Yuk Bawa Bekal …

Ini Amunisi Ngantor
Ini Amunisi Ngantor

Sudah beberapa waktu enggak menulis tentang lingkungan. Padahal di folder konsep sudah menumpuk tulisan yang tinggal dipoles saja. Tapi, kali ini saya ingin menulis sesuatu yang mengusik pikiran yang saya temui pas jalan-jalan di Alun-alun kota, minggu kemarin.

Hari belum terlalu siang, ketika kami sampai di alun-alun kota. Setelah menyewa sebuah skuter untuk Rania, saya dudu di tepi. Sambil membongkar bekal. Biasalah, cemal-cemil, sembari melihat gadis kecil saya berkeliling dengan skuter sewaan.

Saya melihat kanan dan kiri tempat saya duduk. Uh… sampah berserakan. Bekas pembungkus snack, air mineral dan sampah lainnya berserakan. Saya melirik bekal kami. Untunglah kami terbiasa membawanya.

Kebiasaan membawa bekal ini sudah berlangsung lama. Kecuali memang diniati berwisata kuliner, kami selalu membawa bekal dari rumah. Bahkan meski hanya pergi tak jauh dari rumah, minimal kami membawa bekal berupa air minum dalam botol.

Banyak lo, keuntungan membawa bekal makanan sendiri. Pertama, sudah pasti lebih irit. Iya, kan? Segelas air mineral saja, minimal harganya lima ratus perak. Sedangkan kalau membawa dari rumah, gratis saja. Saya tinggal isi botol dengan air dari filter penyaring air di dapur. Beres!

Selain, irit, bawa bekal sendiri juga sehat dan aman. Sering kita mendengar adanya zat-zat berbahaya yang dicampurkan ke dalam aneka jajanan, kan? Nah, hal ini tak perlu kita khawatirkan jika membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Membawa bekal juga ramah lingkungan. Kita tidak perlu menghasilkan sampah tambahan dari aktifitas makan atau mengudap kita kan?

Ribet? Enggak juga. Akali saja, jenis yang akan dijadikan bekal. Buah-buahan potong adalah jenis makanan untuk bekal yang sangat praktis penyiapannya. Atau makanan serba kukus seperti pisang kukus, ketela kukus, dsb juga pilihan yang cerdas.

Ndeso? He…he…iya kali? Saya kan emang sudah memproklamirkan diri sebagai Blogger ndeso sejak beberapa waktu lalu. Because “ndeso” is cool…. *halah!

3 tanggapan untuk “Yuk Bawa Bekal …

Tinggalkan Balasan

