Kesalahan Ber-Food Combining : “FC Kok Bikin Aku Lemes?”

Hai Teman,

Ada di antara Anda yang ingin ber-food combining? Nah, sebelum Anda merealisasikan rencana bagus tersebut, baiknya baca dan pahami dulu seluruh juklak FC, ya. Agar tak kejadian seperti cerita berikut ini:

Kalau Buat Saya, Ini SUdah Cukup Mengenyangkan
Kalau Buat Saya, Ini Sudah Cukup Mengenyangkan

Weekend kemarin, ada seseorang menelefon. Seorang teman yang menurut ceritanya baru saja mencoba pola makan food combining. Dia mengeluhkan. “Kok saya jadi lemes banget, ya Mbak?” Katanya. Wah...sik…sik…, harus ditelusuri nih, pikir saya. Jangan-jangan nanti Food Combining  yang menjadi kambing hitam.

Harus Berulang

Karena ini sudah menjadi sebuah masalah klasik yang sering berulang, maka saya bisa menebak dimana letak kesalahannya. Lalu saya coba tanyakan bagaimana cara makannya secara detil. Sarapan dengan jus melon, katanya, lalu tak makan apa-apa lagi, dan pukul sembilanan pagi sudah merasa lemas.

Nah, benar, itu dia! Seperti dugaan saya, ternyata memang benar, sarapan buahnya tidak dilakukan secara repetitif atau berulang. Yang sangat perlu dipahami oleh pemula food combining, buah demikian mudah cerna. Artinya? Cepat dicerna, cepat diserap, cepat kosong pula lambung daaaan…. cepat pulalah kita merasa lapar.

Lebih lengkap dan jelas, bisa dibaca di tulisan ini:

Menu Food Combining

Seberapa Banyak?

Berapa banyak saya harus makan buah? Atau, berapa kali saya harus makan buah sebagai sarapan? Ini pertanyaan yang sangat sering ditanyakan pada saya oleh sahabat-sahabat yang ingin ber-FC ataupun baru saja memulai FC.

Menurut saya, disinilah salah satu asyiknya FC. Tak harus ada porsi atau frekuensi yang terlalu diatur saklek. Yang penting menurut saya, makan dengan porsi wajar, dengan dikunyah secara baik. Lalu berhenti makan ketika perut terasa kenyang.Kenyang yang nyaman, bukan kekenyangan.

Sebagai contoh saja, foto di bagian atas tulisan ini adalah bekal sarapan buah saya ke kantor. dua buah pisang ukuran sedang dan sekotak pepaya potong. Ini biasanya saya makan dua kali. Sebelum ke kantor, di rumah saya sudah sarapan sekitar sepiring buah segar. Nah, porsi segitu cukup buat bertahan hingga pukul sebelas siang.

Pastikan juga minum air sebelum makan. Banyak yang menyarankan bahwa minum 2 atau 2,5 liter sehari sudah cukup. Tetapi banyak teman meminum hingga 3 liter air sehari. Mengapa saya sarankan cukup minum? Sebab terkadang beda antara lapar dan haus itu tipis.Kita merasa lapar, ternyata rasa lapar hilang ketika kita berikan tubuh kita minum. Berarti saat itu tubuh kita sebenarnya haus, bukan lapar.

Baca juga:

Cara Sehat Dan Langsing Dengan Food Combining

Menu Food Combining

Jangan Makan Itu-itu Saja

Lalu, ada juga teman yang kesukaannya terhadap buah masih terbatas, terlalu banyak milih. Buah ini enggak suka, buah itu agak kurang demen, buah anu malah anti. Aduhh…. kalau sudah begini repot juga ya. Bagaimanapun bagus dan baik suatu jenis buah (atau makanan lain), tetapi kalu ituuuu…. itu saja yang dimakan ya, kasihan tubuhnya tak mendapat berbagai nutrien yang dibutuhkannya.

Saran saya hanya satu, belajarlah mencintai berbagai jenis buah (juga sayur). Percaya deh, selera itu bisa dibentuk. Asal pemahamannya sudah benar, niatnya buat sehat, pasti sedikit demi sedikit bisa menyukai berbagai jenis makanan yang tadinya tak disenangi.

Itu tadi sedikit info tentang aturan sarapan buah secara benar ya teman. jangan sampai salah penerapannya. Kuasai dulu seluruh juklak, baru lakukan perlahan dengan nyaman. yuk ah… yang mau ng-FC, slamat ber FC. SMoga makin sehat segar dan jauh dari penyakit ya😀

Yang ingin nge-FC, sebaiknya baca artikel ini dulu semuanya ya. Kunyah pelan-pelan, kalau ada yang perlu didiskusikan, monggo…. di komen disini atau di sosmed saya juga bisa,lo!

