Fun Blogging 7: Menguatkan Kembali Niat Blogging

Pas awal tahu Event keren Fun Blogging akan digelar di Surabaya, saya langsung minat banget untuk ikut. Cuma, rada galau juga, bisa enggak ya hadir? Bukan apa-apa, perjalanan Bondowoso-Surabaya cukup makan waktu. Kalau pakai travel (pilihan paling aman dan nyaman), biasa berangkat jam 5 pagi dan sampai jam 11-12 siang. Kalau acara selesai jam 4, dan travel biasanya pulang balik dari Surabaya jam 5-an sore, maka saya baru sampai kembali di rumah saat tengah malam.

Kalau pakai bus, makin berat lagi. Jam 4 atau 5 sore dari Surabaya, sampai Probolinggo saya akan ketinggalan bus terakhir yang bisa membawa saya ke Bondowoso. Pilihannya ambil bus jurusan Situbondo, sampai Besuki cari ojek. Wihhhh… saya ngeri aja kalau harus ngojek dari Besuki ke Bondowoso yang sekitar 30 Km-an, melewati Wringin Arak-arak yang naik turun, berkelok dan bisa dibilang daerah hutan.

Saya juga agak merasa bersalah pada anak-anak, karena akhir-akhir ini sering tugas dinas luar kota, anak-anak mulai protes. “Bunda kok pergi terus, sih?” Protes Raniah, si anak wedok. Tapi akhirnya, karena saya memandang sangat penting meng-up grade kemampuan blogging saya, maka saya putuskan harus berangkat! Tentu setelah mengantongi izin dari Pak Suami.

Dari Menulis Konten Yang Baik Hingga Optimasi Social Media

Tiba di Intiland tower, lokasi acara, sudah jelas saya terlambat. Untuk berangkat sehari sebelumnya pun tak memungkinkan karena berbagai kesibukan. Akhirnya saya tak dapat mengikuti materi Mbak Haya Aliya Zaki, secara utuh. Saat saya tiba, materi Mbak haya sudah sampai pada sesi tanya jawab. Sedikit kecewa memang, tapi inilah yang bisa saya upayakan. Maafkan saya ya Mbak Haya, Mbak Shinta dan Mbak Ani, bukan berarti keterlambatan saya karena saya “meremehkan”. Tapi inilah hasil upaya pol-polan.

Mbak Haya Aliya Zaki : Writing Great Content
Mbak Haya Aliya Zaki : Writing Great Content

Terlambat datang bukan berarti ketinggalan keriaan di tempat acara berlangsung. Lifetwit teman-teman yang telah hadir dan mengikuti acara, sungguh amat membantu. Terimakasih Tuhan telah menciptakan sang penemu twitter. Kicauan Mbak Eda salah satunya, yang sangat detil melaporkan jalannya acara dan materi di Intiland Tower.

Oh ya, satu hal yang sempat saya tangkap di bagian akhir materi Mbak Haya, saat Blogger sekaligus editor beken ini menayangkan quote dari Steve Martin : Be So Good. They can’t ignore you

Saya pikir di sinilah intinya, dan ini secara umum bisa berlaku dalam bidang apapun. Menulis dengan baik, tata bahasa yang baik, santun, itu harus! Tapi saya menangkap juga, hal non teknis, misalnya: be helpful, be humble. Ya, kalau kita sudah sangat baik bekerja dan bersikap, siapa mampu mencueki kita? Saya jadi ingat teori fisika yang pernah disampaikan suami saya, mestakung. Ketika sesuatu dilakukan dengan niat full, upaya full, maka semesta akan bergerak mendukung kita. Bukan hanya sesama manusia, tetapi juga segala sesuatu di alam raya ini.

Presentasi Dari mobil 123.com
Presentasi Dari mobil 123.com

Usai Mbak Haya, kini giliran sesi dari mobil 123.com, yang kemudian disambung break makan siang dan sholat. Saat antre wudhu di tempat wudhu di basement, sudah tentu seru dan ramai. Ngobrol dengan teman-teman blogger Surabaya, yang biasanya hanya bisa bersua di dunia maya. Sayangnya saya lupa enggak selfie dengan beberapa teman. Hanya satu dua teman blogger saja yang sempat berfoto bersama.

Advancing Your Blog Platform By Mbak Shinta Ries, Materi Yang Seru!
Advancing Your Blog Platform By Mbak Shinta Ries, Materi Yang Seru!

Usai ishoma, lanjut giliran materi Mbak Shinta. Ini nih, materi yang lumayan bikin prosesor di otak saya kudu rada kerja extra. Iya, jujur saya gaptek. Meski sebenarnya sebagian materi Mbak Shinta sudah berkali-kali diajarkan sama Suami saya, tapi dasar sayanya aja yang bikin itu materi nggak nyangkut-nyangkut. Tapi, kali ini suer deh! Saya janji bener-bener sampai rumah langsung practice, jadi bisa nempel di otak ilmunya.

