gula?
Ya emang!
Gula rendah kalori deh, boleh yaaa?
NO! BIG NO.
Zero calorie deh, bole ya,plase …
Ih…maksa deh dibilang gak bole juga!

Kalau Anda pemula, boleh beri madu barang satu sendok teh. Namun pastikan madunya asli ya! Jangan abal-abal. Atau, untuk pemula, air jeruk nipisnya boleh dikurangin dulu deh, kalo emang bener-bener gak tahan sama asemnya.

Trus bagaimana meminumnya?Langsung glek…glek gitu?
Yang jelas minumnya pake mulut ya. * ditoyor

Yaudah, serius nih. Minumnya sebaiknya ditahan dulu dalam mulut atau dikulum, hingga terasa air liur menyalutinya. Baru deh, glek. Begitu seterusnya. Jadi minumnya tuh seteguk demi seteguk.Pelan-pelan aja. Jangan macem dikejar debt collector, ah!

Nah, selain jeniper nih, ada juga FC-ers yang mengkonsumsi Jelemper di pagi hari. Hah, apalagi tuh? Jelemper tuh, nama beken buat Jeruk Lemon Peras. Mereka sebenernya masih sodaraan sih. Hanya biasanya si jelemper nih, rada elit begitu. Harganya yg rada lebih mahal. Soal fungsi,sih, sama aja.

Trus sensasinya habis minum jeniper atawa jelemper, gimana? Kalau buat saya pribadi sih, ya enak-seger begitu. Dan, ini juga yang saya rasakan, ritual minum jeniper itu membuat hasrat ingin makan dan minum sesuatu yang kurang sehat itu jauh berkurang.

Bagaimana, berani coba? Silahkan saja🙂

Artikel Terkait Food Combining:

Sarapan? Yes! Ribet? No!
Langsing Dalam Tubuh Sehat
Catatan Tentang Food Combining

Sumber Gambar:
Thinkstock.com

32 tanggapan untuk “Jeng Jeniper: Segar Menggairahkan Namun Kontroversial

  1. Jeruk lemon lokal nggak mahal kok mbak, bisa 1/5 harga jeruk lemon impor… aku biasanya pakai itu.

    Suka

  2. waaaa baru tau kalo minum air jeruk nipis pagi pagi gak bikin mules2..
    Selama ini kalo mau makan jeruk atau jeruk nipis, kan nunggu makan dulu. Mitosnya orang indonesia, apa apa kudu sarapan dulu😀
    Makasih mak… pingin nyoba banget kayaknya seger ya buat badan😀

    Suka

  3. masih ada kelanjutannya setelah dikulum lalu ditelan,kumur yang banyak ato lngs sikat gigi krn asamnya bs merusak enamel gigi.

    Suka

  4. Hi Mak Punky. Pastikan saja caranya benar. Kalau misalkan masih ada keluhan perut perih, berarti yang harus di cek adalah pola makan secara keseluruhan. He..he…

    Suka

  5. makasih infonya mbak… sdh sering dengar / baca, tapi masih kalah sama rasa takut mencoba terkait maag (kronis)…. in sya Allah akan diberani-beraniin nyoba aah…🙂

    Suka

  6. nanya donk mba, aku baru mulai latihan FC, cm masih blm kuat godaan makan nasi gak pake lauk hewani, hihihi… kl untuk jeruk lemon (aku biasanya pakai jeruk lemon) kan airnya banyak tuh kl diperas, 1 jeruk lemon itu gak harus untuk 1x minum kan ya?

    Disukai oleh 1 orang

  7. Hai Mbak @Pritta Edison. Gak harus satu lemoh habis kok. Sebetulnya, setengah saja udah cukup. Tetapi kalau tidak habis, sebaiknya jangan digunakan nanti2 atau buat besok. kalau buat diminum sebaiknya segera. Karena kalau teroksidasi, bukannya berkhasiat malah ada efek buruknya. Kalau aku, sisanya biasa buat masker muka,bikin kulit lebih glowing gitu😀 tetep ogahrugi😀

    Trus, buat protein hewani + karbo, menurutku itu termasuk “pantangan utama” ya. Jadi kalau masih belum bisa, ya upayakan dikurangi jumlahnya dan temani dg sayur mentah, misalkan salad atau lalap mentah.

    Thankyou or visiting my blog😀

    Suka

  8. saya sudah coba ikut FC beberapa minggu ini. mulai pagi dgn jeniper dan sarapan buah (sampai jam 12). yg dulu biasanya harus ngopi setiap bangun tidur. hasilnya, badan terasa lebih segar dan ringan.

