Jual Beli Mobil Lebih Aman Dan Mudah Dengan Portal Otomotif Nomor Satu

 

Pilih mobil bak pilih jodoh, begitu kata banyak orang. Salah pilih, menyesal kemudian. Teman-teman ada yang pernah mengalami salah pilih mobil? Saya pernah. Rasanya? Nyesek! Bukan hanya soal jebolnya dompet akibat membeli sesuatu di atas harga umumnya, tapi ini kan sudah berkaitan dengan keselamatan dan kenyamanan kita sekeluarga, ya nggak?

Karena pengalaman itulah, saya dan suami memutuskan lebih selektif jika nanti ada rezeki membeli mobil baru lagi. Pak suami malah sudah sejak berbulan-bulan lalu browsing dan nonton review di youtube untuk memilih kira-kira mobil apa yang nanti akan menggantikan tugas si ijo, kijang tua yang setia mengantar kami.

Belajar dari kesalahan, ada beberapa tips simpel ala saya, bagaimana memilih mobil. Tujuannya agar kita bisa memilih dengan tepat sesuai anggaran, kondisi, serta kebutuhan kita.

Tetapkan anggaran – putuskan berapa dana yang Anda sediakan, dan patuhilah!

Buat list kebutuhan dan keinginan – tulis kebutuhan Anda, misalnya: mesin yang bandel, ruang yang lega, faktor keamanan yang oke, dan lain sebagainya.

Buat skala prioritas – sekarang saatnya tetapkan skala prioritas, misalkan prioritas utama pada kehandalan mesin dan keamanan.

Tentukan pilihan – nah, berdasarkan anggaran dan prioritas yang sudah dibuat, tentukan mobil pilihan Anda.

Di dunia serba digital ini, cari-cari mobilpun “hanya” tinggal pakai ujung jari saja. Tinggal ketik apa yang kita mau, lalu semua tersaji di hadapan kita. Nah, pas banget, saat Fun Blogging 7 di Surabaya ternyata ada juga presentasi dari Mobil123.com. Menurut paparan waktu itu, mobil123.com ini adalah portal otomotif terbesar di Indonesia. Jaringannya pun sudah ada di 6 negara ASEAN termasuk di Indonesia. Lalu seperti biasa, kepo lah saya, langsung meluncur ke web nya. Meski … ehmmm… duit buat mobil baru juga belum ngumpul sih, tidak ada salahnya punya banyak informasi sebelumnya. Ya kan?

Bagi yang sedang cari-cari mobil, portal ini memudahkan banget. Portal ini mempertemukan pembeli dan penjual yang terpercaya di dalam satu platform, dengan jumlah listing terbesar di Indonesia (lebih dari 200.000 listing kendaraan) dan dikunjungi 1.5 juta orang pencari maupun calon pembeli kendaraan.

Untuk mencari mobil sesuai kebutuhan kita, tinggal membuat pencarian yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kita. Kita bisa mencari menurut jenis atau merk mobil, jenis body mobil, kondisi mobil, dan lain sebagainya.

Untuk memberi gambaran lebih jelas, saya mencoba melakukan pencarian berdasarkan jenis mobil yang sedang ditaksir Pak Suami nih.

mobil123 pencarian

Nah, setelah entry sesuai keinginan, lalu klik “Cek Harga”, langsung muncullah informasi seperti berikut ini:

mobil123 hasil pencarian

Kita bisa juga memilih berdasarkan harga. Tinggal klik saja, mau harga terendah, harga rata-rata, atau harga tertinggi? Semua ada di ujung jari saja! Nah, ini hasil pencarian berdasar harga:

mobil123 hasilpencarian berdasar harga

Mau lebih spesifik lagi, juga bisa. Monggo saja, kita bisa pertajam pencarian kita di sidebar bagian kiri web, seperti gambar di bawah ini. Di situ kita bisa lebih spesifik mencari berdasarkan lokasi, katagori seller, warna mobil, tahun pembuatan, dll.

