Jatuh Cinta Pada Food Combining (II)

BAGIAN II : MENGHARGAI TUBUH DENGAN FOOD COMBINING

Terkadang ada yang nyinyir, “ih ngapain makan diatur-atur. Kalau emang mau sakit ya sakit aja. Waktunya mati ya mati aja”. Idih…. Ngeri ya mendengar statement seperti itu.

Saya sih tak pernah ambil pusing dengan ungkapan seperti itu. Masa bodo aja. Urusan menjaga tubuh dan kesehatan itu urusan saya dengan Tuhan. Dzat Maha yang telah “meminjami” raga yang demikian sempurna ini untuk kendaraan bagi jiwa saya. Umur memang di tangan Allah, siapa yang mau membantah?

Saya tidak! Tetapi bagaimana kita menghabiskan masa hidup kita, yang konon sangat singkat inilah yang menjadi concern saya. Saya masih ingat analogi seorang teman fesbuk yang sangat menyentuh.

Tubuh ini bagaikan pinjaman. Allah meminjamkan pada kita. Andai Anda meminjamkan kepada teman Anda sebuah piring, lalu piring itu gupil (cuil) atau bahkan pecah, kira-kira bagaimana perasaan Anda? Aduh, malu pada Tuhan saya kalau sudah mengingat analogi piring gupil ini.

Food Combining ini hanya salah satu saja dari sekian banyak ikhtiar sehat. Banyak kan orang yang berdalih, “toh, sehat bukan hanya dari makanan!”Benar, sehat bukan hanya dari makanan. Sangat bisa juga sehat atau sakit dipengaruhi faktor pikiran dan lingkungan. Tetapi at least, dengan menjaga pola makan, satu faktor untuk sehat sudah kita usahakan.

Banyak pula yang berkata, “nikmati sajalah hidup, susah banget makan saja diatur! Lho… ini justru salah satu cara saya menikmati hidup. Dan justru sebuah ikhtiar untuk menikmati manisnya hidup ini lebih lama. Sekali lagi, ini memang “hanya” ikhtiar ya. Semua memang Allah yang menentukan.

Dan, satu lagi. Sebenarnya kami ini para food combiner justru sedang bersenang-senang dan menikmati pola makan kami. Tidak percaya? Coba gabung saja di group Food Combining Indonesia. Lihatlah, postingan-postingan di sana. Anda akan tahu, bahwa bagi kami food combining itu adalah jalan untuk sehat dengan mudah dan menyenangkan.

Tinggalkan Balasan

