Bondowoso Writing Community, Sinergi Untuk Bondowoso Lebih Baik

Perjumpaan Pertama Yang Menyalakan Semangat

Perjumpaan Pertama Yang Menyalakan Semangat, Foto: Muhammad Rasyid Ridho

 

Sebenarnya sudah sekitar dua tahun terakhir saya mendengar tentang keberadaan komunitas ini di Bondowoso, kota kecil berjuluk kota tape atau kota pensiunan ini. Namun saya tidak terlalu ngeh apa kegiatannya dan juga belum pernah sekalipun bergabung dalam kegiatan-kegiatannya. Cerita tentang komunitas ini saya dapat dari suami saya yang kebetulan di sosmed berteman dengan Risky, sang founder komunitas.

Lalu tetiba beberapa minggu lalu, suami mengajak untuk join di event pertama Bondowoso Writing Community di Paseban Alun-alun Bondowoso. Kamipun menghadiri acara tersebut. Acara yang dihadiri sekitar 15 pecinta literasi itu diisi ngobrol-ngobrol santai, menceritakan aktifitas masing-masing sehubungan dengan dunia literasi, dan berbagi ide-ide ke depan. Dari situ saya jadi tahu, luar biasa potensi yang dimiliki teman-teman pecinta literasi se kota saya ini. Ada Mbak Risky, sang founder yang menulis, sekaligus menggeluti dunia penerbitan indie. Ada juga Pak Dwi, Pensiunan PNS yang pernah menjabat kepala Dinas Perikanan Bondowoso, yang hingga kini masih aktif nge-blog. Ada Mbak Pipiet yang spesialis genre horor. Dan yang keren juga nih, Mas Muhammad Rasyid Ridho yang menekuni dunia review, Beliau sangat aktif mereview di blog maupun media cetak. Ada juga rekan mantan jurnalis Jawa Pos yang memiliki program literasi untuk sekolah-sekolah di desa-desa terpencil di Bondowoso. Wahh…. saya rasanya bersemangat.

Ini yang selalu kami (saya dan suami) yakini selama ini. Bahwa, ada saatnya, orang-orang bervisi sama akan dipertemukan. Meski jujur sempat dulu kami pesimis, di kota kecil ini, dengan siapa kami bisa berjejaring. Sekarang jalan makin terlihat.

Dalam kesempatan tersebut pula disepakati pertemuan dua minggu ke depan akan diisi bedah buku terbaru saya. Wahhh saya kena dapuk pertama nih… ha..ha… gak papa, saya siap!

Perjumpaan Kedua

Perjumpaan Kedua

Nah, pada pertemuan kedua ini saya menceritakan proses penulisan hingga terbitnya buku Food Combining Pola Makan Sehat, Enak dan Mudah. Suasanyanya seru banget, mungkin saking semangatnya saya berbagi bagaimana perjuangan, jungkir baliknya menerbitkan buku solo pertama ini. dan, ini juga disambut antusiasme teman-teman lainnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas sedikit rencana ke depan mengenai penerbitan buku. Diskusi tentang penerbitan buku berlanjut pula di grup facebook. Rencananya dalam waktu dekat kami akan menerbikan sebuah buku tentang penulisan, yang rencananya pula buku ini akan digunakan salah satunya sebagai bahan acuan pelatihan-pelatihan kepenulisan nantinya. Semoga buku ini nanti proses penulisan hingga penerbitannya dilancarkan Allah, dan diberkahi hingga membawa kebaikan terutama bagi kemajuan dunia literasi di Bondowoso.

Oh ya, buku ini juga nantinya akan digunakan untuk membiayai kegiatan Bondowoso Writng Community, ke depannya. Kegiatan lainnya? kami masih memiliki banyak agenda ke depan. Semoga kelak satu persatu dapat terealisasi. Kalau saya pribadi sih, sangat optimis. Saya lihat teman-temanpun memiliki semangat yang sama besarnya. Insyaa Allah nantinya semua akan berjalan baik, ya teman. Bondowoso Writing Community, BISA!!

*BISA saya kapital semua, sebagai penekanan dan pengingat khususnya bagi diri saya sendiri

 

 

3 respons untuk ‘Bondowoso Writing Community, Sinergi Untuk Bondowoso Lebih Baik

  1. ohna2s berkata:

    Wah kapan nih, mbak? Sukses buat komunitas menulis di Bondowoso ini, mbak. Dan apa yang diharapakan… BISA!! Untuk Bondowoso lebih baik.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s