Tips Memilih Gadget

Beragam gadget ditawarkan dipasaran. Berbagai merk, type, dan tentu saja harga. Bagaimana cara memilihnya agar mendapatkan gadget yang pas sesuai dengan kebutuhan maupun budget kita? Ini beberapa kriteria saya dalam memilih gadget.

Kebutuhan

Pertama tentu kenali kebutuhan Anda. Fungsi-fungsi apa saja yang Anda butuhkan? Terutama jika bugdet Anda terbatas. Maka jika Anda membutuhkan hanya lima fungsi, misalnya, mengapa harus membayar untuk sepuluh fungsi? Demikian pula sebaliknya. Ini sederhananya.

Misalkan seperti saya. Saya butuh gadget yang nyaman buat telfon, sms, cek email dan sosmed juga sesekali moderasi komen di blog. Maka salah sasaran jika saya membeli sebuah gadget ber-audio ngejeger berharga mahal namun tak memenuhi kebutuhan saya di atas.

Anggaran

Berapa anggaran Anda, nah ini harus di matchkan dengan faktor lainnya. Juga buatlah prioritas, misalkan begini, jika bugdet Anda hanya satu jutaan dan ternyata di pasaran harga segitu tak dapat memenuhi semua kebutuhan Anda, maka bisa anda tentukan kebutuhan yang prioritas. Lain lagi jika budget Anda tak terbatas, Anda lebih leluasa untuk memilih gadget yg memenuhi  kesemua kriteria.

Demikian pula jika jika kebutuhan Anda sudah terpenuhi dengan sebuah perangkat smartphone murah seharga sejutaan misalnya, untuk apa harus memboroskan uang dengan membeli yang berbanderol tiga jutaan.

 Portabilitas

Pertimbangkan pula, seberapa sering dan dalam kondisi bagaimana Anda biasanya akan menggunakan gadget tersebut. Jika Anda akan terus menerus mobile atau berperjalanan, mungkin perangkat berupa smartphone terbaik akan lebih nyaman daripada laptop. Apalagi jika kita memiliki bisnis online.

Brand

Meski budget Anda sangat terbatas, jangan mengambil risiko dengan memilih brand yang belum jelas track recordnya. Pepatah ada harga ada rupa itu tak selamanya benar,kok.masih ada saja brand besar yang bermain di kelas low end namun tetap dengan memberikan kualitas yang tak memalukan. Nah, temukan brand tersebut dengan banyak bertanya dan browsing. Ada, kok brand-brand besar yang menyediakan perangkat dengan harga hemat. Misalnya smartphone murah.

Purna jual

Faktor lainnya ang penting diperhatikan adalah bagaimana pelayanan purna jualnya. Percuma saja ada janji-janji garansi, jika saat dibutuhkan ternyata sangat ribet urusannya. Nah sebelum Anda kecewa sebaiknya cari tahu dulu ya.

BACA JUGA:

ASUS ZenFone Smartphone Android Terbaik

4 tanggapan untuk “Tips Memilih Gadget

  1. Good tips mbak, saya juga lebih senang yang bermerek bagus karena jatuhnya lebih irit. Pernah sekali punya HP china tapi baru 5 bulan sudah mati dan ga ada suku cahdangnya. jadinya masuklah ke tong sampah …..😦

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s