Puasa Lebih Bersahaja Puasa Ala Food Combining

Kemarin saya menerima sms dari seorang teman, follower blog ini, menanyakan tentang bagaimana mengatur makan selama puasa dengan berpedoman pada food combining.

Buah-buahan segar, Menu Sahur dan Makanan Pertama Saat Berbuka
Buah-buahan segar, Menu Sahur dan Makanan Pertama Saat Berbuka

Kepadanya saya janjikan akan membahas pertanyaannya itu dalam sebuah blogpost. Dan saya sebelumnya, saya memang berniat menulis pengalaman ber-food-combining selama Ramadhan untuk Anda semua, teman-teman yang saya cintai.

Namun, kebetulan saat itu saya juga sedang menulis naskah tentang food combining selama puasa untuk beberapa media cetak serta blog komunitas tempat saya menjadi kontributor. Jadilah, baru saat ini tulisan ini dapat saya selesaikan. Ramadhan ini adalah puasa ketiga saya menerapkan puasa dengan pola food combining.

Awalnya saya masih ragu untuk menerapkan FC selama puasa, terutama untuk sahur eksklusif buah. Jangan-jangan makin lapar di siang harinya, begitu pikiran saya. Namun akhirnya, toh, saya tetap mencobanya. Dan tahu apa yang terjadi? Saya malah jatuh cinta pada pola ini. Bagaimana sih, seorang food combiner mengatur asupan makanan selama Ramadhan? Apa saja manfaat yang kita dapatkan dengan puasa ala Food combining ini? yuk, dibaca pelan-pelan. Siapa tahu seperti saya, Andapun akan jatuh cinta!

Sahur Paling Praktis dan Nyaman

Sahur dalam Food Combining dipandang sama dengan sarapan yang kepagian. Ada dua pilihan bersahur ala food combining. Sahur eksklusif buah, atau buah disambung menu pati. Saya prefer yang pertama, soalnya saya tipe yang susah makan terlalu banyak. Urut-urutannya begini, begitu bangun tidur langsung jeniper alias jeruk nipis peras seperti biasanya.

Lanjutkan dengan makan buah-buahan segar. Idealnya, dua atau tiga jenis buah dengan warna yang berbeda Makanlah pelan, dengan 30-70 kali kunyahan. Buah bisa juga disajikan dalam bentuk smoothie. Gunakan blender untuk memproses buah menjadi smoothie. (Memilih Blender Yang Tepat Untuk Dapur Sehat). Anda bisa makan sampai perut terasa kenyang. Ingat ya, kenyang yang terasa nyaman. Bukan kekenyangan yang membuat perut Anda sakit bahkan susah bergerak.

Sahur eksklusif buah, memberi banyak manfaat. Yang saya rasakan perut lebih nyaman, tidak perih dan siangnya saya tidak merasa lemas yang berlebihan. Banyak teman bertanya, “Tidak lapar hanya sahur buah?”. Lapar sih, sedikit. Namun tak lebih lapar dari saat saya masih bersahur dengan menu makanan berat, lengkap. Lagipula, rasa lapar itu kan, yang ingin kita nikmati dan resapi hikmahnya saat berpuasa?

Untuk yang belum terbiasa makan buah saja dan ingin menu lanjutan, silahkan saja menikmati menu pati. Tentu setelah berjeda barang 15-30 menit dengan buah tadi. Makan nasi secukupnya saja. Setidaknya setengah dari isi piring adalah sayuran, seperempatnya nasi, dan sisanya lauk nabati. Upayakah selalu ada sayuran segar mentah dalam piring Anda. Mengapa sayur mentah? Karena sayuran yang sudah matang sudah kehilangan enzymnya. Padahal itu adalah komponen yang sangat penting untuk tubuh kita.

Baca juga: Menu Food Combining Selama Ramadhan

Takjilnya Apa?

Ini bagian tersulit buat saya. Soal Takjil. Kami sekeluarga besar punya tradisi berbuka dengan segelas teh hangat dan kurma. Terkadang ada stup pisang juga. Tidak mudah untuk melupakan tradisi puluhan tahun tersebut dengan kebiasaan baru, berbuka ala food combining yang hanya dengan air dan buah-buahan.

