Catatan Tentang Food Combining : Berbagi Pengalaman Pola makan Sehat

tengok2berhadiah

Dalam hal blogging, tahun 2014 ini menjadi tahun yang sangat penting bagi saya. Sejak di akhir tahun lalu saya bergabung dengan dua komunitas blogger di Indonesia, sejak awal 2014 saya menetapkan hati untuk menseriusi kegiatan blogging.

Fokus tetap ke tulisan-tulisan dengan tema lingkungan dan kesehatan? Mengapa? Karena keduanya menurut saya sangat berhubungan dan keduanya adalah passion saya dan berhubungan dengan pekerjaan saya di dunia nyata.

Untuk tulisan-tulisan dengan tema kesehatan, saya sangat sering menulis tentang food combining (FC). Alasan pertama, FC sangat serasi dengan alam, mengutamakan konsumsi makanan alami dan juga memperhitungkan proses-proses alami yang berlangsung di dalam tubuh.

fc

Salah satu tulisan tentang FC yang cukup berkesan bagi saya adalah Catatan Tentang Food Combining. Tulisan ini memuat ulasan yang cukup lengkap dan mendasar tentang food combining.  Ada cerita menarik di balik penulisan artikel ini. Sebenarnya, setahun lalu saya dalam proses penulisan sebuah buku yang juga bertema FC. Rencananya buku ini akan diterbitkan dalam bentuk e-book. Tadinya saya tidak pernah berpikir untuk menulis tentang FC di blog.

Lalu kemudian “nasib” draft buku itu membuat saya sedikit frustasi. Enggak jelas. Dan kemudian saya berpikir. Mengapa tak saya tulis saja artikel tentang food combining di blog. Toh, pasti ada yang membaca dan sedikit banyak akan membawa manfaat. Maka saya buat tulisan ini. sebentar saja proses penulisannya, karena intinya artikel ini sebenarnya hanya menjelaskan teori yang mendasari FC plus sedikit cerita awal perkenalan saya dengan FC.

Sepanjang tahun 2014, saya rasa ini tulisan yang paling berkesan. Mengapa tulisan ini berkesan? Dari segi hits, tulisan ini memang termasuk yang cukup bagus di blog saya. Hingga saat ini setiap harinya masih rutin “menyumbang” kunjungan ke blog. Tulisan ini juga nangkring di halaman pertama pencarian dengan kata kunci “food combining”. Namun sejujurnya, itu semua bukanlah hal yang  menjadikan artikel ini berkesan buat saya.

Pasca publish tulisan ini, ada saja teman yang mengontak saya via komen di blog, atau lewat akun sosmed bahkan  telepon, mereka menanyakan lebih lanjut tentang FC. Bahkan ada teman yang setiap hari meng-inbox menu makannya untuk saya cek dan beri masukan, apakah sudah sesuai dengan teori FC. Bahagianya, karena ternyata tulisan ini bukan sekedar dibaca, tetapi sudah dipraktekkan.

Banyaknya pertanyaan yang sering masuk, memacu saya untuk makin memperdalam food combining. Saya belajar melalui buku-buku dan juga berdiskusi langsung dengan pakar-pakarnya, melalui sebuah group pelaku pola makan sehat di FB.

Banyaknya pembaca tulisan ini dan membuat saya beberapa kali membuat revisi kecil-kecilan dalam tulisan ini. Tujuannya agar tulisan tidak sampai multitafsir dan dipahami dengan benar.

Saat menulis ini pengetahuan blogging saya masih sangat cethek. Asal saja comot foto, emang sih sudah dengan penyebutan sumbernya. Etapi ngeri juga. Nah, foto ini akhirnya saya turunkan dari postingan. Lalu saya ganti dengan foto milik saya sendiri. Meski tak secantik foto sebelumnya, setidaknya foto itu lumayan, enggak burem.

Puas? Belumlah. Tahun depan saya akan menulis lebih banyak lagi artikel tentang food combining.  Saya ingin makin banyak orang peduli betapa pentingnya menjaga pola makan yang sehat.

“Postingan ini diikut sertakan dalam lomba tengok-tengok blog sendiri berhadiah, yang diselenggarakan oleh blog The Ordinary Trainer”

5 tanggapan untuk “Catatan Tentang Food Combining : Berbagi Pengalaman Pola makan Sehat

Tinggalkan Balasan

