ASUS ZenPad C 7.0. Untuk Aktifitas Sehari-hari Emak Multitasking

Gambar ASUS 1

Di zaman serba digital ini, rasanya kehadiran gadget semakin tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat modern. Saya termasuk salah satunya. Banyak hal yang saya kerjakan dengan bantuan gadget. Mulai yang berhubungan dengan pekerjaan, sosial, hingga sekadar hepi-hepi me-refresh diri yang penat.

Untuk urusan gadget, sejak lama saya menjadi pecinta ASUS. Mulai dari laptop, notebook, smartphone, hingga powerbank-nya semua ASUS punya. Jatuh cinta sama ASUS sejak tahun 2011 an. Wah… ternyata sudah lama juga saya pakai ASUS. Sebagai emak multitasking ASUS menjadi andalan saya karena performanya yang sangat memuaskan.

Sebenarnya baru beberapa bulan lalu saya beli (tepatnya dibelikan) ASUS Zenphone. Tapi sepertinya sedang lirik-lirik tab juga nih, untuk lebih menunjang segala aktifitas keseharian saya. Saya termasuk tipe yang agak pemilih juga dalam urusan membeli sesuatu, apalagi gadget. Setiap membeli gadget, yang sangat saya perhitungkan adalah durability-nya. Iya, saya tidak suka menjual barang yang sudah saya pakai. Jadi biasanya semua gadget yang saya miliki akan saya pakai sampai benar-benar rusak. Belum pernah saya jual gadget untuk membeli lagi type yang lebih baru.

Saya Dan Gadget

Jadi, seperti apa tab yang saya inginkan? Pastinya yang optimal dalam men-support aktifitas saya. Apa saja?

Aktifitas di kantor – Well, sebagai seorang PNS aktifitas kantor yang berhubungan dengan gadget sebenarnya hanya seputar telepon, sms, WA, BBM plus jalur-jalur komunikasi yang lain semisal email untuk membantu saya terhubung dengan atasan, staf, rekan kerja lainnya, kapanpun dan dimanapun saya berada.

Tantangannya adalah, saya seringkali harus berada di lapangan, misalnya untuk sampling di sungai atau memonitor limbah dari sumber industri. Saat seperti itu membuat saya butuh gadget yang mendukung penggunaan di luar ruangan. Maksudnya? Salah satunya adalah keterbacaannya di luar ruangan. Pernah kan, mengalami kesulitan membaca pesan di luar ruangan karena silau?

Blogging, sejak dua tahun terakhir, aktifitas blogging saya makin intens. Sehubungan dengan aktifitas blogging ini saya juga membutuhkan gadget yang tangguh, yang bisa di-instal banyak aplikasi misal untuk edit foto dan bikin kolase masih ditambah aplikasi ini-itu, tanpa hang atau rewel. Plus, perangkat yang saya pakai juga harus memiliki kecepatan tinggi, kaya nyonyanya yang harus pencolotan sana-sini. Jadi kalau saya milih gadget, dia harus anti lola no lambretta. Pokoknya wuss…wass wus. Kenapa? Karena saya banyak bermultitasking. Blogging atau menulis draft buku saya lakoni di sela-sela break kantor atau kapanpun ada waktu senggang. Artinya, sebenarnya tidak bayak waktu tersedia. Nah, dengan waktu yang sempit itu, saya dituntut tetap produktif. Jadi perangkat yang handal, tangguh, dan cepat is a must!

Bisnis – Bisnis yang saya bangun bersama suami sejak 5 tahun lalu, adalah di bidang kesehatan. Tepatnya kami menjual produk herbal impor. Nah, untuk aktfifitas ini saya membutuhkan komunikasi yang lancar baik dengan kantor pusat maupun kantor-kantor pewakilan, dan tentu saja juga dengan member dan konsumen.

Konsumen biasanya mengkonsultasikan kondisi kesehatannya via telepon. Nah, di sini saya sangat-sangat membutuhkan fungsi audio yang jernih. Kesalahan saya menangkap pembicaraan konsumen bisa berakibat fatal. Iya kan?