Namun demi niat sehat, apa sih yang tak diusahakan. Toh, soal selera kan hanya masalah persepsi. Jadi kalau kita punya tekad kuat untuk sehat, yang tadinya tidak enakpun bisa jadi enak, kan. Apalagi ini hanya soal berbuka dengan buah. Buah-buahan yang memang kegemaran saya. Jadinya, hayuuk aja!

Suami dan anak-anak, dua Ramadhan ini juga sudah mulai berbuka puasa dengan buah. Khusus untuk anak-anak, karena mereka masih banyak maunya, saya tak terlalu memaksa saat sesekali mereka menolak buah yang saya siapkan. Tak apa, saya pikir tak ada gunanya juga ribut dengan mereka hanya karena saya memaksakan apa yang menurut saya baik. Toh, proses pengenalan sudah saya lakukan, dan mereka sudah tahu, ada pilihan yang lebih sehat.

Sama dengan saat sahur, saya menyiapkan buah-buah lokal yang musim saja. Agar murah, kan? Dan saya sangat senang “menemukan” cara berbuka (juga sahur) yang sangat praktis dan hemat. Kalau sebelumnya harus masak macam-macam, termasuk takjil, sekarang hanya perlu cuci kupas dan potong buah. Untuk menu utamapun sederhana saja.

Baca Resep Berbuka:

Resep Buka Puasa Ala Food Combining

Resep Smoothie Sehat

Nyaris Vegetarian

Food Combining memang tidak melarang konsumsi daging-dagingan dan protein hewani lainnya asal kombinasinya sesuai, dan tidak dimakan terlalu banyak dan sering. Namun selama puasa, memang dianjurkan menghindari atau makan sesedikit mungkin saja. Saya sendiri, karena sehari-harinya sudah nyaris vegetarian jadi tinggal meneruskan saja kebiasaan ini selama Ramadhan.

Orang sering overestimate terhadap daging. Dianggap sebagai bahan makanan premium yang dapat memberikan energi ekstra selama puasa, maka bahan makanan ini sering diburu saat Ramadhan. Harga yang melonjak seolah bukan masalah, yang penting semua senang menyantapnya. Namun benarkah perut kita senang dengan hidangan melimpah daging ?

Faktanya, daging membutuhkan energi besar untuk dicerna. Proses cernanyapun rawan menghasilkan sel cacat. Apalagi proses menternakkan saat ini sudah sangat jauh dari alami. Makanan ternak bukan lagi hanya hijauan berkualitas, demikian juga dengan aneka suplemen yang diberikan pada ternak.

Untuk makanan utama, sangat disarankan lebih banyak lagi sayur-sayuran, utamanya sayur segar mentah. Menu keluarga kami biasanya ya, berkisar di sekitar pecel, gado-gado, karedok, lalapan, salad. Paling-paling kami masak sayur berkuah semacam sayur bening, itu untuk anak-anak saja. Untuk lauknya sih, paling sering tempe tahu goreng, kukus atau masakan lain.

Sesekali saya selingi sumber protein nabati dari aneka kacang-kacangan, misalnya sup kacang hijau, oseng kacang merah, aneka masakan jamur dsb. Untuk nasinya, selama puasa biasanya akan makin hemat. Karena, kami makan sangat sedikit nasi bahkan tanpa nasi, selama puasa.

Alhamdulillah, dengan cara ini, selain kami menghemat waktu untuk penyiapan makanan, juga hemat anggaran pula. Kelebihan anggaran bisa dialihkan untuk hal lain yang lebih bermanfaat, membantu fakir miskin misalnya.

Terakhir, jangan lupa niatkan puasa hanya untuk-Nya. Soal pengaturan makan dan sebagainya, itu adalah bagian dari ikhtiar kita untuk sehat dan dapat beribadah lebih baik selama Ramadhan (juga seterusnya). Bukankah kita makan bukan sekedar yang halal, namun juga yang thoyib? Selamat berpuasa temen-teman, semoga puasa lancar dan makin mendekatkan diri pada-Nya. Aamiin.

