Sehat Dengan Jus

Banyak orang yang telah ter-edukasi tentang pentingnya makan buah dan sayur segar. Makanan kaya enzym tersebut akan melimpahi tubuh kita dengan daya hidup yang tinggi. Banyak pula teman yang berhasil pulih dari suatu penyakit dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayur segar secara benar.

Akan tetapi, tidak semua orang dapat mengonsumsi buah dan sayur segar begitu saja. Pada lansia misalnya yang fungsi gigi geliginya suda menurun. Perlu trik tersendiri untuk mengolah buah dan sayur segar .

0_jus pisang jambu

Demikian pula untuk mendapatkan variasi penyajian buah dan sayur. Apalagi, kita akan menjalani kebiasaan makan buah dan sayur ini sepanjang hidup kita. tentu kan tidak setiap hari kita makan buah yang itu, itu saja. Atau buah potong lagi, lagi dan lagi. Bosan nanti !

Membuat jus ataupun smoothi adalah salah satu cara menyajikan buah sayur segar agar tak membosankan juga mudah dikonsumsi para lansia. Bagaimana membuat jus buah dan sayur agar bermanfaat bagi tubuh? Nah, itu belum semua orang tahu.

Buktinya saya masih sering melihat orang membuat jus dengan menambahkan gula, sirup, susu kental manis, es batu, dan teman-temannya. Secara kuliner sih, oke. Kalau sasarannya adalah masalah rasa. Namun kita kan ingin manfaat sehatnya. Ya nggak? Nah ini beberapa triknya membuat jus sehat namun tetap nikmat.

Bahan utama tentu buah dan sayur segar. Sedapat mungkin jangan menambahkan air, atau tambahkan sesedikit mungkin.

Kalau kita menggunakan prinsip food combining, maka jangan pernah campur buah dan sayur dalam satu sajian jus. Alasannya? Buah dan sayur memiliki sifat serat berbeda, lagipula gula buah akan merusak bahan lain,termasuk sayur.

Buah dan sayur yang masih tergolong aman untuk disandingkan dalan satu sajian hanya wortel plus apel. Untuk jenis lainnya, jangan ya.

Apakah harus buah dan sayur organik? organik sih lebih baik. Tetapi tidak di semua daerah tersedia buah dan sayur organik. juga, tak semua orang mampu membeli yang organik, karena harganya memang biasanya lebih mahal.

Jangan gara-gara tak mendapatkan buah dan sayur organik terus kemudian enggak mau mengonsumsi buah dan sayur sama sekali. Paranoid dengan pestisida? ah, jangan ah. Rugi!

Ada cara meminimalkan pestisida yang kemungkinan mencemari makanan kita. Pertama bisa pilih buah lokal saja. Biasanya buah lokal relatif lebih aman dari pestisida, daripada buah impor yang memang membutuhkan banyak bantuan pestisida untuk bertahan lama.

Cara kedua,lakukan pencucian yang maksimal. Cuci dengan air mengalir dengan seksama. Rendam pula dengan air yang di tetesi beberapa tetes cuka apel. Dengan cara ini, residu pestisida akan dapat diminimalkan.

Membuat Jus Sayur Yang Enak
Jus buah maupun sayur dapat dibuat dengan mengkombinasikan beberapa jenis buah atau beberapa jenis sayur. Untuk mendapatkan rasa yang enak, mungkin perlu dikenali dulu karakteristik buah dan sayur yang akan dipakai.

Misalnya untuk sayuran, yang mengandung rasa cukup netral adalah ketimun, wortel, bengkuang dan labu siam. Sedangkan yang memiliki rasa segar ke arah asam adalah tomat dan pepino. Sedangkan sayur-sayuran hijau seperti sawi, bok choy, brokoli, biasanya membentuk rasa langu.
Nah, untuk Anda yang pemula, mungkin bisa mencoba rasa yang netral dulu. Mungkin paduan ketimun, labu siam dan tomat, tidak akan memberi rasa langu. Kalau masih kurang segar, bisa kucurkan sedikit perasan jeruk nipis atau jeruk lemon.

Jika Anda akan membuat jus dari bahan yang biasanya langu, jangan lupa kombinasikan dengan bahan yang netral dan tambahkan sedikit pemberi rasa segar, yaitu jeruk nipis.

Anda bisa mencoba berbagai kombinasi sampai anda ketahui, kombinasi mana yang cocok untuk Anda. Biasanya kalau sudah terbiasa dengan jus sayur, tak akan terganggu lagi dengan bau langu. Yang penting mindsetnya sudah benar, yaitu kita meminumnya untuk sehat.

Jus Buah Yang Enak dan Segar
Jus buah relatif lebih muda diterima lidah daripada jus sayur, untuk orang-orang yang masih pemula. Namun demikian tetap harus diperhatikan bagaimana cara mengolahnya agar mendapatkan hasil yang diharapkan.

Sebagaimana sayur, berbagai jenis buah dapat kita kombinasikan. Selain untuk mendapatkan berbagai manfaat buah, juga untuk menciptakan rasa yang enak dan segar. Buah segar seperti semangka,melon, apel, jeruk manis, strowberi, dll. Adalah jenis-jenis yang sering digunakan. Untuk mendapatkan rasa lebih segar, bisa ditambahkan air perasan jeruk manis/keprok pada jus Anda. Sedapat mungkin jangan pakai air.