Artikel FC:

Pro Kontra Food Combining

Sarapan Buah,Kenyangkah?

Catatan Tentang Food Combining

Sarapan Praktis Dan Sehat Ala Food Combining

Jeng Jeniper, Segar menggairahkan Namun Kontroversial

Sehat Dengan Jus

Cara Memasak Nasi Merah

25 tanggapan untuk “Kesalahan Ber-Food Combining : “FC Kok Bikin Aku Lemes?”

  1. Tuh… kan… bener toh.Kalu kurang variatif biasane akan cepet bosen juga. Padahal pola makan sehat yang ingin kita terapkan ini kan buat jangka panjang. Ojo nganti mblenger hanya gara-gara ben dino maem kates maning…kates maning. Ha..ha…

    Ngelu pusing maksudnya? Bisa jadi karena maemnya masih kurang. Atau bisa juga,kalau pola makan sebelumnya sangat amburadul itu pertanda sedang terjadi detoks ringan. Terus aja mbak. Cuma Baca-baca lagi juklaknya biar ndak salah.

    Suka

  2. Porsi makan sy itu tergolong dikit mbak…jd klo pagi makan buah / atau kue gitu sj sp siang jg gak lapar… cm klo gak makan mlm, seringnya tengah mlm perut bunyi kukuruyuk2 mbak… nduluin ayam berkokok… hihi…

    Suka

  3. Memang jangan sampai nggakmakan malam mbak. Dan makan malemjuga musti menu bergizi, ya biar gak nduluin ayam berkokok itu… wkwkwk

    Suka

  4. Bener mas, kejadiannya itu, banyak orang yang tidak membaca dulu semua juklak secara utuh. Jadi memahami FC sepotong-sepotong. Yahh gitu dehh😀

    Suka

  5. Salam kenal mbak. Saya mau tahu lebih detail ttg fc. Kalo misal saya makan siang dengan menu tahu bumbu bali plus nasi, menurut fc itu kan tdk apa2 mbak, tapi bgmn kalo tanpa sepengetahuan saya si tahu bumbu bali tadi dimasak dg kaldu sapi. Apa itu artinya melanggar fc? Atau karena tdk ada “dagingnya” (protein hewani) maka pencernaan kita masih bisa menoleransi?

    Suka

  6. Salam kenal kembali Mbak🙂 memang kalau “tidak tahu” hukumnya sih menjadi “halal-halal” aja kali yaaa… namanya juga gak tau. Kalau soal penggunaan kaldu, Bu Andang pernah memberi penjelasan di Group FCI seingat saya, jika dimakan dg nasi, jangan lebih dari 3 sendok. Sendokmakan yaaa jangan sendok sayurrr…wkwkwk…. Intinya di FC, faktor yg minor sebenernya bisa diabaikan. Misalnya nih, sebutir telur dalam satu resep adonan perkedel, itu masih dianggap boleh-boleh aja. ASal jangan tiap kali makan begitu ya😀 Thanks sudah mampir mbak

    Suka

  7. Terima kasih mbak bw penjelasannya. Kalo boleh mw tanya lagi mbak. Tomat itu termasuk sayur apa buah? Lalu stroberi yg rasanya masam boleh tdk masuk dlam daftar buah di fc? Mengingat fc mengharuskan makan buah yg manis, berair, berserat. Mohon arahan🙂

    Suka

  8. Terima ksh mbak atas jawabannya. Tanya lagi boleh ya mbak… he3 tomat itu termasuk buah atau sayur? Buah yg dianjurkan fc itu manis, berserat dan berair. Kalo stroberi ? Kalo pisang kepok rebus bagus juga gak sih mbak buat sarapan? Saya ucapkan banyak terima kasih, mau meladeni pertanyaan2 saya mbk…

    Suka

  9. Bole dong mbak😀 Kalau katagori buah dan sayur dalam FC dipandang dr fruktosanya. kalau rendah digolongkan sayur. jadi tomat, pepino, terung belanda, wortel itu meski penampakannya seperti buah, tetep masuk golongan sayur. Kalau buat sarapan buah segar saja mbak. Jangan buah yg dimasak atau dikeringkan. Kalau buat cemilan sore, boleh sesekali pisang rebus, atau buah kering macem prune, etc. Tapi hanya sesekali aja.

    Suka

  10. Asalamualaikum… mbak saya mau tanya2 ttg fc lagi, khususnya jeniper. 2 hari ini saya sdh coba jeniper di pagi hari. Tapi di hari ke dua, lambung saya perih yg saya takutkan ini gara2 minum jeniper di pagi hari. Tapi kok banyak juga ya mbak fcer lain yg juga punya maag tp gk ada masalah sama jeniper? Jadi, gmn mbk? Kalo maag kambuh/lambung perih, jenipernya dihentikan dulu atau gmn? Perasaan waktu minum kemarin sdh dikulum2… mohon bimbingannya lagi.