Komunikasi lainnya biasanya membutuhkan koneksi internet. Saat ini makin banyak konsumen yang lebih suka berkomunikasi via WA, misalnya. Komunikasi dengan kantor pusat juga biasaya dengan internet. Begitu juga dengan memonitor perkembangan bisnis, hanya diujung jari, tinggal buka virtual office. Jadi, kehilangan akses internet bisa jadi hilangnya kesempatan bisnis bagi saya. Di, sini, sekali lagi, saya membutuhkan kecepatan dan kehandalan sebuah perangkat.

Bersosialita – Di sela-sela aktifitas yang padat, tak lupa merawat hubungan dengan teman-teman, baik melalui berbagai social media maupun berbagai grup WA, BBM, dsb. Gadget yang tangguh juga sangat dibutuhkan di sini. Yaelah? Segitunya?

Iyalah. Tahu kan kalau sudah ngobrol gayeng, grup itu suka lupa daratan. Begitu aktifnya, sehingga ada ribuan chat dalam beberapa menit saja. dan sering terjadi gadget teman saya hang karenanya. Candaan teman sih, “gadgetnya butuh parasetamol, karena demam!” Alhamdulillh ini belum pernah terjadi pada smartphone ASUS yang saya gunakan. Jadi, nanti cari tab juga kudu yang handal.

Oh iya, rasanya dalam bersosialita, ketersediaan kamera yang cukup oke juga bisa mendukung. Kadang kan tiba-tiba ada hal menarik yang kita temui yang rasanya ingin di share. Apalagi momen misalnya tiba-tiba ketemu teman lama, dan rasanya harusssss foto bareng. Sebab, katanya no pict = hoax. Gak harus bagus-bagus amat seperti foto photographer professional sih, yang penting fotonya cukup enak dilihat, sudah cukuplah!

Musik – Musik hampir tak bisa dipisahkan dari diri saya. Mendengar musik bisa menjadikan mood lebih baik. Yah… saya terhitung susah move on untuk urusan musik. Kesukaan masih saja seputar Nirvana, Metallica, Gun’s And Roses, Bon Jovi. Aduhh… jadi ketahuan umur! Dan, musik-musik mereka itu akan sangat mantap ngejeger jika diputar dengan audio yang mantap pula! Bikin semangat balik lagi! Mendengarkan lantunan Al Qur’an dari Syaikh As Sudais juga rasanya akan makin syahdu jika audionya bening dan mantap. Jadi bisa betah lama-lama menyimak sambil juga menghafal.

Pertimbangan Lainnya

Selain menyesuaikan dengan kebutuhan saya sesuai aktifitas, dalam memilih gadget juga ada beberapa poin tambahan yang menjadi pertimbangan.

Harga – Saya selalu mempertimbangkan faktor ini. Berapa nominal yang saya anggarkan, biasanya selalu saya perhitungkan berdasarkan spek, harga pasar dan kemampuan kantong. Tapi juga bukan berarti saya suka beli barang murah, lho. Pokoknya yang realistis. Misalnya kalau bisa dapat harga 2 juta dengan spek xyz, ngapain bayar lebih untuk spek yang sama.

Tampilan – Ini sebenarnya faktor paling akhir yang saya pertimbangkan. Saya jauh lebih suka barang yang handal dan awet meski tampilannya standar, daripada yang penampilan gaya tapi pefomanya enggak ok. Nah, tapi… namanya juga perempuan, tentu saya akan mudah jatuh cinta pada barang berkualitas plus tampilan gaya.

Kenalan Dengan ASUS ZenPad C 7.0.

Nah, tahu ASUS punya produk tab, kudu lah rasanya cari-cari tahu seperti apakah gerangan spesifikasinya. Jadi ngopreklah isi internet buat tahu seperti apa sih si ASUS ZenPad, cocokkah dengan kebutuhan saya? Kabarnya sih tab 7 inchi ini menggunakan sistem operasi android 5.0 lollipop dengan prosesor Intel Atomx3-C3230 Quad-Core 64-bit, menjanjikan performa oke dan hemat energi.