Untuk buah yang rasanya cukup kuat, misalnya mangga, stroberi, anggur, Anda dapat sedikit menetralkan rasanya dengan mengkombinasikan dengan buah yg netral, misalnya pepaya. Anda bisa juga menambahkan pisang untuk mendapatkan rasa yang lebih manis dan tekstur creamy pada smoothie buah.

Untuk Anda yang memiliki pencernaan sensitif, ada baiknya tidak mencampur semangka atau melon dengan jenis buah lain. Pada beberapa orang yang sensitif, campuran tersebut membuat perut sebah atau tak nyaman. Tetapi banyak juga orang yang tak bermasalah.
Untuk buah pisang atau apel yang biasanya cepat sekali teroksidasi, bisa ditambahkan sedikit saja jeruk nipis agar efek menghitamnya agak sedikit bisa ditahan. Bagaimanapun, warna yang cantik akan membuat kita makin berselera kan?

Bagaimana mengkonsumsinya?
Yang jelas, jus harus segera dikonsumsi setelah dibuat. Maksudnya agar zat penting didalamnya tak keburu rusak. Jadi hindarkan membuat jus sekarang dalam jumlah besar lalu disimpan di lemari es untuk dikonsumsi esok, misalnya. Sayang sekali, karena rusak nutrisinya.

Lalu hal penting juga nih. Meminum jus jangan asal langsung glek…glek..glek… atau langsung mak srupuuuuuttt. Suegerrrr…. Iya sih sueger… tapi ingat, meski bentuknya sudah lembut bahkan cair, jus tetap butuh dicerna dulu di mulut ya.

Jadi pastikan jus diminum seteguk-demi seteguk. Kulum dahulu beberapa saat dalam mulut. Rasakan air liur menyaluti jus di mulut kita. baru deh, glek…

Nah, teman-teman. Selamat mencoba, dan jangan lupa kasih tahu saya ya, apa jus ramuan Anda yang enak dan suegerrr 

28 tanggapan untuk “Sehat Dengan Jus

  1. bermanfaat sekali mbak, pepino itu apa ya? lalu kan saya ini kena maag juga kalau buahnya dicuci pake cuka apel apa tdk apa-apa?ga kecut mbak? hehe. kombinasi pepaya dan jambu merah boleh gak ya? makasi

    Suka

  2. my family’s favourite: carrot & apple, semua pasti suka. waktu di malang, sy sering banget bikin, karena harga wortel & apel sangat terjangkau, di batu masih bisa dapat apel 5-10rb sekilo lho. tapi klo di jkt & sekitarnya, susah banget cari apel murah…

    Suka

  3. pepino itu bentuknya buah mbak mirip terong, namun karena fruktosanya sangat rendah dia dikelompokkan sebagai sayur. warnanya ungu trus rada-rada kaya lorek gitu. kalau di kota besar mungkin gak susah carinya. kalau gak ada pepino ya tomat saja untuk seger-seger nya atau jeruk nipis🙂

    Suka

  4. Sekeluarga suka banget dg yg namanya jus…sp dibela-belain bli juicer segala mbak yah bli yg murah meriah aja…pdhl seringnya pkai blender…pling pkai juicer yg serek2 sj spt wortel…klo pkai juicer jusnya manis mbak walaupun g pkai gula…mgkn kr g pkai air spt blender ya…cm jd seratnya gak ikut serta…cm sarinya sj…sluruppppp segerrr..

    Suka

  5. Iya Mbak, manisnya pas gak berlebihan, karena alami ya. Apalagi kalau minumnya pake ngaca, wuihh makin manis mbak. wkwkwk… serat sayurannnya bisa dimanfaatin mbak, campurin ke tahu yg dihancurkan, tambah bumbu, jadi perkedel tahu yg lebih yummmm…🙂

    Suka

  6. Paling suka sama jus jambu Mamakeeee…..
    Kunjungan balik nih…heuheuheu…biru warna kesukaanku….blogku sebelumnya juga warna biru ini….

    Suka

  7. wuihh top deh jus jambu. Apalagi jambu merah…srupttt….he…he…sebenrnya pingin warna ijo. etapi kerna ini gratisan susah dapetnya nyang cucok. *gratisan aja rewel😀 Makasihh makk….

    Suka

  8. uwowwww aslinya itu udah enak, nikmat, seger, menyehatkan lagi..maknyos deh pokonya..
    thx ya untuk artikelnyaaaa (y)

    Suka

  9. saya menyuakai jus. sari buah, baik itu berupa vitamin atau mineral dan antioksidan tidak rusak sat diobuat jus. selain nikmat. juga sehat..

    Suka

  10. Fleksibel aja sih kalau jus sayur mbak. Setahu saya asal perut udah nggak terlalu kenyang, mungkin 2 jam an jedanya dg makan malam udah cukup ideal.

    Suka

  11. Saya mo tanya, kalo yg pny anemia blh g ikutan food combining, soalnya saya penderita anemia n kebanyakan saya baca juice nya pake mentimun n seledri. Trs kalo mo bikin juice sayuran apa aja y yg cocok buat saya

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s