Catatan:

Info lengkap tentang food combining bisa dibaca di buku saya: Food Combining Pola Makan Sehat Enak Dan Mudah (Kawan Pustaka), harga: 75.000, tersedia di toko buku terkemuka di kota Anda. Bisa pula diorder lewat WA 081234534037

Baca Juga: Jeng Jeniper, Segar Menggairahkan Namun Kontroversial Jatuh Cinta Pada Food Combining I Jatuh Cinta Pada Food Combining II

 

36 tanggapan untuk “Puasa Lebih Bersahaja Puasa Ala Food Combining

  1. kunjungan pertama nih mak,salam kenal ya… boleh juga nih mak untuk dicoba kaya’y badan lbh sehat,btw… pas bangun tidur langsung jeniper buat saya yg pya maag gmn mak?

    Suka

  2. Salam kenal kembali Mak. Baca di artikel tentang jeniper ya Mak. Insyaallah gpp, asal tepat cara minumnya. Kalau masih ragu, skip aja jenipernya atau buat lebih encer saja.

    Suka

  3. Wuhuuuu, bismillah, insyaAllah ramadhan tahun ini saya mau praktik percobaan food combining. Semoga bisa makin sehat, langsing jadi bonus deh😉

    Suka

  4. Salam kenal mbak,baru mampir nih aku🙂 sayuran yg aman utk sahur bisa di sebutkan kah apa aja nya?aku alhamdulillah udah dua bulanan konsumsi jeniper,daaaan…bye-bye antasid.alhamdulillah

    Suka

  5. @Jesse Kalau pemula sih boleh pakai madu, asal madunya dijamin asli ya. Tapi setahuku sih, lebih baik gak pakai. kalau gak kuat asemnya, encer2 dulu kali ya, jadi nipisnya dikit dulu. Ntar lama-lama kan terbiasa:)

    Suka

  6. Slm kenal kembali Mbak Asri. Kalau sayuran, setahuku aman-aman saja Mbak Asri. Asal gak terlalu pedas kali ya.

    Suka

  7. Salam kenal Mbak, saya sudah hampir 4 bulan mencoba hidup sehat ala Food Combining. Alhamdulillah semua keluhan sakit yg ada di tubuh saya nyaris tidak ada. Ini tahun pertama puasa dgn FC. Dengan sahur hanya dengan jeniper dan buah, malah kadang kalo pas puasa senin kamis hanya jeniper. Alhamdulillah segar bugar sampai maghrib.

    Suka

  8. Puasa tahun ini saya udh eksklusive buah. Tahun kemarin masih campur. Nyatanya tubuh terasa enteng, tidak nggliyeng ataupun lapar berat. Sayang serumah baru saya yg sahur dan buka eksklusive buah.

    Suka

  9. tetap semangat Mbak. Ntar lama-lama orang serumah juga bakalpada ngikut. Pas tahun pertama juga saya sendirian sahur eksklusif buahnya🙂

    Suka

  10. bagaimana food combining pada wanita hamil ketika berpuasa?apakahh ada jenis makanan yang harus dominan?mohon informasinya krn istri saya sedang hamil

    Suka

  11. Pada prinsipnya FC berlaku umum Pak Harry.Namun untuk wanita hamil, sekiranya dikhawatirkan kondisi janinnya, bisa menggunakan keringan untuk tidak berpuasa. Karena ada juga yang meyakini bahwa pada saat puasa terjadi detoks dan dikhawatirkan terbuangnya racun justru salah satunya menuju plasenta. Wallahua’lam bisshowab.

    Suka

  12. assalamualaikum mba….salam kenal, sy mengidap diabetes dan hrs suntik insulin sehari 4 kali apakah bisa dg FC, bgmn cara konsumsi buah dn insulin?

    Suka

  13. Waalaikumsalam
    Mbak DInce Ardianti, bisa gabung di group Food Combining Indonesia, di FB mbak. di sana banyak teman yang juga pengidap diabetes dan ada ahli-ahlinya juga. Karena saya khawatir salah memberikan jawaban untuk kasus yang khusus. Yang jelas jangan khawatir, banyak teman yang memberikan testimoni berhasil mengatasi diabetes dg FC ini🙂

    Suka

  14. Makasih banyak mak infonya, saya baru baca dan langsung jatuh cinta. moga nanti bisa dipraktekin dengan benar.🙂

    Suka

  15. Silahkan dicoba Mak, dan jangan segan bertanya jika ada yg kurang jelas atau ada keluhan🙂 Terimakasih telah berkunjung.