Yuk kita lihat satu persatu detilnya. Kalau memang iya, ntar kan tinggal kasih kode-kode ke Pak suami. He..he…

Seperti inilah spesifikasi ASUS ZenPad C 7.0.

Prosesor Intel® Atom™ x3-C3230 Quad-Core, 64bit

 

Sistem Operasi

 

Tablet: Android 5.0 (Lollipop)
Display    7″ LED Backlight WSVGA (1024×600) Screen
IPS Panel
10 finger multi-touch support
Anti-fingerprint coating
Full lamination
Memori 32-bit Single Channel LPDDR1 1GB RAM
Storage

 

8GB *1
5GB Life Time ASUS Webstorage Space
; with an additional 11 GB for 1 year(s)
Network Standard 2G :*1
EDGE/GPRS/GSM :
900MHz/1800MHz
3G :*1
WCDMA :
900MHz/2100MHz
Wireless Data Network WLAN802.11 b/g/n
Bluetooth V4.0
Support Miracast
Kamera 0.3 MP Front Camera
2 MP Rear Camera *1
Large f2.4 aperture. (rear camera)
Audio

 

1 x Front Speaker with DTS HD Premium Sound, Supports aptX®

·

Interface

 

2 x Micro USB
1 × 2-in-1 Audio Jack (Headphone / Mic-in)
1 x Micro SD Card Reader, sampai 128GB SDHC
2 x Micro SIM tray
Sensor G-Sensor
Baterai 8 jam usia baterai; 13Wh Li-polymer baterai 3450mAh*3
Navigation GPS, GLONASS & AGPS
Pilihan Warna Obsidian Black, Pearl White, Aurora Metallic dan Glamour Red
Dimensi 189 x 108 x 8.4 mm (LxWxH)*5
Berat

 

265 g

Gadget yang mendukung penggunaan di luar ruangan

Coba kita cek. Ternyata ASUS ZenPad menggunakan sensor cahaya dengan teknologi Tru2Life yang bisa menyesuaikan kecerahan screen dengan kondisi cahaya sekitar. Sehingga di luar ruanganpun  tampilan tetap jernih dan terlihat nyata. Nah, satu poin cocok! Ini artinya saya tetap bisa bekerja nyaman saat di luar ruangan. Ah… jadi bayangin, nunggu sampling di pinggir kali sambil balas-balas mesej. Produktif deh!

Salah satu yang menurut saya menjadi nilai tambah adalah adanya fitur ASUS Bluelight Filter. Nah, ini cocok banget dah. Kemampuannya mengurangi kelelahan pada mata dan membuat penglihatan lebih nyaman dengan mengurangi emisi cahaya biru dari layar tanpa memengaruhi warna lain. Ini bisa menambah kenyamanan saya dalam bekerja. Apalagi sebagian besar dari waktu kerja saya adalah di depan perangkat komputer, laptop, tab, dll.

Handal, tangguh, dan cepat

Seperti apa sih spesifikasi gadget yang bisa memenuhi kebutuhan saya akan perangkat yang handal,  tangguh, dan cepat. Sungguh, saya tidak terlalu ngeh soal ini. makanya saya browsing plus coba tanya pada Pak bojo dan Fendi. Fendi ini yunior saya di kantor yang side jobnya adalah pebisnis gadget. Keduanya kompak, menurut mereka, dengan prosesor  Intel Atomx3-C3230 Quad-Core 64-bit plus juga dengan RAM 1 GB, perangkat ini akan dapat memenuhi kebutuhan saya akan gadget yang handal, tangguh dan cepat. Dua poin cocok! Good!

Kamera yang ok

Sekarang kita tengok kameranya ASUS ZenPad C 7.0. Kamera belakangnya yang 2 MP, sekilas tampaknya biasa saja. Namun tunggu dulu sampai kita lihat fiturnya ya. Dan juga jangan lupa nanti kita bandingkan dengan harganya juga.