    Suka

  11. Waalaikumsalam. Mungkin perlu di cek lagi apakah keseluruhan yang dimakan dua hari ini sudah sesuai juklak food combining mbak. Coba buat food diary. cek padu padannya udah bener belum. trus camilannya, jangan2 masih nyemil yg diluar juklak? cek transit time tiap makanan juga ya mbak. misal begini, makan siang dengan menu protein, yaitu protein hewani plus sayuran. Ini sudah sesuai juklak, etapi ternyata sejam sesudahnya mbak ngemil sesuatu yg termasuk karbo, nah…nggak cocok kan? coba mbak pelan2 dicari.Karena pastinya kalau cara minum udah bener, jeniper tak akan bikin perih. Kalau masih ada rasa khawatir boleh aja di skip dulu jenipernya, atau kaya saya dulu, dibuat encer aja dulu. Selamat mencoba😀

    Suka

  12. Mbk kayaknya setelah sya baca testimoni di fc indonesia, ada FCer baru yg punya masalah hampir sama kyk saya. Setelah ditelusuri, dia gak kasih jarak antara jeniper sama makan pagi. Memang harus dikasih jarak berapa menit ya mbak antara keduanya?
    Saya sdh telusuri. Nah yg ini nih, kayaknya jd penyebab lambung sy perih. Saya hanya makan buah di pagi hari, selanjutnya saya bepergian, tanpa bawa bekal buah, jam 10an sebenarnya terasa lapar, malah smpai trdengar kruyuuuuk he3. Tapi mau makan gak ada buah yg bs dimakan, akhirnya saya tahan hingga jam 1 siang. Makan siangnya, yakin sesuai juklak. Nah, jam 3 an perut saya mulai terasa perih. Gmn analisa mbak..? Kayaknya penyebabnya ya gara2 perut lapar dibiarkan itu ya mbak? Makasih banyak sebelumnya mbk sdh mau jadi teman konsultasi saya🙂

    Suka

  13. Nah..bener itu. Rupanya ada tulisan saya yg mungkin terlewat ya mbak. Coba baca-baca lagi ya mbak tulisan2 ttg FC di blog ini. Memnag harus berulang makan buahnya. Dan lapar itu kan sinyal tubuh perlu makan. Maka kecuali sedang puasa, jika lapar ya harus makan. jadi usahakan bawa bekal buah kalau keluar rumah.Biasanya teman2 FC er makan buah 2-3 ronde dari pagi hingga jam 12 an (atau 1/2 jam sblm makan siang).

    Soal jeda jeniper, biasanya kalau saya begini: jeniper itu persis saat bangun tidur. Sedangkan sarbu nya setelah jam 6 an lah. Jeda antara jeniper dan sarbu pertama, manfaatkan untuk minum air semampunya.

    Suka

  14. Bismillah insyaAllah bsk dilanjutkan lagi jenipernya, td pagi sya skip. Iya mbak say sdh pernah baca ttg sarapan buah yg berulang di blog mbk. Terima kasih ya mbk, jngan bosen jawab ya kalo saya banyak tanya hi3

    Suka

  15. Upps…komen yg ini kenafa masuk spam ya, jadi telat ngresponnya. Stroberi oke2 ajasih mbak. tapi kalau rada khawatir boleh dimakan pada ronde kedua atau tiga dst, bukan pada ronde pertama😀 Kalo kuatir lagi, lempar saya juga boleh stroberinya😀

    Suka

  16. He3 adakah stroberi virtual yg bs dilempar via jaringan internet?? *bercanda. Mbak kalo konsumsi madu ada saran sebaiknya diminum saat apa? Ada gak sih mbak yg jual madu benar2 asli, yg katanya kalo diaruh freezer gak beku juga gak dirubung semut?

    Suka

  17. Madu emang susah2 gampang milihnya. Pernah dapet info,kalau madu sebaiknya pilih yg raw. Raw honey biasana di toko2 organik gitu ada. rada mihill tapinya. Kalo buat penggunaannya sih tetep jangan tiap hari. Kalau aku sesekali buat pemanis teh herbal diminum sore hari. Dibuat dressing salad juga yummy lo, campur sama EVOO dan lemon. Sgerrr

    Suka

  18. Mbak, mau nanya, klo untuk sarapan ada buah2 yang tidak dianjurkan untuk dimakan pertama, buah apa aja ya Mbak? Saya lupa…seingat saya jeruk, pisang, apalagi ya…?trm ksh byk sebelumnya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s