Ngebolang Bersama Kalian, Kado Terindah Buat Bunda

Kereta Ekonomi Logawa mulai meninggalkan stasiun Rambipuji, kami mulai memberesi barang-barang yang sempat kami keluarkan selama perjalanan. Bekal makanan-minuman, charger, gadget, semua dimasukkan kembali ke dalam ransel-ransel kami. Stasiun Besar Jember hanya tinggal beberapa menit perjalanan lagi. 31 Desember 2014, akhir perjalanan liburan kami tahun ini, menutup dengan manis dan sungguh sempurna, tahun yang penuh perjuangan ini.

Sebenarnya, liburan akhir tahun sudah menjadi tradisi keluarga kami, beberapa tahun terakhir. Namun menjadi sedikit berbeda tahun ini karena si kakak ngotot menginginkan bepergian dengan naik kereta api. Okelah, Kak kita backpacking yuuu….

Biasanya sih, kami pergi dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dan sungguh tidak menyesal memilih perjalanan ala backpacker kali ini. Meski jujur, rasanya badan remuk akibat kesana-kemari nggembol bacpack nan berat, namun pengalaman ini,suer, sungguh seru!

Saya melihat anak-anak menikmati perjalanan yang tidak biasa ini. Mereka relatif mudah beradaptasi dengan berbagai keadaan. Bahkan sering anak-anak menunjukkan kedewasaan, misalkan saat kakak menegur seorang penumpang yang tidak tertib antre. Atau saat dia dengan gaya ngemongnya mengarahkan seorang anak yang lebih kecil untuk buang sampah di tempatnya. Bagi saya, sebagai bunda,ini hal luar biasa. Pengalaman baru dan banyak  hal-hal menakjubkan. Boleh dibilang inilah kado terindah sepanjang tahun 2014 lalu.

Nglesot Di Sembarang Tempatpun Okelah
Nglesot Di Sembarang Tempatpun Okelah
"Adik capek, bobo sini dik ..."
“Adik capek, bobo sini dik …”

Well bicara soal kado, sebenarnya saya jarang mendapat kado berupa barang. Makanya pas Pungky alias Makandy, Srikandi blogger 2014 ngadain GA dan harus menulis tentang kado dan ada hubungan dengan pengiriman, deuhhh…saya galau banget. Gimana enggak galau coba, dia pake ngancem kalo kaga ikut kaga temenan katanya. Duhh…jadi berhar-hari saya bertapa mencari wangsit. Dan akhirnya ketemulah celahnya. Ha..ha….

Sekarang saya terusin dulu cerita backpackeran saya bersama keluarga ya😀 awalnya, pada bulan November tahun 2014 lalu saya harus menghadiri sebuah acara dinas di Jogja. Dan terpaksa saya menggunakan transportasi kereta api, karena travel langganan ternyata sudah gulung tikar.

Nah, gara-gara ini, kaka asa, anak lanang saya yang pertama merasa iri.

“Aku lo belum pernah naik kereta, Bunda sih enak naik kereta”.

Dan buntutnya si sulung ini keukeh bahwa kami harus naik kereta nanti pas perjalanan liburan akhir tahun. Ya udah, di OK in aja. Karena memang anak-anak belum pernah naik kereta. Kami pikir akan sangat bagus memberikan pengalaman baru pada anak-anak dengan naik kereta api. Apalagi tarif kereta juga sangat murah dan naik kereta saat ini bisa dibilang cukup nyaman.

Liburan akhir tahun memang menjadi kebiasaan kami sekeluarga beberapa tahun ini, niat utamanya adalah untuk menengok ibu mertua saya di semarang. Namun biasanya perjalanan itu, agar terasa optimal benefitnya juga kami selingi dengan perjalanan wisata ke kota-kota dekat semarang. Jogja misalnya. Nah, tujuan kami tahun ini adalah Solo, lalu semarang dan mampir ke Jogja nanti sebelum kembali ke Jawa Timur.

Hari ngebolang tiba. Kami semua membawa ransel. Tentu saja backpack milik anak-anak hanya diisi secukupnya, sekuatnya mereka membawa. Jadi ransel dik Rani dan kak Asa hanya berisi dua stel pakaian, beberapa buku, mainan, cemilan dan air minum dalam botol 600 ml.

Kami memulai perjalanan di Stasiun Jember. Stasiun di Bondowoso udah lama mati. Enggak ada kereta yang melewatinya, hanya aktifitas ticketting aja yang ada di sini. Dan, Uuuu lalaaa….. namanya juga pengalaman pertama, betapa antusiasnya si kaka begitu melihat kereta Sritanjung tiba.

“Itu….itu keretanya. Duuuh aku sennneng banget mau naik kereta! “ Teriaknya berkali-kali dengan sangat bersemangat, hingga hampir semua orang yang ada di ruang tunggu stasiun melihat ke arah kami. Hi..hi…

Kami berada di Solo dua hari. Mengunjungi keraton, kampung batik solo dan kampung batik laweyan. Tak begitu banyak objek yang bisa kami kunjungi. Karena kami harus memperhitungkan kekuatan anak-anak. Ya, karena ini kali pertama mereka kudu berwisata dengan lebih banyak berjalan kaki dan menumpang kendaraan umum.

Seusai Solo, kami menuju Semarang dengan bus. Semarang menjadi tujuan utama perjalanan kami setiap tahunnya. Karena tujuan utamanya memang menengok ibu mertua. Di semarang juga kami mengunjungi beberapa tempat seperti simpang lima dan masjid agung jawa tengah juga menyempatkan bersilaturrahim dg beberapa kawan lama. Memang lebih banyak di rumah mertua, karena memang tujuannya mengunjungi mertua ya. Jadi gak lucu kalau beliau malah kami tinggal-tinggal ngelayap melulu. Hi…hi…

Setelah berada di  Semarang 5 hari kami melanjutkan perjalanan ke Jogja. Dengan kereta lagi doong. Semarang Solo dengan kereta kalijaga, disambung solo-jogja dengan Prambanan Expres. Pokoknya puas deh ber-jug-gijag-gujug. Hahayyyy…. Si Kaka juga hatinya senang, karena sepanjang perjalanan liburan ini kami sangat banyak menggunakan kendaraan umum. Pas di Semarang aja kadang pakai motor punya kaka ipar. Memang dari kecil si kakak asa ini sangat menaruh minat pada transportasi umum.

Oh ya, waktu di solo, saya sedikit kalap belanja. Suer… mengunjungi dua kampung batik di sana, Laweyan dan Kauman benar-benar membuat kalap. Habis batiknya cantik-cantik, suasana butiknya juga asyik dan petugas yang ramah-ramah. Apalagi juga si ayah selalu oke bahkan seperti mendorong saya untuk membeli batik-batik yang saya taksir.

Nah, ini membuat ransel makin berat. Sehingga si ayah kerepotan membawanya. Ahh….untungnya sekarang banyak jasa pengiriman ya. Tak susah pula mencarinya. Akhirnya semua belanjaan kami pack saja dan kami kirim pulang duluan ke rumah. Ha..ha… lumayanlah 7 kiloan beban berkurang sudah. Ransel ayah jadi tak terlalu berat lagi. Tengkiu ya ayah… ngebolang akhir tahun lalu, benar-benar kado terindah.

banner_pungky

10 tanggapan untuk “Ngebolang Bersama Kalian, Kado Terindah Buat Bunda

  1. Ha….ha…. aku kado tape aja mau mas? Sepertinya iya, stasiun udah berbenah aku lihat. mungkin tunggu tanggal mainnya aja mas. semoga😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s