Kamera pada ASUS ZenPad C 7.0 ini menggunakan teknologi PixelMaster yang disertai HDR untuk keseimbangan cahaya. Juga meningkatkan kecerahan dan detail dari area bayangan. HDR membuat foto yang diambil persis terlihat seperti yang kita lihat.

Kualitas Foto Yang Cukup Oke
Kualitas Foto Yang Cukup Oke

Oya, untuk urusan kamera, ada satu nilai plus yakni Zero shutter lag. Dengannya, kita bisa menangkap momen yang terkadang hanya sekelebatan saja. Selain itu, layaknya gadget masa kini yang mengikuti kebutuhan berekspresi, salah satunya soal selfie. Ada fitur Beautification yang mudah dipakai dan real-time. Fasilitas ini bikin foto-foto wajah kita lebih perfect ya. Ok, tiga poin cocok!

Instal banyak aplikasi tanpa hang

Gadget tanpa aplikasi? Hmmm… sepertinya zaman sekarang ini gak mungkin deh. Segala macam pakai aplikasi, dari sosmed, edit foto hingga pesan hotel. Kalau melihat RAM nya yang 1GB, rasanya saya bisa banyak berharap terhadap perangkat ini. Jadi empat poin cocok sekarang!

 

Audio yang mantap

Bagaimana dengan audio? ASUS ZenPad ternyata memiliki DTS-HD Premium Sound dan teknologi SonicMaster, sehingga menghasilkan kualitas suara terbaik. Dan ternyata ASUS ZenPad ini adalah tab pertama di dunia yang menggunakannya. Wow…eh jangan wow dulu. Ternyata untuk audio ini memang inovasinya keren banget. misalnya, nih.

DTS-HD_phone

SonicMaster di ASUS ZenPad yang bikin suara bening bahkan saat pakai headphone atau speaker. ada lagi ASUS Audio Cover yang meningkatkan volume suara sampai 6 kali lipat. Juga mampu bekerja sampai 6 jam hanya dengan sekali isi ulang. Audio Cover ini juga berfungsi sebagai penopang tab saat dipakai menonton (atau bekerja). Waaah bisa bikin suara musik ngejeger menghentak menambah semangat nih! Lima poin!

Harga

Naaaaah… ini poin yang sangat penting bagi emak-emak seperti saya. Sejak awal saya bertanya-tanya, dengan spek cukup mantap yanag udah kita lihat di atas, berapa sih harga ASUS ZenPad C 7.0? Tebakan saya sih, ini mainnya udah 3 jutaan, at least 2,5 lah. Eh, ternyata saya salah. Spek mantap hanya dibandrol sekitaran 1,7. Lagi, menurut Fendi, dengan harga segitu dapat spek demikain udah sangat mantap deh! Enam poin cocok, Great!

Tampilan

Gambar ASUS 5

Tampilan ini yang bikin saya jatuh cinta pada pandangan pertama pada ASUS ZenPad C 7.0. gaya banget! Apalagi setelah lihat speknya, dapat barang berpenampilan gaya seperti ini pasti sangat menyenangkan. Stylish dan mewah banget sih menurut saya. Desain simpel, bersih, dengan pattern kulit yang sungguh memukau. Pilihan warnanyapun banyak dan keren. Mulai dari Obsidian Black, Pearl White, Glamour Red, dan Aurora Metallic. Aaahhh…. saya naksir yang Aurora Metallic! Dan jadi tujuh poin sekarang. Perfect!

Jadi, bagaimana? Setelah melihat keseluruhan spek, fitur sampai faktor harga, tampaknya, ASUS ZenPad C 7.0. ini layak masuk dalam wishlist! Ah… semoga! *Kirim kode ke Pak Suami

Sumber data dan gambar :

https://www.asus.com/id

2 tanggapan untuk “ASUS ZenPad C 7.0. Untuk Aktifitas Sehari-hari Emak Multitasking

Tinggalkan Balasan