Oya, untuk memanfaatkan lebih optimal portal ini, menurut saya lebih afdolnya jika sekaligus join. Cara joinnya juga mudah saja, bahkan bisa juga via facebook, lo! Nih, saya udah coba join.

1mobil123 pendaftaran

mobil123 join member

Oh ya, masih belum punya jenis mobil gebetan? Galau karena saat ini begitu banyak jenis dan merk ditawarkan? Atau enggak pe de memilih lantaran merasa tak cukup pengalaman dalam hal otomotif? Tenaaaang, ini saya banget, nih!

Fitur favorit saya di mobil123.com adalah komparasi mobil. Buat orang-orang seperti saya, fitur ini benar-benar membantu! Di sini, kita bisa bandingkan beberapa jenis mobil yang berbeda, lalu kita bisa mudah memilih mana jagoan kita. Paling gampang, ya lihat harga dan rating expertnya. Kalau mau sedikit lebih pertimbangannya, bisa juga lihat spesifikasi lainnya. Di sini saya coba komparasi mobil jagoannya Pak Suami dengan jenis mobil yang penah jadi jagoan saya. Hasilnya begini:

mobil123Fitur Komparasi

Nah, gampangnya, saya lihat ratingnya. Ternyata rating jagoan pak suami lebih tinggi, euy! Lalu, saya lihat harganya. Yaelah… emak-emak banget ya? Normal! Jagoan suami yang ratingnya lebih tinggi ternyat harganya masih lebih ramah daripada mobil pembandingnya. Sampai sini, sepertinya sudah terlihat, yang mana bakal dipilih. Bagaimana, kalau teman-teman kira-kira pilih yang mana ya?

Lalu, kalau misalnya kita bukannya mencari atau mau membeli mobil, melainkan mau jual? Oh.. gampang juga. Disini sistem pembayaran iklannya dengan menggunakan poin. Jadi saat masuk ke akun, di sebelah kiri ada sidebar, klik saja bagian poin. Anda bisa beli poin sejumlah 1000 poin seharga satu juta rupiah, atau 500 poin, 250 poin dsb. Tinggal disesuaikan dengan bujet untuk ngiklan.

mobil123 belipoin

Untuk mulai mengiklankan mobil, klik saja “Iklan Saya”. Di sana Anda dapat mulai membuat iklan. Bagian ini juga digunakan saat Anda ingin mengatur ataupun melakukan perubahan pada iklan Anda.

Setelah menemukan mobil idaman, bagi Anda yang akan membeli mobil dengan informasi dari mobil123.com ini, dan setelah menemukan pembeli yang sesuai (bagi yang mau menjual mobil), jangan lupa tetap teliti dan waspada. Misalkan bagi pembeli, periksa dahulu keseluruhan kondisi mobil, baik meliputi fisik body mobil sampai ke mesin-mesinnya. Jika perlu mintalah melakukan test drive untuk memastikan bahwa mobil tersebut sesuai dengan ekspektasi Anda. Sangat penting juga memeriksa kelengkapan surat-suratnya, misalkan STNK dan BPKB. Jangan sampai Anda mendapat masalah di kemudian hari hanya gara-gara kurang teliti di saat pembelian mobil.

Buat penjual juga tak kalah pentingnya untuk waspada. Pastikan melepas mobil setelah urusan pembayaran selesai, tepat seperti yang telah disepakati.

Nah, mungkin itu yang bisa saya share. Silakan teman-teman yang mau jual atau beli mobil merapat ke mobil123.com. Saya pamit dulu ya… sepertinya saya harus kembali bekerja keras, agar mobil baru impian kami berdua dapat segera terwujud.

Salam!

7 tanggapan untuk “Jual Beli Mobil Lebih Aman Dan Mudah Dengan Portal Otomotif Nomor Satu

  1. Maturnuwun Pakde. Mengikuti saran Pakde, anggaplah setiap lomba sebagai operasi baru, begitu kira-kira ya Pakde.

    Salam hangat🙂

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s