    Suka

  9. Halo mbak Wyuliandari…salam kenal🙂 aku baru dua hari minum jeniper meskipun tahunya sudah lamaaa…Awalnya si selama semingguan ini aku diare terus dan perut perih…tiba-tiba aja ada sinyal dari tubuh untuk minum si jeung jeniper…tujuannya, agar memberi hadiah bagi kerja tubuh terutama hati (liver kita) kebetulan aku pasca TBC tulang yang obatnya keras dan bisa ngefek ke fungsi hati…Alhamdulillahhh, baru dua hari minum sudah merasakan manfaatnya Alam memang selalu memberi kita yang terbaik ya, semoga kita selalu sehat dan bahagia

    Disukai oleh 1 orang

  10. Hai Mbak, salam kenal kembali.Wahh…hayuu semangat mbak. Digenepin aja seluruh juklak FC. Lanjut sarapan buah, dsb. Smoga makin sehat

    Suka

  11. Bener banget tuh..minum jeniper ngak ada masalah..aku yg tadinya sulit bab,skrg agak lancar.kunci fc cuma komitmen.kalau blm terbiasa,boleh lah mbandel..tapi segera balik lagi ke pola makan fc.jd semangat fc,karena ada banyak temannya..

    Suka

  12. Assalamualaikum mbk, sya masih pemula nih,udh hampir semingguan ini nyoba FC. Kalo pas minum jeniper itu mbk alhamdulillah di perut ga ada keluhan perih atau gimana. Tapi.. di gigi ituloh yg gak nahannn ,,, gigi saya ngilu banget kalo makan makanan/minuman yg asam. Udah berapa tahun terakhir ini sya gak berani makan makanan/buah/minuman yg asam. Apalagi cara minum jenipernya harus dikumur2 dulu baru ditelan kan. Mungkin ada solusi ya mbk? Terimskasih…

    Suka

  13. Waalaikumsalam
    Dear Mba Ika, ada beberapa jalan yang bisa dilakukan.
    1. Yang utama tentu,masalah giginya harus diselesaikan. Segera bawa ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang dibutuhkan

    2. Mungkin jika belum sempat ke dokter gigi bisa pula dicoba menggunakan pasta gigi buat gigi sensitif

    3.Untuk sementara nge-jenipernya bisa pakai sedotan dulu, jadi langsung ketelan dan minim kontak dg gigi. Gak masalah sementara gak kontak dg air liur dulu.

    Suka

  14. Dear Mbak Ika,

    Saya tertarik dengan FC ini, ada yang mau saya tanyakan mengenai FC, setelah minum jeniper ini selang berapa jam kita boleh konsumsi makanan dan apa yang sebaiknya kita makan setelah minum jeniper ini? Untuk makan malam apakah makan seperti biasa (daging +sayur misalnya) atau hanya buah saja?

    Terima kasih untuk penjelasannya Mbak Ika🙂

    Suka

  15. Assalamualaikum mbak widya, saya jadi tertarik nih pengen ber FC..semoga bisa ya mbak. ohya mbak, saya sudah meminum jeniper ini di pagi hari mungkin hampir setahunan tapi saya tambahkan 1 sdt madu. kemarin minum itu karena untuk terapi maag, dan Alhamdulillah sudah jauh-jauh lebih baik. nah pertanyaan saya apakah menambahkan madu itu menyalahi aturan FC ya mbak. trimakasih.

    Suka

  16. siang mbak saya pengen beli bukunya, kalo beli ke mbaknya langsung bisa kan. saya sudah cari bukunya di toko2 buku di wilayah saya belum nemu bukunya, apa ada nomer yang bisa dihubungi atau email. trmksh.

    Suka

  17. Sayang sekali habis mas. Bisa beli yg bentuk e book ya. silakan langsung ke playstore. tks atas atensinya

    Suka

  18. Saya sdh hampir 3 th ini always jeniper si pagi hari, saat perut kosong. Alhamdulillah maag Kronis sy sembuh. Sampeskrg mah rajin minum jeniper pagi hari.

    Suka

  19. Thx for a nice artikel mba..saya sbnrnya sudah coba jeniper dri bbrpa bukan lalu tpi blm konsisten nih😦 krn brgkt kerja suka terburu2..kayana harus di disiplinkan lagi.oh iya saya penderita tukak lambung..slma ini g prnh ada mslh minum jeniper 😇😇

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s