    Suka

  16. mbak…tadi saya coba sahur eksklusif buah. Dan yakin, kalau saya sudah kenyang… tapiiii, jam 8 pagi kok sudah terasa laperr benerrr ya mbak? padahal, tadi porsi buahnya saya nilai banyak, cukup untuk bekal seharian puasa. Ada saran? apa kurang kenyang ya mbak? saya ingin bisa sahur eksklusif buah seperti yg disarankan

    Disukai oleh 1 orang

  17. Mba Dewi
    Wihhh baru nyoba eksklusif buah ternyata yaaa
    Gapapa Mbak, asal sudah yakin kenyang pas sahurnya. Lanjut aja. Mungkin di awal-awal karena belum terbiasa ya. Coba terus Mbak. Mungkin tiap orang emang responnya beda. Saya pertamakali eksklusif buah, langsung jatuhcinta dan gak pengen lagi sahur tambah menu pati🙂

    Semangat Mbaaa😀

    Suka

  18. halo mb, saya baru maunyoba FC di ramadhan kali ini. boleh info saran buah2an apa aja untuk sahur dan berbuka nya mb? thanks sebelumnya

    Suka

  19. Hai Mba Rina
    Buah apa saja yang penting manis, berair, berserat dan matang sempurna. Dan jangan nangka, durian atau cempedak. Sebisa mungkin 3-4 jenis buah berwarna-warni.

    Suka

  20. Saya slalu mengikuti tulisan tulisannya. Dan sudah dipraktekan lebih kurang enam bulan hasilnya. …? Lumayan sehat, thanks form all . Salam kenal buat semuanya.. ..

    Suka

  21. Salam kenal mbak, semoga mbak dan keluarga selalu dalam keadaan sehat. Saya ingin sekali mengetahui lebih banyak tentang food combining ini. Sy pikir setiap orang yg mengikuti pola ini awalnya juga pasti tidak langsung serta merta percaya bahwa ini adalah hal baik yg harus di jalani jika ingin sehat. Sy beranggapan bahwa ada sesuatu yg memotivasi mereka menjalankan ini. Misalnya ada data statistik yg memang menunjukkan bahwa setiap orang yg menjalani fc mengalami perbaikan taraf kesehatan, sembuh dari penyakit tertentu, etc. Sy berharap bisa mengenal fc ini dan melihat bukti bukti yg memang akurat terkait hal ini jika mbak berkenan dan tidak keberatan. Salam🙂

    Suka

  22. Assalamu’alaikumw.. Salam kenal ya mba🙂 saya baru FC 2 mingguan ini. Seneng sekali nemu blog mba. Kemarin cari bukunya mba di gramedia tapi kosong. Mau nanya mba, kalau untuk berbuka, baiknya air putih dulu atau buah dulu? Dan diberi jeda berapa menit antara air dan buah? Terima kasih ya mba🙂

    Suka

  23. waalaikumsalam. salam kenal kembali mbak. iya mbak, bukunya lagi habis. Bisa order via WA 08123434037 tapi mungkin masuk waitinglist.

    Untuk berbuka air dulu mbak. Ada yang menjeda 15 menit. Tapi ada yang dijeda beberapa menit saja. Ibu saya malah bisa menjeda sampai 20 menitan, karena beliau minum air lanjut magriban. seusai magrib baru makan buah.

    Suka

  24. Assalamu’alaikum mba. Salam kenal.. awal ketertarikan sy ikut FC Krn tdk sengaja baca artikel ttg FC di majalah. Namun sy khawatir maag sy kambuh. Makanan dan buah apa saja yg boleh dan yg harus dihindari penderita maag yg ingin FC ? Makasi mba

    Suka

  25. Waalaikum salam.FC itu bersifat universal.Pahami saja sebaik-baiknya semua tulisan FC di blog ini. Kalaupun ada kekhususan, ntuk yg sakit (bukan hanya maag) batasi betul protein hewani dan terigu.Optimalkan makan sayur mentahnya.

    Suka

  26. assalamualaikum bu..FC tu emang siip bngt..saya udah buktiin..trus bb saya jd trun 5kg dlm sebulan.. alhamdulilah sekrg jd langsing

    Suka

Tinggalkan Balasan