 

 

Mbak Ani Berta, Banyak Sekali Tips Penting Soal Social Media DI Materi Beliau
Mbak Ani Berta, Banyak Sekali Tips Penting Soal Social Media DI Materi Beliau
Tampil Bertiga Di Akhir Acara
Tampil Bertiga Di Akhir Acara

Materi ketiga, giliran Mbak Ani Berta. Beliau menyampaikan materi yang berjudul Memaksimalkan Benefit Sosial Media. Di sini Mbak Ani tak hanya membahas soal blogingnya, tetapi juga pentingnya social media sebagai media berbagi infomasi, edukasi hingga networking, yang ujung-ujungnya juga sangat berkaitan dengan urusan blogging.

Materi sangat padat disini, Mbak Ani sangat murah hati berbagi pengalaman, tentang bagaimana mengoptimasi social media. Wah…senang, dapat banyak ilmu baru, dan makin semangat juga karena sebagian tips Mbak Ani ternyata sudah saya lakukan. Jadi makin yakin nih, “yeahh… aku udah di jalan yang benar!”

Poin Pentingnya Adalah ….

Beberapa hal yang sangat penting yang saya dapat dari Fun Blogging 7 ini, secara teknis, memang materi itu tidak dapat dipungkiri, sangat penting. Kita tidak bisa melakukan sesuatu secara sungguh-sungguh DENGAN CARA YANG SALAH, itu pasti ya. Bukan lagi zamannya sekadar working HARD tetapi kudu working SMART. Nah, di sini teknik sangat penting.

Tapi jujur, kalau bagi saya ada hal non teknisnya itu justru lebih penting. Iya, kita (lu aje kalik Mak, pake nyebut “kita”) sering KALAH duluan hanya karena persoalan mental. Keraguan-keraguan semacam: “apa iya blog bisa benar-benar menjadi profesi?”, “Apa iya saya bisa, saya kan bukan pakar?” dan hambatan-hambatan psikologis lainnya. saya memang sudah melewati masa ini, tetapi penguatan bagi saya sangat penting, supaya nyala ini tetap ada. Dan menghadiri FB 7 di Surabaya kemarin adalah penguatan yang saya butuhkan. Ini beberapa hal penting yang saya garis bawahi:

  1. I’m on the right track

Iya, ini semacam penegasan, bahwa secara umum apa yang saya lakukan sudah pada jalur yang benar. Tinggal jalan terus saja sambil meningkatkan upaya untuk sampai pada tujuan. Bagi saya, blogging membuka lebih banyak pintu-pintu kebaikan. Saya enggak ragu lagi #GoForIt

  1. Orang sukses itu humble

Bertemu 3 blogger yang sudah diakui kiprahnya, menguatkan satu hal : orang sukses itu humble! Dan orang sukses yang humble itu asyik! Ini menjadi pengingat buat saya. Stay humble… humble…humble…

  1. Please be helpful

Semakin naik branding kita, semakin banyak yang harus kita bantu buat orang lain. Jujur, ini sempat jadi pikiran saya. Beberapa saat sejak saya meluncurkan buku Food Combining dan aktif men-share tema food combining di blog, banyak sekali inbox masuk. Termasuk juga via WA, bbm, dll. Saya sangat senang menjawabnya, namun lama-kelamaan saya terbentur masalah waktu.

Menyimak materi Mbak Ani Berta, saya jadi lebih semangat lagi untuk bisa membantu lebih banyak lagi. Makin naik branding, makin diakui “kepakaran”, maka makin besar juga tanggung jawab terutama dalam hal meng-edukasi di bidang yang kita tekuni. Soal keterbatasan waktu nantinya bisa dicarikan solusinya ya. Entah mungkin dibuat katagori khusus di blog yang khusus membahas pertanyaan, sehingga saya juga selalu ada bahan postingan dan follower terjawab permasalahannya.

Bersama_FB7
Foto Bersama di Akhir Acara ( Image Courtessy, Shinta Ries)

 

selfie_Fotor_Collage
Narsis Gegayaan Sama Beberapa Teman Blogger (Kanan Foto Koleksi Mbak Ila Yatifa,Blogger Kota Tuban)

Lebih dari itu, di luar berbagai materi penting yang sudah didapat, ada sebuah kebahagiaan untuk bisa gathering dengan teman-teman blogger. Posisi geografis saya plus kesibukan saya sebagai PNS memang tidak memungkin saya bisa sering join di acara-acara blogger. Dan FB 7 ini adalah kesempatan pertama saya bisa bertemu, khususnya dengan blogger-blogger Surabaya yang biasanya hanya bisa saya sapa di blog atau medsos mereka. So, bertemu mereka adalah hal yang sangat menyenangkan. Enggak terasa, deh capeknya 14 jam PP “terlempar-lempar” di atas mobil travel.

 

7 tanggapan untuk “Fun Blogging 7: Menguatkan Kembali Niat Blogging

  1. Ha..ha…iya Mbak. Meski cuma sak nyuk an, dan akupun lupa gak poto2 denganmu Mbak. Kapan-kapan kita harus ketemu lagi nih😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s